Gaming News

Tak Hanya Top Up, GoJek Juga Sediakan Artikel dan Video Tentang Gaming di GoGames (UPDATED)

10 Sep 2019 | Ellavie Ichlasa Amalia
GoGames ingin menjadi one-stop gaming ecosystem bagi para gamer

Indonesia adalah negara dengan populasi terbanyak ke-4 di dunia. Di Asia Tenggara, selain sebagai negara dengan populasi terbanyak, Indonesia juga menjadi negara dengan ekonomi terbesar, menurut Kata Data. Secara global, Indonesia masuk ke dalam daftar 20 negara dengan industri game terbesar menurut Newzoo. Dengan total pemasukan di industri game mencapai US$1,13 miliar, Indonesia ada di posisi ke-17. Pada 2017, jumlah gamer Indonesia diperkirakan mencapai 43,7 juta. Inilah yang menjadi target Gojek ketika mereka meluncurkan fitur baru bernama GoGames.

Pada awalnya, Gojek memang hanya menawarkan layanan transportasi on-demand. Namun, sekarang, Gojek mulai aplikasi super yang menyediakan berbagai fitur, seperti GoFood untuk memesan makanan atau GoMart yang memungkinkan Anda untuk menggunakan jasa tukang ojek untuk membeli barang di swalayan. Sama seperti GoFood dan GoMart, GoGames adalah fitur yang ada pada aplikasi Gojek. Jika ingin menggunakan fitur baru itu, pastikan bahwa aplikasi Gojek Anda sudah diperbarui. Anda bisa menemukan fitur GoGames dengan mengetuk ikon “More”. Jika Anda gamer yang sering menggunakan fitur GoGames, Anda bisa memasukkannya ke dalam fitur favorit.

Screenshot dari aplikasi Gojek.
Screenshot dari aplikasi Gojek.

GoGames diluncurkan pada hari Minggu, 8 September. Ini bukan pertama kalinya Gojek menyediakan fitur untuk para gamer. Sebelum ini, mereka telah bekerja sama dengan Unipin, Coda Pay, dan Tencent, memudahkan para pemain game seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends untuk membeli item dalam game melalui GoPay. Belum lama ini, Gojek bahkan menawarkan opsi pembayaran Google Pay via GoPay. Pihak Gojek mengungkap, transaksi top up game di GoPay naik 40 persen setiap bulan.

“Lewat GoGames, kami mencoba menjawab berbagai kebutuhan gamers dengan menghadirkan berbagai fitur, mulai dari kemudahan top up games hingga tips dan trik strategi bermain game. Semuanya dapat diakses dalam satu platform,” kata Head of GoGames, Timothius Martin dalam pernyataan resmi. Di GoGames, Anda akan menemukan tiga fitur utama, yaitu Top Up, TV, dan Recipe. Selain untuk melakukan top up, fitur GoGames Top Up juga menawarkan informasi tentang promosi dan diskon yang ada. Sementara GoGames TV menyajikan konten video terkait game. Terakhir, Recipe berupa artikel tips dan trik dalam bermain game. Selain itu, Recipe juga akan berisi artikel tentang cara menjadi gamer yang lebih bijak, baik terkait pembelian item dalam game ataupun soal manajemen waktu.

Screenshot dari GoGames.
Screenshot dari GoGames.

“Penting bagi kami untuk mendorong para pengguna agar menjadi gamers yang bijak dengan menghadirkan konten-konten berkualitas, seperti cara mengatur waktu dan pengeluaran untuk bermain games,” kata Co-founder Gojek, Kevin Aluwi. Gojek menyebutkan, untuk memastikan bahwa konten yang mereka sajikan tepat sasaran, mereka bahkan bekerja sama dengan tim dan pemain profesional seperti RRQ, Bigetron, dan Belletron.

“Mempertegas upaya Gojek untuk memudahkan dan menjawab kebutuhan para penggunanya, GoGames hadir sebagai one-stop gaming ecosystem di Indonesia, yang menawarkan berbagai fitur yang khusus dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para gamers, apapun tingkat ketangkasan mereka,” kata Kevin.

Video pada GoGames merupakan video eksklusif. Platform yang digunakan untuk menampilkan konten video tetaplah YouTube, tapi semua video dalam GoGames masuk dalam kategori Unlisted. Itu artinya, video hanya bisa ditonton atau dibagikan oleh orang yang tahu tautan tersebut. Jadi, jika Anda mencoba mencari video dalam GoGames dengan menggunakan kata kunci tertentu atau bahkan mengetik judul video pada search bar di YouTube, video tidak akan muncul.

“Dalam pembuatan dan penyusunan konten di dalam GoGames, kami melibatkan top publishers, top esports pro-players, dan top game YouTubers seperti Afif Yulistian, Bang Alex, BTR Zuxxy & Luxxy, dan Frontal Gaming. Kami pun memiliki tim khusus yang bertugas mengurasi konten-konten yang ada di dalam aplikasi,” kata Timothius ketika ditanya melalui pesan singkat. Dia juga menyebutkan, ke depan, mereka juga akan terus berusaha konten dalam GoGames tetap relevan dengan para gamer.

Timothius juga menyebutkan, kerja sama Gojek dengan tim atau pemain profesional untuk konten GoGames merupakan salah satu bentuk apresiasi startupunicorn tersebut. “Gojek sangat mengapresiasi kontribusi yang telah diberikan oleh para esports pro-players Indonesia yang telah menorehkan prestasi di tingkat dunia. Kami pun melihat bahwa sudah semakin banyak nama atlet esports yang bermunculan di Indonesia bahkan go international, termasuk RRQ dan Bigetron,” ujarnya. Selain kerja sama dalam GoGames, sebelum ini, GoPay, layanan pembayaran cashless dari Gojek, juga menjadi sponsor RRQ.

Update: Penjelasan tentang ekslusivitas konten video di GoGames serta proses pembuatan dan pemilihan video oleh Head of GoGames, Timothius Martin.