15 December 2016

by Glenn Kaonang

Tahun Depan, Harman/Kardon Luncurkan Speaker Berbekal Integrasi Asisten Virtual Cortana

Akan bersaing langsung dengan Amazon Echo dan Google Home

Amazon patut berbangga. Pasalnya, mereka berhasil memulai tren speaker bertenaga asisten virtual lewat lini perangkat Amazon Echo yang dibekali integrasi Alexa. Google kemudian menyusul dengan Google Home, lalu SoundHound juga tak mau kalah dengan memperkenalkan speaker bernama Hurricane, yang merupakan hasil kolaborasinya dengan Boombotix.

Sekarang, Microsoft rupanya juga tidak mau kehilangan kesempatan. Mereka mengumumkan bahwa Harman/Kardon – yang baru-baru ini diakuisisi oleh Samsung – tengah bersiap untuk merilis speaker berbekal integrasi Cortana tahun depan. Perangkat audio premium bertemu asisten virtual, demikian pandangan Microsoft terhadap produk ini.

Harman/Kardon sendiri hanya salah satu dari mitra yang tertarik mengembangkan speaker bertenaga Cortana. Ke depannya pasti akan ada lebih banyak lagi pabrikan audio yang tertarik, mengingat Microsoft telah membuka akses software development kit (SDK) Cortana Devices yang kompatibel dengan beragam platform selain Windows.

Ini sebenarnya bukan pertama kali Microsoft bekerja sama dengan Harman/Kardon. Di ajang CES 2016 kemarin, Harman/Kardon mengumumkan rencananya untuk menyematkan Office 365 ke dalam sistem infotainment mobil besutannya.

Bicara soal sistem infotainment mobil, Microsoft sendiri juga punya rencana besar terhadap segmen ini, dimana mereka berharap nantinya Cortana juga bisa terintegrasi ke dashboard mobil. Implementasinya mungkin tidak jauh berbeda dari Apple CarPlay atau Android Auto, namun tidak ada yang berani mengonfirmasi sampai detik ini.

Kembali ke speaker bertenaga asisten virtual, sejatinya bisa disimpulkan semua pihak yang mempunyai asisten virtual tertarik untuk membuntuti jejak sukses Amazon Echo. Sejauh ini nampaknya tinggal Apple saja yang belum mengambil langkah. Seandainya mereka juga tertarik, mereka sebenarnya sudah punya sumber daya yang cukup, yakni Beats Audio dan Siri.

Sumber: ZDNet dan Windows Blog.