18 August 2022

by Dimas Galih W.

Tablet Huawei Matepad Pro Resmi Hadir di Indonesia, Pertama dengan HarmonyOS 3

Huawei akhirnya resmi menjual MatePad Pro di Indonesia. Lalu berapa harga dari tablet HarmonyOS 3.0 yang satu ini?

Huawei akhirnya resmi menjual tablet terbarunya di Indonesia. Dengan menyandang tablet 11 inci yang paling ringan dan tertipis di kelasnya, dengan berat 449 gram dan ketebalan hanya setebal 5,9 mm, MatePad Pro sudah bisa dipesan dengan cara pre-order. Acara peluncurannya dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2022 yang bertempat di ballroom hotel Westin Jakarta.

Patrick Ru, Country Head of Huawei Device Indonesia mengatakan, “Kami optimis bahwa tablet tertipis dan teringan dengan performa profesional layaknya PC ini dapat menjadi rekan untuk membantu efektivitas berbagai pekerjaan secara mobile, memberikan atmosfer hiburan berkualitas tinggi, serta dapat menjadi perangkat yang dapat diandalkan.”

Varian yang datang ke Indonesia ternyata bukan yang menggunakan Snapdragon 888, namun Snapdragon 870. SoC ini memang masih sangat mumpuni dalam menjalankan aplikasi yang bisa berjalan pada HarmonyOS 3 yang sudah terpasang. Feel-nya memang tidak banyak berubah seperti saat saya mencobanya pada perhelatan Huawei yang diadakan di Bangkok beberapa waktu yang lalu. Bisa jadi, belum ada pembaharuan firmware pada tablet yang satu ini.

Layar FullView 11 incinya menggunakan panel OLED dengan screen-to-body ratio mencapai 92%. Didukung resolusi 2.560x1.600 piksel, layarnya dapat menampilkan hingga 1,07 miliar warna dengan gamut warna P3, kecerahan 600 nits, refresh rate 120 Hz, dan disertifikasi dengan TUV Rheinland Full Care Display 3.0. Huawei juga sudah memberikan sneak peek untuk tablet yang satu ini. Anda bisa membacanya kembali melalui link berikut.

Huawei juga sudah mempersiapkan beberapa fasilitas bagi pengguna MatePad Pro. Konsumen mendapatkan penawaran spesial 3 bulan membership VIP dari WPS dan Vidio, penyimpanan data dengan HUAWEI Cloud 200 GB selama 3 bulan dan potongan harga 40% untuk Nomad Sculpt, 180 hari VIP membership untuk Jnotes, 90 hari VIP Membership Touchnotes, dan juga 60 hari Free-trial Flexcil Standard version, serta layanan VIP service untuk setiap pengguna.

Pelanggan bisa segera mendapatkan Huawei MatePad Pro melalui sesi pre-order, yang ditawarkan dengan harga Rp11.999.000, lengkap dengan Huawei Smart Magnetic Keyboard dan Huawei M-Pencil (generasi kedua). Untuk 1000 pemesan pertama Huawei MatePad Pro juga akan berkesempatan mendapatkan HUAWEI FreeLace senilai Rp999.000. Penawaran ini akan dimulai dari tanggal 16 Agustus sampai 26 Agustus 2022. Namun untuk saat ini, Huawei belum memiliki rencana apakah akan menjual paket yang hanya mendapatkan tabletnya saja tanpa keyboard dan M-Pencil.

VS MatePad 11

Huawei MatePad Pro yang hadir di Indonesia memiliki tampilan yang mirip dengan MatePad 11. Namun secara spesifikasi keseluruhan, tentu saja sangat berbeda. Selain penggunaan SoC, ternyata cukup banyak perbedaan yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Yang pertama tentu saja desain dari kamera belakangnya. MatePad Pro memiliki desain bundar dengan beberapa kamera. Untuk MatePad 11 bentuk kameranya bulat memanjang ke bawah dengan 1 kamera dan 1 LED flash.

Yang kedua bisa dilihat dari bingkai pada layar depannya. Ternyata bingkai dari MatePad Pro memang lebih tipis bila dibandingkan dengan MatePad 11. Layarnya juga lebih nyaman dipandang bila dibandingkan dengan MatePad 11 karena MatePad Pro sudah menggunakan OLED.

Yang terakhir adalah bobot dari kedua tablet ini. Setelah saya rasakan, MatePad Pro memang memiliki bobot yang sedikit terasa ringan dibandingkan dengan MatePad 11. Tentu saja, karena MatePad Pro memiliki bobot 449 gram dibandingkan MatePad 11 yang mencapai 485 gram.