Dark
Light

Survei DailySocial: YouTube adalah Platform Favorit Responden Indonesia Nikmati Musik Streaming

1 min read
October 7, 2016
Youtube jadi platform favorit 74,23% responden survei untuk mendengarkan musik streaming / DailySocial

Industri musik kini telah berubah seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. Jika dahulu penjualan rekaman fisik begitu berjaya, kini era tersebut bergeser ke digital yang belakangan mengerucut ke layanan streaming. Lewat survei DailySocial dengan tajuk “Music Listening Pattern in Indonesia”, kami menemukan beberapa data menarik dan salah satunya adalah keluarnya YouTube sebagai platform favorit untuk mendengarkan musik secara streaming yang dipilih 74,23% responden.

Layanan streaming di Indonesia sendiri mulai mencuat dalam dua atau empat tahun belakangan dan mulai ramai ketika Joox dan Spotify ikut masuk ke pasar. Pun begitu, adopsinya masih terbilang rendah karena hanya 29,54% responden dalam survei kami yang saat ini menikmati musik secara streaming. 70,46% sisanya masih mendengarkan musik secara offline, tidak terhubung ke internet sama sekali.

Untungnya arahnya memang sudah ke ranah digital. Dari 74,46% responden yang mendengarkan musik secara offline, 58,21% yang telah menempatkan unduhan gratis sebagai prioritas utama untuk mendapatkan musik yang ingin didengarkan.

Platform favorit untuk mendengarkan musik secara streaming / Survei DailySocial
Platform favorit untuk mendengarkan musik secara streaming / Survei DailySocial

Di sisi lain, responden yang mulai menikmati musik secara streaming juga telah memiliki layanan favoritnya masing-masing. Dalam survei ini YouTube adalah platform favorit yang dipilih oleh 74,23% responden untuk mendengarkan musik secara streaming. Posisi berikutnya ditempati oleh Joox dengan 35,74% yang diikuti oleh Spotify dengan 20,96%. Sayang, tidak ada pemain lokal yang naik ke permukaan seperti pada survei sebelumnya.

Joox sendiri bergabung di pasar streaming Indonesia lebih dahulu pada tahun 2015 yang tidak lama kemudian diikuti dengan masuknya Spotify secara resmi di tahun berikutnya lewat kerja sama dengan Indosat Ooredoo.

Pengguna layanan free streaming dan paid streaming / Survei DailySocial
Pengguna layanan free streaming dan paid streaming / Survei DailySocial

Satu hal yang harus diperhatikan oleh para pemain layanan streaming di Indonesia adalah soal monetisasi layanan. Dalam survei ini kami menemukan bahwa mayoritas responden (89,69%)  saat ini menikmati layanan free streaming. Ini sejalan dengan survei sebelumnya yang menemukan bahwa 88,04% responden enggan membayar untuk menikmati layanan streaming.

Pada fase awal penetrasi layanan streaming di Indonesia ini pengguna lebih menginginkan ketersediaan layanan streaming secara gratis. Kalaupun harus membayar, harga yang dianggap masuk akal oleh 76,55% responden adalah di bawah Rp 49.000 untuk berlangganan per bulan.

Mayoritas pendengar musik secara offline bersedia untuk beralih ke layanan streaming / Survei DailySocial
Mayoritas pendengar musik secara offline bersedia untuk beralih ke layanan streaming / Survei DailySocial

Berita baiknya, dari 74,46% responden pendengar musik offline, ada 50,49% responden yang menyatakan ingin pindah ke layanan streaming. Sedangkan 49,71% lainnya masih betah dengan cara offline karena menganggap koneksi untuk menikmati layanan streaming di Indonesia saat ini masih lambat.

Laporan “Music Listening Pattern in Indonesia”  yang diterbitkan oleh DailySocial pada September silam ini merupakan hasil kerja sama DailySocial dengan JakPat. Harapannya, melalui survei ini para pelaku industri musik bisa mendapatkan gambaran makro terkait dengan pola mendengarkan musik di era digital saat ini.

Bila Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh, Anda bisa mengunduh laporan lengkapnya setelah menjadi member DailySocial melalui tautan ini.

Previous Story

Tak Lama Lagi, PC ‘Terjangkau’ Sanggup Menangani Oculus Rift

Next Story

Polar Rilis M200, Arloji GPS Sekaligus Activity Tracker Berbekal Heart-Rate Monitor dengan Harga Cukup Terjangkau

Latest from Blog

Don't Miss

Minat Beli Smartphone di Tengah Melemahnya Rupiah, Gunakan Saluran Komunikasi dengan Media 

Kondisi rupiah yang melemah atas dollar disinyalir membawa kekhawatiran pada

Ini Dia Brand Smartphone Pilihan Konsumen untuk Dibeli 

Riset terbaru dari Reasance, sebuah divisi riset dari SEQARA Communications,