Dark
Light

Survei DailySocial: Informasi Kesehatan Adalah Konten Paling Dicari dari Startup Teknologi Kesehatan

1 min read
October 6, 2016
Konten informasi seputar kesehatan adalah konten yang paling dicari responden dari startup teknologi di sektor kesehatan / Pixabay

Salah satu sektor yang kini tengah menjadi perhatian beriringan dengan pertumbuhan startup yang makin menjamur adalah sektor kesehatan. Pun begitu, dalam survei DailySocial dengan tajuk “Indonesia’s Digital Healthcare Services Penetration Survey” kami menemukan bahwa penetrasi startup teknologi kesehatan masih rendah karena hanya 36,92 persen responden yang menyatakan tahu mengenai keberadaannya. Selain itu, kami juga menemukan bahwa di tahap awal ini informasi seputar kesehatan adalah konten yang paling dari startup teknologi kesehatan.

Konten informasi yang paling banyak dicari dalam layanan startup teknologi di sektor kesehatan / Survei DailySocial
Konten informasi yang paling banyak dicari dalam layanan startup teknologi di sektor kesehatan / Survei DailySocial

Berdasarkan data survei, ada tiga konten informasi yang paling dicari dari layanan startup teknologi di sektor kesehatan saat ini yang secara berurutan adalah Informasi Gejala Penyakit (29,38%), Tips Kesehatan (25,61%), dan Berita seputar kesehatan (17,79%). Sedangkan layanan seperti konsultasi online dan informasi obat hanya mendapat persentase sebesar 11,05 persen dan 7,01 persen. Belum begitu populer.

[Baca juga: Survei DailySocial: Layanan Streaming Belum Jadi Metode Utama Saat Mendengarkan Musik]

Hal tersebut sedikit banyak berdampak kepada popularitas startup teknologi di sektor kesehatan yang ada di Indonesia. Dokter.id, KlikDokter, dan Alokdokter pun menjadi tiga startup teknologi di sektor kesehatan paling populer yang digunakan oleh responden dalam survei. Selain memulai lebih awal, ketiganya juga memang menyajikan konten informasi seputar kesehatan yang paling dicari oleh responden survei.

Populartitas startup teknologi di sektor kesehatan / Survei DailySocial Populartitas startup teknologi di sektor kesehatan / Survei DailySocial

Data menarik lainnya yang kami temukan yaitu mengenai sumber informasi keberadaan startup teknologi kesehatan. Dari 36,92 persen yang mengetahui keberadaan startup teknologi kesehatan, 42,59 persen responden menyebutkan bahwa media sosial seperti Facebook dan Twitter adalah sumber informasi utama mereka mengetahui startup kesehatan di Indonesia. Ini adalah hal yang wajar mengingat Indonesia sendiri adalah salah satu negara dengan pengguna Facebook terbanyak di dunai.

Meski di tahap awal ini penetrasi startup teknologi di bidang kesehatan masih rendah, namun bila dilihat dari sudut pandang lain artinya ruang untuk tumbuh masih terbuka lebar. Toh pasar industri kesehatan sendiri secara umum diramalkan akan menyentuh $21 miliar (sekitar Rp273 triliun) di tahun 2019 nanti.

Hal paling esensial saat ini bagi startup teknologi di sektor kesehatan adalah keterlibatan pihak yang mengerti dan memahami bagaimana industri kesehatan bekerja agar komunikasi antara pelaku dan lembaga kesehatan yang sudah ada bisa berjalan lancar.

[Baca juga: Survei DailySocial: Mayoritas Responden Optimis Alat Pembayaran Non-Tunai Bisa Menggantikan Tunai di Masa Depan]

Laporan “Indonesia’s Digital Healthcare Services Penetration Survey” yang diterbitkan oleh DailySocial pada Agustus silam ini merupakan hasil kerja sama DailySocial dengan JakPat. Harapannya, melalui hasil survei ini para pelaku bisnis bisa mendapatkan gambaran makro mengenai penetrasi layanan startup teknologi di sektor kesehatan hingga alasan apa saja yang membuat responden menggunakan layanan tersebut.

Bila Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh, Anda bisa mengunduh laporan lengkapnya setelah menjadi member DailySocial melalui tautan ini.

Previous Story

Dukungan Mod dan 4K Untuk Skyrim Special Edition dan Fallout 4 Akan Tiba di PlayStation 4

Next Story

Berdaya Total 1.000 Watt, Speaker Bluetooth Ini Bisa Dijadikan Amplifier Gitar

Latest from Blog

Don't Miss

Minat Beli Smartphone di Tengah Melemahnya Rupiah, Gunakan Saluran Komunikasi dengan Media 

Kondisi rupiah yang melemah atas dollar disinyalir membawa kekhawatiran pada

Ini Dia Brand Smartphone Pilihan Konsumen untuk Dibeli 

Riset terbaru dari Reasance, sebuah divisi riset dari SEQARA Communications,