Dark
Light

SurfCanyon: Memudahkan Pencarian

1 min read
November 17, 2009

surfcanyonHari ini beredar berita, bahwa Google Social Search akan menghilang untuk beberapa hari, belum ada keterangan resmi tentang berita ini, tapi media internet besar telah memberitakannya. Social search engine maupun search engine itu sendiri masih jadi bahan perbincangan dan mungkin akan selalu menjadi bahan obrolan paling hangat.

Tidak mau ketinggalan, tanggal 12 kemarin SurfCanyon merilis versi terbaru mereka dengan dilengkapi fitur baru yaitu sharing.

Apa itu SurfCanyon? Jika hover di Bing membuat pencarian menjadi lebih efektif dengan kemampuannya melirik hasil pencarian tanpa harus mengklik, SurfCanyon memberikan pengalaman pencarian lain. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2006 ini memungkinkan user untuk menemukan hasil pencarian lebih dalam hanya dengan sekali klik.

Dengan pertumbuhan internet yang terus menggila, informasi yang terkumpul dalam dunia maya juga terus bertambah. Hasil pencarian biasanya tersedia dalam ratusan page, untuk mengklik satu persatu page hasil pencarian itu, pasti butuh waktu, SurfCanyon mempermudah itu semua.

Jika anda mengembed aplikasi ini, saya mencobanya pada Firefox, maka nantinya disetiap hasil pencarian akan ada bulat kecil dan tanda panah yang jika di klik akan menampilkan hasil pencarian pada halaman-halaman lain yang terkait dengan pencarian utama, jadi anda bisa mendapatkan hasil pencarian di page 2 atau lebih tanpa harus meninggalkan halaman utama.

Baru-baru ini SurfCanyon juga melakukan kerja sama dengan Shareholic, untuk menambah fasilitas share pada aplikasi mereka. Dengan Shareholic, anda bisa membagikan hasil pencarian langsung pada teman anda. Tersedia 60 lebih fasilitas share, anda bisa share link langsung lewat Twitter, Facebook dan tentunya e-mail.

Memang kelemahan add-ons atau fasilitas tambahan di browser memerlukan beberapa tahap sebelum bisa dinikmati, dan tentu saja, fasilitas-faslitas ini memang bukan untuk gaya-gayaan, tetapi memang harus disesuaikan dengan keperluan, mirip dengan plugins di Photoshop, kalau tidak perlu memang tidak usah dipasang.

Tapi ini menjadi bukti bahwa search engine masih menjadi tempat pertarungan krusial, bagaimana pendapat anda, manakah yang lebih penting: kecepatan, ketepatan atau kenyamanan?

Share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Netvibes Super RSS

Next Story

Yahoo Kalahkan Google, Hanya di Indonesia!

Latest from Blog

Don't Miss

Neeva AI

Neeva, Search Engine Berbasis AI Bikinan Eks Google, Tutup Layanan

Membangun search engine itu bukan perkara mudah, apalagi jika harus
Bocoran tampilan Bing versi baru yang dilengkapi integrasi ChatGPT

Tampilan Search Engine Bing yang Terintegrasi ChatGPT Bocor di Internet

Hype ChatGPT masih jauh dari kata berakhir, dan sejumlah perusahaan