Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Surabaya Jadi Medan Tempur Playoff Mobile Legends Professional League Season 2

25 October 2018Ayyub Mustofa

Persaingan tiga tim teratas tampaknya akan sengit sekali, mengingat poin mereka hanya beda tipis

Mobile Legends: Bang Bang memiliki liga esports profesional yang disebut Mobile Legends Professional League Indonesia, atau biasa disingkat MPL ID. Beda dari turnamen-turnamen Mobile Legends online yang banyak dapat Anda temukan, MPL ID adalah liga resmi langsung di bawah naungan Moonton sebagai developer sekaligus penerbit Mobile Legends.

Dengan RevivalTV sebagai organizer, serta GO-PAY ARENA dan Game.ly sebagai sponsor, liga ini sekaligus merupakan kompetisi Mobile Legends berhadiah terbesar di Indonesia. Setiap tim yang bertanding di MPL ID Season 2 menerima gaji sebesar US$300 tiap minggunya, ditambah dengan bonus tambahan sebesar US$200 untuk setiap poin kemenangan. Total hadiah yang diperebutkan sendiri mencapai US$100.000, atau sekitar Rp1,5 miliar.

MPL ID S2 | Tim Regular Season
10 tim peserta Regular Season MPL ID Season 2

Pertama kali digelar di akhir tahun 2017, MPL ID sekarang telah memasuki season kedua. Liga ini berjalan selama kurang lebih lima bulan, dengan babak kualifikasi pada bulan Mei lalu. Kualifikasi tersebut menghasilkan sepuluh tim pilihan, yang kemudian bertarung dengan sistem round robin selama enam minggu dalam tahap Regular Season.

Regular Season MPL ID Season 2 kini telah selesai, dan tim ONIC Esports berhasil meraih posisi puncak dalam klasemen. Mengantongi perolehan angka 23 poin, mereka sebetulnya seri dengan peringkat dua yaitu tim Aerowolf Roxy. Akan tetapi ONIC Esports menduduki posisi lebih tinggi karena dalam catatan head-to-head, mereka pernah mengalahkan Aerowolf Roxy.

MPL ID S2 | Klasemen
Klasemen akhir Regular Season MPL ID Season 2

Posisi dua tim terbawah jatuh ke tim BOOM Jr dan Team Capcorn. Perolehan poin BOOM Jr seri dengan SFI Esports yang memegang peringkat delapan, tetapi mereka pun kalah dalam head-to-head. Sementara Team Capcorn menjadi tim paling naas, hanya berhasil meraih dua poin dari seluruh pertandingan. BOOM Jr dan Team Capcorn pun harus tereliminasi.

Beda dari MPL ID Season 1 yang mengambil lokasi di Jakarta, pertandingan babak playoff MPL ID Season 2 akan dilaksanakan di kota Surabaya. Tepatnya yaitu di gedung Jatim Expo, pada tanggal 17 – 18 November 2018. Bila Anda penggemar Mobile Legends dan ingin menyaksikan pertandingan-pertandingan level tinggi secara langsung, catat tanggalnya dan pastikan Anda hadir di ajang playoff MPL ID Season 2 nanti.

Melihat rekam jejak tim-tim yang maju ke babak playoff, cukup sulit menerka siapa yang akan menjadi juara MPL ID kali ini. Pasalnya, perbedaan poin dalam klasemen tidak terlalu jauh, apalagi di posisi tiga besar. Dua tim teratas punya poin sama, sementara peringkat tiga yaitu RRQ.O2 hanya terpaut selisih dua angka.

ONIC Esports | Eiduart
Eiduart (Edward Tjahyadikarta) dari ONIC Esports | Sumber: ONIC Esports

Bila kita lihat dari hasil head-to-head dalam Regular Season, persaingan tiga tim ini bahkan lebih sengit lagi. ONIC Esports menang atas Aerowolf Roxy dengan skor 2 – 1. Saat melawan RRQ.O2, ONIC Esports pun menang dengan skor 2 – 1. Sementara itu ketika Aerowolf Roxy melawan RRQ.O2, mereka menang dengan skor 2 – 1 juga! Artinya tidak ada yang benar-benar menang telak, menandakan bahwa tiga tim ini punya kemampuan cukup seimbang.

Saya sendiri sebetulnya menjagokan EVOS Esports, terutama karena di tim tersebut ada JessNoLimit yang tutorialnya di YouTube sering saya ikuti. Posisi EVOS di MPL ID Season 2 tidak buruk memang, mereka mencapai peringkat empat. Tapi bila ingin jadi juara, EVOS harus menghancurkan dulu tiga raksasa tangguh yang menghadang. Berhasil atau tidak, hanya waktu yang akan menjawabnya.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV