Valve Berikan Konten Supporters Club untuk BOOM Esports di Dota 2 dan Sticker di CS:GO

Hal ini menjadi tonggak bersejarah buat esports Indonesia karena jadi yang pertama kali di Asia.

Beberapa waktu yang lalu, Valve mengumumkan fitur baru untuk Dota 2 yang bertajuk Supporter's Club -- bersamaan dengan pengumuman mereka untuk TI10.

Jika saya tidak salah ingat, pada giliran pertama, ada 17 tim yang mendapatkan konten untuk Supporters Club yang bisa Anda lihat daftar timnya di gambar di bawah ini.

Image Credit: Valve

Setelah 17 tim pertama tadi, menyusul 9 tim yang mendapatkan konten untuk Supporters Club pada giliran kedua di 14 Mei 2021.

Beberapa hari yang lalu, Valve pun menambahkan beberapa tim lagi yang masuk ke Supporters Club dan BOOM Esports (tim Dota 2 kebanggaan Indonesia termasuk di dafter tersebut). Ada bisa melihat daftar lengkapnya di postingan Wykrhm Reddy di bawah ini. Buat Anda yang belum tahu apa itu Supporters Club, saya pernah menuliskan penjelasan singkatnya di tautan ini.

Menariknya, BOOM Esports Dota 2 Fan Pack bukan hanya satu-satunya konten BOOM Esports yang diberikan oleh Valve. BOOM Esports juga mendapatkan Sticker di game CS:GO.

Image via: Gary Ongko

Saya pun menghubungi Gary Ongko, CEO dan Founder BOOM Esports, untuk bertanya singkat. Menurut cerita dari Gary, masuknya BOOM Esports ke dalam konten Supporters Club memang atas permintaan dari Valve. Pasalnya, semua tim yang berjuang di Upper Division musim pertama DPC 2021 memang mendapatkan apresiasi dari Valve.

Sedangkan munculnya Sticker BOOM Esports di CS:GO juga merupakan salah satu bentuk apresiasi (atau mungkin lebih tepatnya permintaan maaf) dari Valve. Pasalnya, Sticker ini diberikan ke BOOM karena sebelumnya tim CS:GO mereka sebenarnya berhasil lolos ke turnamen Major namun turnamen tersebut dibatalkan karena pandemi.

"Happy sih karena bisa bawa Indonesia ke dalam game (Valve) dan berhasil menjadi organisasi pertama di Asia dan Australia yang bisa meraih capaian ini di dua titel game besar dari Valve. Setahu gua, bahkan termasuk (organisasi dari) Tiongkok dan Australia, belum ada yang pernah achieve seperti ini." Ujar Gary penuh semangat.