Esports Ecosystem

Supercell, Riot, Ubisoft Suntikkan Dana untuk Aplikasi Gaming Sosial

18 Sep 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Aplikasi gaming sosial, Bunch, baru saja mendapatkan kucuran dana sebesar Rp295 miliar

Bunch baru saja mendapatkan investasi sebesar US$20 juta (sekitar Rp295 miliar). Ronde pendanaan kali ini dipimpin oleh General Catalyst. Sejumlah publisher game ternama juga ikut menanamkan investasi untuk Bunch, seperti Electronic Arts, Take-Two Interactive Software, Krafton, Ubisoft, Mixi, Miniclip, Colopl, Riot Games, Ubisoft, dan Supercell. Tidak heran jika para publisher turut mendukung Bunch, mengingat ia merupakan aplikasi gaming sosial.

Aplikasi Bunch memungkinkan para mobile gamer untuk tetap terhubung dengan satu sama lain saat mereka sedang bermain game. Memang, Bunch menempatkan diri sebagai aplikasi party di game-game multiplayer. Bunch memudahkan para pemain untuk bermain bersama teman-teman mereka, yang dapat mendorong tingkat engagement pemain dalam game. Hal ini akan menguntungkan developer yang mengintegrasikan Bunch ke game mereka.

investasi bunch
Jumlah pengguna Bunch tumbuh pesat selama pandemi.

Selama pandemi, jumlah pengguna Bunch tumbuh hingga puluhan kali lipat. Kepada GamesBeat, CEO Selcuk Atli mengatakan, sejak awal Maret 2020, jumlah pengguna aktif Bunch naik hingga 50 kali lipat dari bulan ke bulan. Dari ribuan pengguna, jumlah pengguna Bunch kini mencapai jutaan orang. Sekitar 60% pengguna milenial Bunch merupakan perempuan. Namun, jumlah pengguna pria dari Bunch juga terus bertambah.

Game multiplayer menjadi media sosial yang baru. Di waktu yang sulit seperti sekarang, ketika kita terisolasi dari orang lain, bermain game menjadi salah satu cara bagi orang-orang untuk berkumpul bersama teman,” kata Atli, seperti dikutip dari Games Industry.

Lebih lanjut, dia berkata, “Setiap game saling berdiri mandiri, terpisah dari satu sama lain. Di Bunch, kami mencoba membuat cara bagi para pemain untuk saling terhubung dengan teman-teman di dalam dan di luar game yang mereka mainkan. Kami sangat senang bisa mendapatkan General Catalyst dan juga banyak kreator game populer sebagai investor kami.”

Aplikasi Bunch sudah dilengkapi dengan beberapa game internal, seperti Pool, Mars Dash, Draw Party, Trivia, serta versi multiplayer dari Flappy Bird. Tak berhenti sampai di situ, Bunch juga terintegrasi langsung ke game-game seperti Spaceteam, Brawl Stars, dan Armajet. Bunch juga sudah mendukung PUBG Mobile, Minecraft, dan Uno.

Sebelum ini, Bunch telah mendapatkan investasi sebesar US$3,8 juta (sekitar Rp56 miliar) pada 2018. Pada November 2019, mereka kembali mendapatkan suntikan dana sebesar US$3,85 juta (sekitar Rp56,7 miliar).