Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Corsair: Suhu RAM DDR5 Akan Lebih Panas Dari DDR4

10 August 2021Sean Edbert

Di balik performanya yang superior, RAM DDR5 ternyata memiliki masalah suhu.

Beberapa waktu lalu, Corsair mengumumkan sedang mengembangkan modul RAM DDR5 terbaru. Mereka mengabarkan bahwa RAM DDR5 telah memasuki persiapan produksi dan diperkirakan akan terjun ke pasaran pada akhir tahun 2021 ini.

Kecepatan dan kapasitas maksimal RAM DDR5 dari Corsair diklaim akan meningkat signifikan dari DDR4. Tidak hanya performa, suhu dari modul RAM DDR5 dari Corsair baru-baru ini dikabarkan juga akan meningkat jauh dari DDR4. Hal ini diungkapkan langsung oleh pihak Corsair di video YouTube resminya.

Menurut Direktur Marketing dari Corsair, George Makris, salah satu penyebab utama tingginya suhu ini terletak di desain dari modul memori RAM DDR5.

“DDR5 bisa berjalan jauh lebih panas daripada DDR4, karena modul pengatur tegangan (VRM) telah dipindahkan dari motherboard ke modul RAM. Jadi Anda sebenarnya bisa memompa lebih banyak hawa panas,” ucap George Makris dikutip dari video YouTube resmi Corsair.

Image Credit: Corsair

Kecepatan ekstrem yang dimiliki oleh RAM DDR5 dapat dicapai berkat pengaturan dari IC manajemen daya (PMIC) on-board dan modul pengatur tegangan (VRM). Kedua modul itu membutuhkan pendinginan yang tepat dan efektif. Karena modul pengatur tegangan telah dipindahkan ke modul memori, tentu saja tingkat kepanasan RAM DDR5 akan lebih tinggi dari pendahulunya.

Namun, Corsair ternyata tidak terlalu khawatir soal RAM DDR5 yang akan berjalan dengan suhu yang lebih tinggi. Mereka memiliki banyak pengalaman mendesain teknologi pendingin dari zaman DDR1 di RAM Dominator mereka. Teknologi pendingin yang disebut DHX (Dual-Path Heat Exchange) ini diyakini akan sanggup mendinginkan modul RAM DDR5.

Image Credit: Corsair

Selama bertahun-tahun, banyak orang yang menganggap pendingin heat spreader tidak terlalu dibutuhkan untuk sebagian besar modul RAM DDR3 dan DDR4. Namun, dengan hadirnya RAM DDR5, anggapan ini kemungkinan akan berubah karena kompleks-nya modul terbaru ini.

Berbicara tentang performa ekstrem, baru-baru ini monitor gaming dikabarkan performanya akan naik level dengan refresh rate-nya yang ekstrem. Monitor gaming yang sedang dikembangkan oleh LG dan AU Optronics ini diklaim dapat menyentuh refresh rate 480Hz. Jika ingin membaca lebih lanjut tentang ini, Anda dapat melihatnya di sini.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV