Dark
Light

Sudahkah Anda Perbaharui Pengaturan Privasi Facebook Anda?

2 mins read
June 4, 2010

Topik tentang privasi di Facebook memang masih terus dan mungkin akan selalu dibicarakan, bahkan setelah Facebook meluncurkan pengaturan privasi yang lebih mudah, masalah privasi ini masih akan terus ditanyakan dan dibahas.

Sekitar seminggu yang lalu Facebook meluncurkan pengaturan baru yang mereka klaim lebih mudah digunakan dan menjawab berbagai keluhan tentang pengaturan privasi yang membingungkan sehingga membuat malas para penggguna Facebook untuk melakukan revisi atas privasi mereka,

Beberapa hari yang lalu, pengaturan privasi Facebook ini telah bisa dinikmati, di halaman Facebook saya telah muncul kotak notifikasi tentang pengaturan privasi yang baru ini (mungkin bagi pengguna lain juga sudah ada). Notifikasi ini akan muncul ketika pertama kali anda membuka akun Facebook anda, yang akan terus muncul di sana sebelum anda masuk ke pengaturan privasi tersebut dan setelahnya anda klik close, selain itu, seperti yang ditulis TheNextWeb, Facebook juga membuat page khusus yang bernama Facebook and Privacy yang berisi berbagai info dan berita seputar privasi di Facebook.

Info-info yang terdapat di page ini terdiri dari link berita dari berbagai layanan berita global seperti Time, Forbes, WashingtonPost, serta berbagai situs lain, ada pula penjelasan video yang kesemuanya mempunyai topik yang sama yaitu tentang privasi di Facebook.

Usaha-usaha Facebook untuk menjelaskan tentang masalah privasi ini memang cukup besar, tidak hanya CEO mereka Mark Zuckerberg yang terus menjelaskan tentang masalah ini, tapi juga lewat berbagai fasilitas yang ada di Facebook sendiri, seperti page tentang privasi di atas yang saya pikir cukup bermanfaat bagi mereka, pengguna Facebook yang punya ingin mengetahui lebih jauh masalah privasi di Facebook.

Jika pengaturan privasi di akun Facebook anda sudah bisa digunakan, kalau boleh saya menyarankan, coba buka halaman pengaturan itu, baca secara detail dan tentukan, informasi apa yang anda ingin bagi para dunia luas di internet, luangkan waktu sebentar, tunda update status untuk beberapa menit dan baca secara detail setiap bagian dari pengaturan privasi tersebut.

Kalau saya sendiri, ada tiga hal yang langsung saya cek dan saya ubah, pertama adalah tentang informasi apa saja yang saya bagi di Facebook, termasuk status, foto, post serta berbagai informasi tentang profil saya dan menentukan mana yang ingin ditampilkan di publik mana yang hanya bisa dilihat oleh teman saya saja, dan mana yang hanya bisa dilihat hanya oleh saya pribadi.

Yang kedua adalah pilihan pengaturan Aplication and Websites, yang bisa ditemukan di bagian kiri bawah halaman pengaturan privasi, lalu mengubah pengaturan aplikasi apa saja yang bisa ‘spam’ ke akun Facebook saya, serta mengubah pengaturan tentang informasi apa saja yang bisa ‘diambil’ oleh website atau aplikasi tersebut ketika teman saya menggunakan aplikasi serupa.

Masih banyak pengaturan lain yang bisa anda cek satu-satu, dan tentu saja pengaturan privasi ini akan berbeda antara satu pengguna dan penguna lain, jadi, yuk cek pengaturan privasi anda, luangkan waktu sebentar dan ubah mana yang menurut anda kurang relevan atau bisa ‘membahayakan’ privasi anda.

Untuk halaman tentang privasi dari Facebook, anda bisa ‘Like’ halaman itu di link ini, dan mendapatkan berbagai update beritanya, atau anda bisa mampir ke halaman khusus privasi Facebook di sini. Anda juga bisa cek pilihan privasi dari akun anda, klik pilihan Account dibagian kanan atas kemudian klik link Privacy Settings.

Sudahkah anda perbaharui pengaturan privasi Facebook anda? Mari share pendapat anda, siapa tahu bisa membantu pengguna lain untuk mulai mengatur privasi Facebook mereka.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Siap-siap, Fitur Baru dari Twitter: ‘You Both Follow’

Next Story

Google Akan Ubah Tampilan Email?

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut