Dark
Light

Google Akan Ubah Tampilan Email?

1 min read
June 4, 2010

Penggunaan email kini semakin lumrah, hampir setiap orang yang terhubung dengan internet punya aplikasi surat menyurat via internet ini. Berbagai layanan untuk membuat email, salah satunya Gmail yang menjadi favorit bagi banyak orang.

Saya sendiri mulai punya beberapa email dari dua layanan email berbeda, namun kini mulai beralih ke Gmail karena berbagai fitur yang mereka punya, serta integrasi dari berbagai layanan lain yang dimiliki Google, misalnya Buzz, dan salah satu kelebihan Gmail yang saya sukai adalah tampilan daftar email yang tidak biasa yaitu bentuk ‘conversations’.

Tapi bagi sebagian pengguna mungkin merasa gak sreg dengan tampilan email seperti ini, setidaknya begitulah yang ditulis oleh BusinessInsider. Beberapa artikel di situs mereka merupakan seruan untuk Gmail agar memberikan pilihan bagi pengguna yang tidak nyaman dengan tampilan email ala percakapan dan diharapkan untuk memberikan fitur tampilan email standar atau ‘klasik’.

Dan ‘rengekan’ berbagai artikel tersebut sepertinya akan membuahkan hasil, menurut salah satu artikel di BusinessInsider, dua eksekutif dari Google mengatakan bahwa Google berencana untuk memberikan pilihan tampilan email standar di layanan Gmail dalam beberapa bulan ke depan. Jadi bagi anda yang tidak menyukai tampilan percakapan seperti yang sekarang ada di Gmail, anda bisa berlega hati dan mulai berharap bahwa fitur tampilan email standar atau ‘klasik’ akan segera dirilis.

Harus diakui saya setuju dengan artikel di BusinessInsider tersebut, karena pada awalnya, saya sendiri tidak terlalu perhatian pada efek dari tampilan percakapan di Gmail, saya menikmati tampilan ini karena lebih baik dalam mengelompokkan email untuk suatu subjek email yang sama, namun ketika percakapan via email ini semakin panjang, memang agak sulit untuk menemukan email yang ingin dilihat, sering kali saya harus membuka satu persatu percakapan email itu untuk menemukan email yang saya cari.

Bagi mereka yang selalu mengikuti perkembangan internet, tampilan Gmail yang sekarang mungkin lebih baik dan lebih menyenangkan, tapi email merupakan salah satu produk tertua di internet (meskipun Gmail merupakan pendatang baru jika dibandingkan dengan beberapa layanan lain) tapi masih banyak pengguna internet yang tidak bisa lepas dari email , lebih memilih tampilan ‘klasik’, yang bukan berbentuk percakapan seperti yang ada di Gmail sekarang, tapi  bentuk reply yang dipisahkan dalam email berbeda dan tidak dikelompokkan dalam satu percakapan tertentu.

Well, pengguna bisa memilih layanan email lain atau menggunakan aplikasi berbasis Gmail untuk mengkustomisasi tampilan, tapi jika mereka memang ingin menggunakan Gmail dan ragu-ragu karena masalah tampilan saja, sepertinya justru ini peluang bagi Google untuk tetap merangkul para ‘veteran’ email serta pengguna baru yang lebih suka dengan tampilan email yang ‘klasik’.

Kenyamanan serta fungsi bisa jadi juga faktor lain, toh email memang banyak digunakan untuk produktivitas kerja, tidak apa-apa bukan, jika disebut ‘kuno’ yang penting produktivitas tetap terjaga.

Kita tunggu saja apakah fitur pilihan ini akan langsung dirilis Google, atau akan masuk dalam Google Labs sebagai uji fitur sebelum rilis untuk umum.

Apakah anda suka dengan tampilan percakapan email ala Gmail? Atau anda lebih memilih tampilan standar atau ‘klasik’? Jika anda pengguna Gmail, apakah anda juga menunggu pilihan untuk mengubah tampilan email ke versi standar? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

5 Comments

  1. aq seh suka versi conversation.lebih rapi ajah kalau membahas sesuatu.lgpula aq jg make microsoft outlook utk download email nya.jadi bisa di pilih mau yg standar atau conversation. 🙂

  2. Kalau saya sih asik2 dengan model conversation ini, cuma memang kalau sudah kebanyakan agak jadinya ribet , jadi gak jelas gt (pernah ngalamin,) kalau mau ada yg klasik ya monggo aja, kl bisa milih lebih baik lgi so kita bisa menyesuaikan yg mana yang pas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Sudahkah Anda Perbaharui Pengaturan Privasi Facebook Anda?

Next Story

Echelon 2010 : Ekosistem Startup Singapura vs Indonesia

Latest from Blog