Dark
Light

Studio Independent, Mencoba Fokus pada Ponsel Low End

1 min read
March 17, 2012

Industri game Indonesia kembali diramaikan dengan hadirnya pemain baru dalam industri game mobile. Studio Independent, yang sebelumnya lebih banyak membuat game flash untuk PC, Rabu kemarin merilis game mobile pertamanya untuk Nokia yang diberi judul “Michi Michi Panic”.

Saat ini game “Michi Michi Panic” hanya dapat dinikmati oleh pengguna Nokia, tetapi pengguna Blackberry dan Android, juga akan bisa menikmati game ini pada tahun 2012 ini.

Seperti dijelaskan dalam rilis beritanya, Michi Michi Panic merupakan game ber-genre casual puzzle yang terdiri dari 50 level. Pada setiap level, pemain diharuskan untuk membantu dua karakter utama game tersebut, Miaa dan Chika untuk keluar dari festival makanan, dengan mengumpulkan item-item makanan. Miaa dan Chika akan bergerak berlawanan dan harus keluar lewat portal yang sesuai dengan warna karakter mereka masing-masing. Tiap level akan semakin seru dengan tantangan yang semakin sulit dan item-item yang akan membantu, atau justru akan merintangi Miaa dan Chika dalam menemukan jalan keluarnya.

Studio Independent pertama kali didirikan pada tahun 2009. Berbasis di Depok, sebelumnya Studio Independent lebih banyak membuat game flash dan mobile game untuk dijual kepada perusahaan lain. Karena melihat tren mobile game sangat besar, Studio Independent memutuskan untuk memasarkan sendiri game-nya.

Mengenai persaingan di industri ini, Ikhlas Risandy, salah satu co-founder Studio Independent, cukup optimis studionya bisa bertahan dan berkembang. Ikhlas mengatakan justru dengan adanya persaingan akan membuat setiap pengembang game berpacu untuk meningkatkan kualitasnya. Ikhlas menyebut bahwa Studio Independent akan lebih fokus mengembangkan game untuk ponsel low end. Setiap game juga akan dilengkapi dengan elemen sosial. Dua hal ini disesuaikan dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang memang senang berinteraksi dengan sesamanya, dan juga karena sebagian besar telepon seluler yang beredar di masyarakat memang ponsel low end.

Selain Michi Michi Panic yang bisa didapatkan di Ovi Store, Studio Independent telah mempunyai game lain yang bisa dinikmati pada platform cloud Blaast. Game tersebut adalah Bricks Breaker dan Squaring. Saat ini, Studio Independent juga sedang mengembangkan game baru lain yang segera dirilis dalam beberapa bulan mendatang. Kita nantikan karya mereka yang tentunya akan meramaikan industri game Indonesia.

Update: Screenshot.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

[Dailyssimo] Reputasi dan Asset Pada Seorang Buzzer

Next Story

Reputation and Assets On A Buzzer

Latest from Blog

Don't Miss

H3RO Land dari Bima+, Teman Mabar Anak Esports

Salah satu bentuk dukungan untuk perkembangan esports di tanah air

Pentingnya Industri Telekomunikasi untuk Kembangkan Industri Game dan Esports

Nilai dari industri game meroket selama pandemi COVID-19. Bahkan setelah