23 July 2022

by Lukman Azis

Streaming Game 120fps Di GeForce Now Tersedia Untuk Semua Smartphone Android yang Kompatibel

Sebelumnya streaming game 120fps di GeForce Now hanya didukung untuk smartphone flagship model tertentu

Kehadiran 5G di Indonesia yang menghadirkan koneksi internet lebih cepat dengan latensi rendah, membuat layanan cloud gaming seperti GeForce Now dari Nvidia menjadi relevan. Dengan GeForce Now, asalkan punya koneksi internet yang cepat dan stabil, Anda dapat bermain game PC AAA meski tak punya PC desktop atau laptop gaming mahal dengan spesifikasi tinggi.

Anda dapat memainkan pilihan game yang dibeli melalui Steam, Epic Games Store, dan Ubisoft Connect/Uplay di server Nvidia dan streaming melalui internet. Menariknya lagi game dapat dimainkan di berbagai platform, termasuk PC desktop dan laptop berbasis Windows, MAC OS, Android TV, browser Chrome lewat Chromebook, Safari di iPhone dan iPad, serta di smartphone dan tablet Android.

Di smartphone Android, sebelumnya untuk streaming game pada 120fps hanya didukung untuk smartphoneflagship model tertentu saja. Misalnya Samsung Galaxy S22, S22+, dan S22 Ultra, Galaxy Z Fold3, Galaxy Z Flip3, ASUS ROG 5 Series, Google Pixel 6 Pro, One Plus 9 Pro, dan Xiaomi Mi 11.

Kini streaming game 120fps di layanan GeForce Now mendukung di semua smartphone Android yang dibekali layar refresh rate tinggi 120 Hz atau lebih. Artinya tidak lagi eksklusif di perangkat kelas atas, kelas menengah dengan layar 120 Hz pun dapat menikmatinya.

Dukungan untuk game 120fps akan menyuguhkan gameplay yang lebih mulus daripada game 60fps, bahkan bisa berdampak besar pada jalannya pertandingan di game kompetitif. Namun untuk menikmatinya Anda harus berlangganan paket dengan spesifikasi paling tinggi yakni GPU Nvidia RTX 3080 untuk akses ke refresh rate maksimum ini, yang biayanya US$20 per bulan.

Tentu saja keuntungan utama berlangganan layanan cloud gaming adalah Anda dapat memainkan game PC favorit dari mana saja terlepas dari perangkat mana yang ingin Anda gunakan. Bagi yang tidak memiliki game PC berbayar, Anda tetap dapat memainkan lebih dari 80 judul game free-to-play.

Di masa lalu, opsi streaming berkualitas tinggi dibatasi oleh hardware. Kabar baiknya di GeForce Now, streaming game 4K tidak lagi eksklusif untuk hardware Nvidia saja, tetapi juga telah datang ke Mac dan Windows pada bulan Mei lalu. Disusul dengan dukungan streaming game 120fps yang sekarang tersedia secara luas di Android.

Sumber: TheVerge