Strava, aplikasi untuk individu yang aktif berolahraga, hari ini, 16 April 2025, secara resmi meluncurkan dukungan Bahasa Indonesia untuk aplikasinya. Pembaruan ini merupakan wujud komitmen Strava untuk mendukung komunitas penggunanya yang berkembang pesat di Indonesia agar dapat tetap aktif melalui pengalaman penggunaan aplikasi yang lebih relevan.
Peluncuran ini sejalan dengan pertumbuhan signifikan pengguna Strava di Indonesia. Dalam lima tahun terakhir, jumlah pengguna yang mengunggah aktivitas olahraga tercatat meningkat 10 kali lipat.
Pertumbuhan ini didominasi oleh pengguna perempuan (peningkatan unggahan hampir 20 kali lipat dalam periode yang sama) dan pengguna usia muda (jumlah pengguna Gen Z meningkat hampir 3 kali lipat dari tahun ke tahun).
Anita Butler, Chief Design Officer Strava, menyatakan, “Pengembangan Strava bagi para pengguna di Indonesia merupakan langkah besar bagi kami. Kami sangat terinspirasi oleh budaya Indonesia yang autentik dan dinamis. Kami juga senang melihat olahraga telah menjadi sarana bagi masyarakat Indonesia untuk bersosialisasi.”
“Maka dari itu, kami berkomitmen penuh untuk membangun platform yang memberdayakan para pengguna yang sampai saat ini terus berkembang dan semakin aktif dalam menjalani gaya hidup sehat. Inovasi ini pun menjadi salah satu langkah nyata kami untuk semakin mendekatkan diri dengan pengguna dan komunitas olahraga di Indonesia.”
Pembaruan bahasa ini menyusul laporan tahunan Strava berjudul “Year in Sport: Trend Report” yang pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2024. Laporan tersebut mengungkap tren aktivitas fisik masyarakat, termasuk bagaimana olahraga semakin dimanfaatkan untuk mempererat hubungan sosial.
Laporan itu juga menunjukkan peningkatan partisipasi dalam klub lari sebesar 83%, menjadikannya olahraga sosial dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia berdasarkan data Strava.
Strava menyediakan berbagai fitur bagi penggunanya, mulai dari melacak aktivitas olahraga, menjalin koneksi dengan pengguna lain, mengatur target pribadi, merayakan pencapaian, hingga memahami progres latihan. Dengan kehadiran opsi Bahasa Indonesia, diharapkan pengguna dapat lebih mudah memanfaatkan fitur-fitur ini untuk mencapai tujuan kebugaran mereka.
Strava saat ini digunakan oleh lebih dari 150 juta pengguna di lebih dari 185 negara. Informasi lebih lanjut tentang Strava dapat ditemukan di www.strava.com atau melalui akun media sosial resmi Strava di Instagram, X, Facebook, YouTube, TikTok, dan LinkedIn.