Game

Stardew Valley Akan Tiba di Android Bulan Maret Besok

27 Feb 2019 | Yoga Wisesa
Disajikan sebagai game berbayar tanpa in-app purchase. Yay!

Bagi para penggemar beratnya, Stardew Valley dianggap sebagai pewaris sejati Harvest Moon dibanding judul-judul Harvest Moon terbaru. Hingga kini, Eric ‘ConcernedApe’ Barone dan tim Chucklefish terus memperkaya konten permainan lewat update. Dan berkat kehadirannya di PlayStation 4, Xbox One serta Nintendo Switch, role-playing game bertema simulasi pertanian itu bisa dinikmati oleh lebih banyak orang.

Belum ada data terbaru mengenai jumlah pemain Stardew Valley kecuali info dari SuperData di bulan Januari tahun lalu yang menyebutkan keberhasilan publisher menjual 3,5 juta kopi permainan. Ada kemungkinan angka ini akan meningkat lagi karena developer punya rencana untuk menghadirkannya di Android. Kabar gembiranya lagi, kita tak perlu menunggu terlalu lama karena peluncuran Stardew Valley di sana akan dilaksanakan di bulan depan.

Tibanya Stardew Valley di perangkat Android menyusul setelah pendaratannya di iOS pada bulan Oktober silam. Proses porting kembali dilakukan oleh The Secret Police. Di versi port ini, tim asal London itu mempertahankan segala hal yang membuat Stardew Valley begitu adiktif namun tak lupa menyesuaikan serta memodifikasi beberapa bagian agar game tetap nyaman dimainkan dari perangkat berlayar sentuh.

Stardew Valley versi Android ini mengusung menu dan user interface baru, sekaligus dibekali segala update yang pernah dirilis untuk edisi iOS. The Secret Police mencantumkan opsi joystick virtual sebagai input kendali serta kemampuan pinch-zoom (zoomin/out dengan gesture ‘mencubit’ layar) untuk membantu Anda melihat lebih jelas. Selain itu, game juga mempunyai fitur save/load yang dapat diakses kapan pun Anda membutuhkannya.

Stardew Valley sudah mengusung fitur cross-platform, mempersilakan kita mentrasfer file save di PC Windows, OS X, atau Linux ke smartphone. Bayangkan keleluasaan yang disajikan oleh fitur ini: Anda bisa bermain nyaman di gaming rig kesayangan kemudian melanjutkan progresnya saat senggang di tengah aktivitas sehari-hari tanpa perlu mengulang dari awal.

Untuk sekarang, versi Android Stardew Valley belum ditunjang oleh mode multiplayer kooperatif yang telah ada di PC. Tapi walaupun hanya baru menghidangkan mode single-player, tidak ada pemangkasan konten sama sekali di sana. Petualangan Anda di sana disuguhkan secara penuh layaknya edisi Steam maupun console.

Dan berita baiknya lagi, Stardew Valley dijajakan sebagai game berbayar di harga ekonomis tanpa in-app purchase, cuma US$ 7. Anda yang tertarik dipersilakan melakukan pra-registrasi di Google Play. Selanjutnya, Chucklefish akan meluncurkan Stardew Valley di Android pada tanggal 14 Maret 2019.

Via Eurogamer.