Square Enix Montreal Resmi Berubah Nama Menjadi Studio Onoma

Selain nama, Square Enix juga resmi hengkang dari kepemilikannya di studio yang berbasis di Kanada tersebut

Salah satu studio yang dulu bernama Square Enix Montreal kini resmi melakukan rebranding atau perubahan nama menjadi Studio Onoma. Hal ini terjadi karena Embracer Group resmi mengakuisisi studio tersebut.

Benar, Square Enix yang sempat melebarkan sayapnya ke Montreal kini resmi 'hengkang'. Namun studio tersebut diakuisisi langsung oleh Embracer dan merubah namanya menjadi Studio Onoma.

Sumber: El Mundo

Studio Onoma sendiri merupakan pengembang game mobile yang mewadahi beberapa produk, ide, dan program dari kehadiran game mobile. Selain Square Enix, Embracer Group juga mengakuisisi beberapa unit bisnis lain seperti Crystal Dynamics dan Eidos Montreal di awal tahun 2022.

Pada bulan Agustus lalu, Embracer resmi memulai proses akuisisi untuk Square Enix Montreal dengan prospek bisnis yang tinggi di pasar game mobile.  Embracer memulai proses akuisisnya dari pendaftaran nama Onoma, nama yang mengisi jajaran 3 besar dari ide nama yang dipikirkan Embracer Group.

Pemilihan Onoma karena beberapa alasan seperti mudah digunakan di berbagai lingkup media, menghadirkan kesan serta pengalaman, dan narasi yang mudah diingat.

Onoma juga diambil dari bahasa Yunani yang memiliki arti "nama" atau "nama yang menawarkan kemungkinan yang tidak terbatas," terlampir di website miliknya.

Embrace Group juga menambahkan, “Kekuatan kami adalah kemampuan kami untuk dapat berkembang dan beradaptasi dengan tren dan perubahan pasar. Rebranding kami sebagai Studio Onoma adalah satu cara transformasi yang dengan senang hati kami lakukan," sebutnya.

“Identitas merek baru kami akan berfungsi sebagai payung untuk berbagai produk, program, dan inisiatif, masing-masing dengan kepribadian yang berbeda."

"Kami telah membangun merek Onoma agar lebih fleksibel untuk melihat perkembangan kami ke masa depan, terhubung dengan banyak audiens, dan tidak menghalangi kami untuk memperluas segmentasi pasar," tambahnya.

Sumber: Onoma

Studio Onoma yang dibentuk Square Enix Montreal sendiri sudah berjalan di tahun 2011 sebagai studio pengembang yang kecil. Transisi dan perkembangan pasar membuatnya berkembang dan pada tahun 2013 beberapa game lahir dari studio ini seperti Lara Croft Go, Hitman Go, dan Hitman Sniper.

Selain dirilis di perangkat smartphone, rupanya beberapa game mobile seperti Hitman Go, Hitman Sniper, Lara Croft Go, Deus Ex Go, Hitman Sniper: The Shadows, dan Tomb Raider Reloaded, juga dirilis untuk perangkat PC dan konsol.