Dark
Light

Spotify Ungkap Bahwa Video Podcast Kini Makin Diminiati

by
1 min read
June 16, 2024

Podcast memang menjadi salah satu konten yang paling banyak diminati di berbagai platform. Salah satunya adalah platform musik digital Spotify, yang melihat naiknya minat terhadap konten podcast di platform-nya tersebut.

Melihat peningkatan tersebut, Spotify bahkan mengambil langkah transformatif dengan menghadirkan konten video podcast. Keputusan tersebut diambil karena Spotify melihat konsumsi podcast meningkat hingga 6 kali lipat.

Uniknya, para pendengar podcast tersebut lebih menyukai podcast dalam format video dibandingkan dengan format audio saja. Hal itulah yang mengukuhkan Spotify untuk membuat gebrakan format video yang tentunya bukan fokus dari platform musik digital tersebut.

“Sejak format video podcast hadir di Indonesia dua tahun yang lalu, kami selalu membayangkannya dapat menyediakan ruang bagi para kreator dalam berekspresi dan mengeksplorasi berbagai cara baru untuk terhubung” ujar Carl Zuzarte, Head of Studios, Spotify Southeast Asia.

Carl melihat bahwa para kreator podcast kini terus mencari cara untuk dapat lebih berinteraksi dengan para pendengarnya. Hal tersebut bahkan membuat Spotify bersemangat untuk melihat bagaimana format ini terus berkembang dan mengubah kebiasaan mengonsumsi konten podcast.

Dengan hadirnya format video podcast ini, para pendengar dapat merasakan pengalaman yang lebih imersif. Karena mereka dapat melihat ekspresi dari kreator, respon yang diberikan narasumber, dan latar tempat podcast-nya direkam.

Spotify memberikan contoh kreator yang mendapat dampak positif dari format video podcast ini adalah kreator Spotify, Lentera Malam. Podcast yang membahasa kisah-kisah horor ini menyebut mendapat peningkatan sebesar 24% dalam rata-rata streaming harian.

Meskipun kini episode podcast Lentera Malam hadir dalam bentuk video, berkat kemudahan navigasinya pengguna dapat berpindah antara format video dan audio di Spotify. Sehingga para pendengar mereka lebih leluasa untuk memilih format yang lebih nyaman bagi mereka.

Dengan semakin populernya podcast video di Spotify, format podcast ini tentunya memberikan keleluasaan baru untuk para kreator ke depannya. Karena kini mereka dapat membangun ciri khasnya masing-masing dengan tampilan yang lebih beragam.

Previous Story

Samsung Rilis Galaxy Watch FE, Usung Teknologi Pemantauan Kesehatan Canggih

Nubia Neo 2 5G
Next Story

ZTE Resmi Luncurkan Nubia Neo 2 5G untuk Pasar Mobile Gaming Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Dektos Digital Corbuzier x Flux Creative Universe

Dektos Digital Corbuzier Berkolaborasi dengan Flux Creative Universe

Sepak terjang Deddy Corbuzier di dunia hiburan memang terus berkembang.
Noice

Platform Streaming Audio Lokal Noice Gandeng MoEngage, Dorong Pendekatan Keterlibatan Berbasis Wawasan

Growth mindset atau pola pikir yang terus berkembang perlu dimiliki