Sponsori Garuda Pro Series Ladies Season 1, Glance Serius di Industri Esports

Glance bekerja sama dengan turnamen khusus perempuan karena mereka ingin mendorong inklusivitas di industri esports

Glance, perusahaan consumer internet asal India yang menampilkan konten ke lock screen pada smartphone, mulai menjajaki industri esports dengan berpartisipasi dalam Garuda Pro Series Ladies (GPSL) Season 1. Kerja sama antara Glance dan GPSL S``1 diumumkan pada Juli 2022. Dalam GPSL S1, akan ada 24 tim esports khusus perempuan yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp125 juta.

Jika dibandingkan dengan olahraga tradisional -- yang mementingkan fisik para atlet -- esports memang lebih inklusif. Meskipun begitu, esports tetap masih menjadi industri yang didominasi oleh laki-laki. Hal ini tidak menghentikan Glance untuk mendukung turnamen esports khusus perempuan. Dalam wawancara eksklusif dengan Dalip Shahri, Direktur Market Development Glance Indonesia, saya sempat menanyakan alasan di balik keputusan perusahaan untuk mendukung GPSL S1.

Pengumuman kerja sama antara Glance dengan GPSL S1.

"Sejak hari pertama Glance dirilis, kami memang menganggap game sebagai pilar kuat dari entertainment," ujar Dalip. "Dan esports adalah bagian dari industri game yang sedang tumbuh." Dia lalu menjelaskan, Glance percaya bahwa esports adalah industri yang inklusif. "Dari apa yang kami pelajari, baik laki-laki maupun perempuan punya kesempatan yang sama. Di India, gamers perempuan juga bisa berinteraksi dengan sangat baik dengan para pengguna."

Salah satu bentuk kerja sama antara Glance dengan GPSL S1 adalah dengan menayangkan siaran dari turnamen tersebut di platform lock screen Glance. Dalip mengungkap, hasil kerja sama antara Glance dengan GPSL S1 sangat memuaskan. Dia menyebutkan, jika dibandingkan dengan siaran dari penyelenggara turnamen, jumlah views yang Glance dapatkan mencapai dua kali lipat.

Menurut Dalip, alasan mengapa game dan esports populer di kalangan pengguna Glance adalah karena platform mereka menawarkan kemudahan bagi gamers dan fans esports. Mereka bisa langsung memainkan game di layar ponsel tanpa harus mengunduh game yang hendak mereka mainkan. Begitu juga dengan fans esports, yang bisa menonton siaran turnamen esports di Glance tanpa harus membuka atau mengunduh aplikasi khusus.

Konten esports di Glance.

Ke depan, Glance berencana untuk terus mengembangkan ekosistem game dan esports. Saat ini, mereka juga mencari streamer atau kreator konten yang mau menampilkan konten di platform lock screen Glance. Dalip menyebutkan, mereka tidak hanya ingin menjadi sponsor dari turnamen esports atau gamers, tapi juga menjadi pihak yang melatih dan membesarkan para talents.

Hal lain yang Glance ingin lakukan untuk mengembangkan ekosistem game dan skena competitive gaming di Indonesia adalah dengan bekerja sama bersama asosiasi esports lokal. Dalip berkata, "Kita memang belum punya komunitas gamers sendiri. Tapi, kita bisa menggunakan jalan pintas, yaitu dengan mendukung asosiasi yang sudah punya komunitas. Karena, mereka membutuhkan platform seperti Glance."