Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

SoulCalibur Without Borders Berhasil Kumpulkan 2800 Dollar AS Untuk Amal

27 August 2020Akbar Priono

Berawal dengan US$900 sebagai total hadiah, donasi komunitas berhasil membuat SCWB jadi punya US$5700 yang akan dibagi dua, untuk hadiah dan amal.

Setelah berjalan selama kurang lebih satu bulan, turnamen SoulCalibur Without Border (SCWB) dikabarkan telah berhasil mengumpulkan donasi mencapai angka 2800 dollar AS (sekitar 36 juta rupiah). Turnamen ini sendiri diselenggarakan di beberapa kawasan, mulai dari Eropa, Amerika Selatan, Jepang, Asia Tenggara, Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Korea Selatan. Turnamen ini sempat menjadi buah bibir bagi kawan-kawan FGC Indonesia, berkat kemenangan Andrew Widjaja (Wahontoys) dalam pertandingan SCWB kawasan Asia Tenggara yang diadakan 15 Agustus 2020 lalu.

Total hadiah SCWB tadinya cuma 900 dollar AS, yang berasal dari sumbangan sebesar 100 dollar AS dari masing-masing kawasan. Total hadiah lalu dibagi dua, separuh bagian untuk menjadi hadiah turnamen, separuh lainnya didonasikan kepada sebuah organisasi non-profit bernama Doctors Without Borders.

Sumber: Soulcalibur Without Border
Sumber: Soulcalibur Without Border

Kini, setelah pertandingan di semua kawasan telah rampung, SCWB telah berhasil mengumpulkan 6632 dollar AS. Dari total tersebut, artinya ada 5732 dollar AS datang dari donasi komunitas, dengan 2866 dollar AS yang akan didonasikan ke organisasi Doctors Without Borders.

Turnamen ini sendiri diselenggarakan oleh seorang pro player Soulcalibur, Kieran Bucknell (Neon) dan Sabin Deus. Mengutip dari GINX Esports TV, Neon mengatakan. “SCWB berjalan lebih baik dari apa yang saya bayangkan. Kami berhasil menyelenggarakan 9 turnamen di 9 kawasan, dan memastikan komunitas lokal di setiap kawasan bisa terlibat.”

“Pada akhirnya, kami berhasil mengumpulkan total 1000 viewer pada beberapa gelaran turnamen yang diselenggarakan. Saya senang kami berhasil menjalankan ini, bahkan ada banyak banyak sekali fan art dari komunitas. Turnamen ini berhasil menjadi event yang meliputi seluruh dunia dan dengan tanpa batasan.”

Turnamen SCWB ini bisa dibilang sebagai turnamen yang diadakan komunitas sebagai usaha untuk menggantikan EVO, yang tidak bisa terselenggara karena pandemi. “Awalnya niat saya mengadakan ini hanya untuk memberikan turnamen pengganti EVO bersifat kecil-kecilan, tapi saya tidak menyangka turnamen ini telah berhasil melampaui EVO Online dengan cukup jauh berkat dari komunitas.”

Jika Anda kelewatan atau tidak mengikuti rangkaian turnamen tersebut, berikut daftar pemenang SCWB dari setiap kawasan:

Sumber: Twitter @SoulCaliburWB
Sumber: Twitter @SoulCaliburWB
  • North America East division winner: Party Wolf
  • North America West division winner: Xephukai
  • Central America division winner: DarthFencerJP
  • Korean division winner: Sunfish
  • Europe West division winner: Dexus
  • Europe East division winner: Head Cheese
  • Southeast Asia division winner: Wahontoys
  • Japan division winner: Jashi
  • South America division winner: Miura

Sungguh luar biasa melihat bagaimana komunitas Soulcalibur bisa bersatu di tengah situasi pandemi ini. Tak hanya menyajikan hiburan kepada komunitas, turnamen ini bahkan menjadi ajang amal, dan bentuk kepedulian komunitas terhadap situasi pandemi saat ini.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV