6 January 2023

by Galih

Sony Ungkap Project Leonardo, Controller PlayStation 5 untuk Gamer Difabel

Controller ini dapat membantu banyak gamer yang memiliki keterbatasan

Salah satu tujuan mulia dari para pelaku industri video game adalah mengajak sebanyak mungkin orang untuk dapat bermain game. Maka dari itu, banyak perusahaan yang berusaha mengembangkan aksesibilitas kontrol terhadap para gamer yang memiliki keterbatasan.

Sony ternyata juga ikut memikirkan hal tersebut, sehingga pada gelaran CES 2023 yang sedang berlangsung mereka menyingkap perangkat baru yang disebut Project Leonardo. Perangkat ini merupakan controller PlayStation 5 yang didesain khusus agar mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan gamer.

Harapannya adalah nantinya para gamer yang memiliki keterbatasan fisik, terutama pada gangguan motorik, dapat memainkan game dengan lebih nyaman. Seperti yang bisa dilihat, controller ini memiliki ukuran yang besar dan memiliki tingkat kostumisasi yang tinggi.

"Kami terinspirasi dari ide bahwa semua pemain dapat menikmati dunia PlayStation bersama-sama. Tim kami telah mencoba puluhan desain bersama dengan para pakar aksesibilitas," ujar So Morimoto, desainer Sony Interactive Entertainment.

Image Credit: Sony

Untuk dapat memfasilitasi berbagai kebutuhan pemainnya, Sony membuat Project Leonardo ini dengan tombol yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Jarak antara stick analog dan game pad juga dapat diatur sesuai keinginan penggunanya.

Selain itu, Sony juga menyediakan berbagai pilihan bentuk dan ukuran untuk setiap tombol yang akan dipasangkan. Begitu juga dengan ujung stik analog yang bisa dipilih ukurannya.

Sony berharap controller ini dapat membantu para gamer yang kesulitan memegang controller dalam waktu yang lama, menekan tombol dan trigger berukuran kecil, hingga yang sulit meletakkan jari-jarinya pada controller standar seperti DualSense.

Controller ini dikembangkan Sony bersama dengan para pakar aksesibilitas, komunitas difabel, hingga para developer game. Upaya tersebut demi membuat controller ini dapat terintegrasi maksimal dengan aksesori aksesibilitas pihak ketiga serta konsol PlayStation 5.

Mirip seperti Xbox Adaptive Controller, Project Leonardo sendiri dapat digunakan sebagai controller mandiri maupun digunakan secara tandem dengan controller Project Leonardo lainnya maupun dengan controller DualSense.

Bahkan, bila dibutuhkan pemain dapat menggunakan dua buah Project Leonardo dan satu DualSense menjadi satu controller, sehingga pemain dengan keterbatasan nantinya juga dapat dibantu oleh keluarga atau temannya dalam bermain.

Meskipun sudah diumumkan, tetapi Sony masih belum menyinggung soal jadwal perilisan maupun harga untuk Project Leonardo ini. Untungnya, Sony berjanji bahwa mereka akan membagikan lebih banyak informasi mengenai Project Leonardo ini di masa depan.