Gaming News
for SEO
Gaming News

Deretan Game Jepang Dominasi Presentasi PlayStation State of Play Edisi Maret 2022

10 March 2022Glenn Kaonang

Mulai dari game free-to-play Gundam sampai sekuel Valkyrie Profile, ada banyak properti jejepangan yang mencuri perhatian di State of Play edisi Maret 2022

Nintendo punya Direct, Sony punya State of Play. Entah disengaja atau tidka, di edisi terbarunya yang disiarkan pada 9 Maret kemarin, Sony banyak menampilkan game keluaran publisher Jepang. Mulai dari game free-to-play dari franchise Gundam sampai IP baru Capcom dan sekuel Valkyrie Profile, ada banyak properti jejepangan yang cukup mencuri perhatian di presentasi State of Play kali ini.

Kalau punya waktu luang, silakan tonton siaran ulangnya di channel YouTube PlayStation. Alternatifnya, Anda juga bisa membaca rangkumannya di bawah ini.

Exoprimal

Exoprimal adalah IP anyar dari Capcom yang menceritakan perang antara umat manusia dengan dinosaurus di masa depan. Kedengarannya memang cukup absurd, apalagi setelah melihat adegan hujan dinosaurus yang turun dari sebuah vorteks misterius, namun semua itu bakal ditebus dengan penampilan keren dari masing-masing protagonisnya. Mereka adalah Exofighter, pasukan khusus yang menjalani misinya dengan bekal sebuah Exosuit.

Kostum ala robot ini ada banyak macamnya, dan masing-masing memiliki persenjataan sekaligus ability unik yang merepresentasikan spesialisasi yang berbeda. Contohnya, Roadblock Exosuit memiliki shield ability untuk melindungi kawan-kawannya dari serbuan ratusan raptor yang berlari dalam kecepatan penuh. Ya, Exoprimal merupakan permainan co-op multiplayer yang bisa dimainkan hingga lima orang. Meski begitu, Capcom rupanya juga tidak lupa menyelipkan aspek kompetitif demi menambah variasi permainan.

Penasaran? Tunggu saja kedatangannya di PS5 dan PS4 tahun depan.

Ghostwire: Tokyo

Action adventure dengan sudut pandang orang pertama garapan Tango Gameworks ini siap meluncur pada 25 Maret mendatang, dan pengembangnya telah menyiapkan trailer baru yang memperlihatkan beberapa cuplikan gameplay serta indahnya pemandangan malam kota Tokyo yang tengah dilanda musibah supranatural.

Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin

Salah satu keunikan utama Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin (SOPFFO) terletak pada lakon utamanya. Ia adalah Jack Garland, dan fans loyal seri Final Fantasy semestinya bakal mengenalinya sebagai Garland, alias karakter di game pertama Final Fantasy yang pada akhirnya berubah menjadi musuh terakhir yang harus dilawan, yaitu Chaos.

Combat dalam action RPG ini terkesan fluid, dan itu tidak akan terasa mengejutkan setelah mengetahui bahwa game-nya digarap oleh Team Ninja, developer dari seri game Nioh. SOPFFO akan segera dirilis pada 18 Maret, namun Square Enix cukup berbaik hati dan menyediakan versi demonya sehingga kita bisa lebih dulu memainkan tiga stage pertamanya (solo atau multiplayer). Progresnya nanti bisa langsung dilanjutkan di versi penuhnya.

Forspoken

Awalnya dijadwalkan meluncur pada bulan Mei, Forspoken terpaksa harus ditunda sampai 11 Oktober. Untuk sedikit mengobati kekecewaan para penggemar yang sudah bersabar menanti, Luminous Productions menyajikan trailer anyar yang mempertontonkan beragam aksi gameplay yang memacu adrenalin.

Gundam Evolution

Dikembangkan oleh Bandai Namco, Gundam Evolution merupakan hero shooter 6v6 dengan karakter-karakter ikonis dari franchise Gundam. Di awal, game free-to-play ini menawarkan 12 unit Mobile Suit yang berbeda (yang semuanya bisa dimainkan secara gratis) dan tiga mode permainan: Point Capture, Domination, dan Destruction.

Gundam Evolution kabarnya akan dirilis tahun ini juga, namun Bandai Namco bakal mengadakan closed network test terlebih dulu untuk region Jepang dan Amerika Utara pada musim semi mendatang.

Teenage Mutant Ninja Turtles: The Cowabunga Collection

Teenage Mutant Ninja Turtles: The Cowabunga Collection merupakan kompilasi dari 13 game klasik TMNT yang diterbitkan oleh Konami. Bukan cuma game NES, SNES, dan Sega Genesis saja, tetapi juga game TMNT yang dulunya hanya tersedia di Game Boy dan mesin arcade. Grafik dan gameplay-nya tidak berubah, akan tetapi Konami telah menerapkan sejumlah penyempurnaan dari sisi quality-of-life demi menyesuaikan dengan standar modern.

GigaBash

Penggemar tokusatsu akan dibuat tersenyum oleh game yang satu ini. Dikembangkan oleh sebuah studio indie asal Malaysia, GigaBash merupakan sebuah brawler yang dapat dimainkan oleh empat orang. Masing-masing akan menjalankan satu dari 10 Titan yang tersedia, bisa yang berwujud Kaiju, bisa juga yang bermodel superhero ala Ultraman.

Setiap Titan memiliki koleksi skill dan combo yang berbeda, dan selagi bermain, setiap Titan punya kesempatan untuk berubah menjadi versi lebih besar dan lebih kuatnya dengan mengumpulkan Giga Energy. Tentu saja, pertempuran antar Kaiju tidak akan lengkap tanpa area yang bisa hancur lebur, dan GigaBash pun tidak mau melewatkan itu.

JoJo’s Bizarre Adventure: All Star Battle R

Seri manga dan anime populer dengan art style yang unik ini resmi menginjak usia yang ke-35 tahun ini, dan para penggemar setianya dipersilakan untuk merayakannya lewat sebuah game fighting anyar berjudul JoJo’s Bizarre Adventure: All Star Battle R. Kalau judulnya terdengar familier, itu karena ia pada dasarnya merupakan remake dari game berjudul sama yang dirilis di tahun 2013 untuk PS3. Selain memperbaiki sejumlah aspek, pengembangnya juga menambah total playable character-nya menjadi 50.

Trek to Yomi

Dikerjakan oleh Flying Wild Hog (developer seri game Shadow Warrior), Trek to Yomi merupakan sebuah action side-scrolling yang sangat unik. Unik karena seperti yang dilihat dari trailer-nya, semuanya disajikan dalam format hitam-putih yang sinematik ala film-film samurai klasik. Di Trek to Yomi, Anda akan bermain sebagai Hiroki, seorang samurai muda yang harus memenuhi sumpahnya setelah dihadapkan dengan sebuah tragedi.

Returnal: Ascension

Third-person shooter dengan bumbu roguelike yang cuma tersedia secara eksklusif buat PS5 ini akan segera menerima update gratisan berjudul Ascension pada tanggal 22 Maret nanti. Dua pembaruan besar yang dijanjikan adalah mode co-op serta semacam endless mode dengan area bernama Tower of Sisyphus.

The DioField Chronicle

Penggemar RPG strategi yang memiliki Nintendo Switch belum lama ini dimanjakan oleh game berjudul Triangle Strategy garapan Square Enix. Kalau Anda cuma punya PS4 atau PS5, Anda tak perlu berkecil hati, sebab Square Enix rupanya telah menyiapkan tactical RPG lain berjudul The DioField Chronicle. Selain menawarkan visual ala diorama dan setting unik yang memadukan elemen-elemen modern dengan elemen fantasi serta medieval, game ini juga mengemas sistem combat unik yang Square Enix juluki “real-time tactical battle“.

Valkyrie Elysium

Kejutan terakhir dari Square Enix adalah Valkyrie Elysium, entry terbaru dari seri game klasik yang dimulai oleh Valkyrie Profile di tahun 1999. Tidak sepertI game-game sebelumnya, Valkyrie Elysium mengadopsi combat ala action RPG modern. Jalan ceritanya sepertinya juga tidak menyambung secara langsung dengan sebelum-sebelumnya; di Elysium, Anda akan bermain sebagai satu-satunya Valkyrie yang diutus oleh Odin untuk mencegah Ragnarok, alias kiamat, terjadi.

Pun begitu, Valkyrie Elysium dipastikan tetap akan mempertahankan sejumlah elemen gameplay dari game sebelumnya, salah satunya opsi untuk merekrut companion, yang dalam seri Valkyrie dikenal dengan sebutan Einherjar. Bukan cuma itu, musiknya pun kembali digarap oleh komposer game orisinalnya, Motoi Sakuraba.

Play video

5 July 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Produsen hardware crypto wallet Ledger resmi menjalani debutnya di ranah marketplace NFT lewat Ledger Market.

Others from #HybridTV