Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Sony Bakal Rilis Lebih Banyak Game di PC

1 September 2020Ellavie Ichlasa Amalia

Bisnis gaming Sony kini memberikan kontribusi pada pemasukan paling besar

Akhir pekan lalu, Sony merilis laporan keuangan mereka untuk tahun fiskal 2019. Sama seperti perusahaan lain, bisnis Sony juga terkena dampak pandemi virus corona. Dari segi biaya operasional, Sony memperkirakan, mereka mengalami kerugian sebesar 68,2 miliar yen (sekitar Rp9,4 triliun) akibat virus corona.

Kabar baiknya, divisi gaming Sony memiliki performa yang baik. Faktanya, bisnis PlayStation kini memberikan kontribusi pemasukan paling besar untuk Sony jika dibandingkan dengan divisi-divisi lain. Dalam laporan keuangannya, Sony juga menyebutkan bahwa mereka kini memiliki 113 juta pengguna PlayStation Network dan 45 juta pelanggan PS+. Sementara jumlah pelanggan PS Now kini diperkirakan mencapai 2,2 juta orang.

Sony game PC
Total penjualan dan pemasukan dari masing-masing bisnis Sony. | Sumber: Kotaku

Performa divisi gaming Sony memang sangat baik. Namun, Sony masih belum puas dengan itu. Mereka masih ingin menggenjot bisnis gaming mereka. Salah satu strategi mereka untuk itu adalah dengan meluncurkan game untuk platform selain PlayStation. Platform yang jadi fokus Sony adalah PC. Jadi, ke depan, Sony akan meluncurkan lebih banyak game buatan mereka sendiri di PC. Sejauh ini, dua game Sony yang telah tersedia di PC adalah Horizon Zero Dawn dan Death Stranding.

“Kami berencana untuk meluncurkan lebih banyak game buatan kami sendiri di platform PC. Dengan ini, kami berharap kami akan dapat mendorong keuntungan perusahaan,” kata Sony dalam laporan keuangannya, seperti dikutip dari Kotaku. Menariknya, Sony menganggap PC sebagai pesaing utama mereka dalam bisnis gaming.

“Kami memperkirakan, persaingan akan semakin ketat akibat game-game PC dan perusahaan-perusahaan dari industri lain. Strategi utama kami untuk menumbuhkan bisnis gaming adalah untuk terus berinovasi dan mengembangkan Platform PlayStation. Untuk itu, SIE akan menyiapkan investasi untuk memperkuat konten IP kami, meningkatkan nilai brand, memperkuat komunitas dan mendorong interaksi pemain,” ungkap Sony.

Sony memang mengaku tertarik untuk membawa lebih banyak game-game mereka ke PC. Meskipun begitu, hal itu bukan berarti game-game ekslusif untuk PlayStation 5, seperti Horizon Forbidden West atau Spider-Man: Miles Morales, akan tersedia untuk PC dalam waktu dekat. Keputusan Sony untuk meluncurkan lebih banyak game di PC berarti, game-game eksklusif untuk PlayStation akan diluncurkan kembali untuk PC. Dengan begitu, game-game tersebut tidak hanya tersedia di pasar dalam waktu lebih lama, tapi juga mendorong pemasukan Sony.

Sumber header: Nikkei Asian Review

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV