13 April 2022

by Galih

Sonic 2 Cetak Rekor Baru Sebagai Film Adaptasi Game

Sonic memulai debut keduanya di layar lebar dengan sangat kuat.

Cerita kesuksesan film adaptasi Sonic memang merupakan sesuatu yang unik. Dari apa yang awalnya merupakan salah satu adaptasi karakter game terburuk dalam layar lebar, menjadi salah satu adaptasi terbaik yang pernah terbuat.

Sekuel film Sonic pun kini kembali mencatat rekor baru sebagai salah satu pembukaan film layar lebar adaptasi game terbesar yang pernah ada. Tidak hanya itu, review dari penonton pun terhadap film ini juga masih positif.

Sonic the Hedgehog 2 resmi dirilis pada 2 April lalu, dan Collider melaporkan bahwa dalam 3 hari setelah penayangan perdananya film ini berhasil mengantongi $70 juta atau sekitar Rp1 triliun hanya dari pasar Eropa dan Australia saja.

Image Credit: Paramount

Dikombinasikan dengan region lainnya, maka penghasilan global untuk film ini pada minggu pertamanya disebut mencapai $141 juta atau sekitar Rp2 miliar. Ditambah lagi film ini berhasil menduduki puncak box office untuk beberapa negara, dan hanya kalah oleh Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore.

Dengan angka pemasukan yang menakjubkan tersebut sekuel film Sonic ini berhasil melampaui pendapatan minggu pertama film pertamanya dengan selisih yang cukup jauh. Sonic the Hedgehog 2 berhasil mendapatkan $13 juta atau sekitar Rp 201 juta lebih banyak dari apa yang didapatkan oleh film pertamanya.

Hal tersebut akhirnya mengesahkan Sonic the Hedgehog 2 sebagai rekor baru pembukaan film layar lebar adaptasi videogame tertinggi dalam sejarah perfilman. Sebuah pencapaian yang menakjubkan di tengah sentimen para pecinta film maupun gamer terhadap film adaptasi video game yang masih naik-turun.

Performa sangat baik dari film sekuel Sonic ini juga membuktikan bahwa pasar keluarga untuk film layar lebar masih tetap ada dan masih dapat mendominasi box office. Apalagi setelah beberapa tahun terakhir film-film animasi untuk keluarga mayoritas langsung menuju layanan streaming.

"Film ini telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menyenangkan para fans namun juga tidak mengecualikan para penonton umum."ungkap Chris Aronson, President of domestic distribution dari Paramount Pictures.

Pencapaian menakjubkan dari Sonic the Hedgehog 2 ini ternyata tidak membuat sang produser, Toby Ascher cepat puas. Dirinya bahkan menyebutkan bahwa mereka kini tengah berencana untuk membuat "Sonic Cinematic Universe" ke depannya.