13 April 2022

by Wiku Baskoro

Apa Itu Pop Up

Pengertian pop up, ragam macam pop up dan cara menghilangkan pop up.

Jika Anda menggunakan internet secara rutin, bisa jadi Anda akan pernah menemukan apa yang disebut pop up. Bentuk dari produk ini tersebar luas di internet. Tetapi apa sebenarnya pop up Itu? Artikel singkat kali ini akan menjelaskan tentang apa itu pop up.

Pop up sudah ada sejak lama, muncul ketika pengguna menggunakan laptop atau komputer. Namun istilahnya kini marak digunakan karena perkembangan gawai yang pesat, atau karena kini hampir setiap saat orang berselancar di dunia maya. Keberadaan pop up terkadang memudahkan penggunanya tetapi juga tidak jarang mengganggu.

Faktanya, pop up itu sendiri sangatlah beragam dan memiliki fungsi tertentu. pop up mana yang bermanfaat? Dan bagaimanakah menghilangkan pop up yang mengganggu? Berikut bahasannya.

Apa itu pop up?

Penjelasan sederhana dari pop up adalah sebuah tampilan yang mirip jendela kecil, muncul ketika kita atau pengguna memilih sebuah opsi tertentu.

Untuk di gawai atau smartphone,pop up bisa berupa notifikasi yang muncul pada layar. Dilansir dari Wikipedia, pop up atau disebut dengan iklan sembulan adalah jendela iklan yang biasanya muncul tiba-tiba jika mengunjungi suatu halaman web.

Keberadaan pop up yang berbentuk iklan bisa mengganggu jika iklan yang hadir terus menerus dan tidak sesuai kebutuhan.

Jenis pop up dan Contohnya

Pop up sendiri memiliki beragam jenis dan contoh. Tidak semuanya menggangu bahkan ada yang bermanfaat. Penerapan pop up yang baik adalah yang memberikan informasi dan tidak menggangu antar muka yang diakses pengguna.

Berikut beberapa jenis dan contoh dari pop up.

Pop up Notifikasi

Pop up ini, meski fungsinya memberikan informasi secara langsung/cepat, ada pula penguna yang tidak menyukainya, terutama ketika tidak bisa diatur atau yang berjalan secara otomatis dan dalam frekuensi yang cukup sering.

Pop up notifikasi aplikasi ini kerap muncul secara realtime pada layar gawai atau PC. Semakin banyak aplikasi yang di-install, semakin banyak pop up muncul pada layar.

Pop up notifikasi ini bisa berupa informasi jika ada pesan yang masuk, contohnya dari aplikasi pesan seperti WhatsApp. Bisa pula berupa informasi update sistem, atau informasi atau berita terbaru terkait aplikasi yang ada di gawai Anda. Jika ingin terhindar dari pop up notifikasi, Anda bisa mengubahnya pada pengaturan aplikasi atau pengaturan gawai.

Pop up Iklan

Pop up di kategori ini umumnya memiliki tujuan untuk memberikan informasi yang masuk dalam kategori iklan, meski terkadang tampilannya malah mengganggu pengguna. Biasanya pop up iklan sering muncul di portal berita atau situs-situs tertentu. Untuk menutup jenis pop up seperti ini, Anda bisa mengklik tanda 'x' yang ada di jendela pop up.

Berhati-hatilah jika Anda mendapat pop up iklan saat masuk pada situs-situs tertentu karena terkadang pop up bisa beresiko mengandung malware. Pastikan situs yang Anda kunjunig adalah situs yang aman dan terpercaya.

Pop up Menu

Pop up ini biasanya Anda temukan saat membuka PC atau laptop. Pop up menu biasanya dapat dilihat saat meng-klik kanan pada desktop atau jendela aplikasi tertentu. Pop up menu akan memunculkan beberapa opsi sesuai dengan menu yang di-klik.

Contohnya adalah saat Anda meng-klik kanan pada halaman utama Windows, akan muncul opsi pada jendela kecil seperti View, New, atau Refresh. Jendela ini disebut pop up menu. Di tampilan ini Anda bisa memilih berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pop Up Dialog Box

Pop up ini umumnya bermanfaat bagi pengguna. Pop up dialog box berguna untuk memberikan informasi atau peringatan akan aktivitas dari pengguna.

Sebagai contoh saat mengetik pada aplikasi MS Word lalu Anda mengklik ikon 'x' (tanda keluar), pop up kotak dialog ini akan langsung muncul untuk mengingatkan atau memberikan informasi terkait aksi lanjutan, misalnya keluar tanpa menyimpan, membatalkan aksi atau menyimpan file.

Mengatasi Pop up yang Mengganggu

Jika Anda merasa terganggu dengan pop up yang muncul saat berlayar di dunia maya, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Salah satunya adalah berlangganan aplikasi adblock atau aplikasi pemblokir iklan. Sayangnya, tidak semua aplikasi pemblokir iklan ini gratis, beberapa layanan mengharuskan Anda untuk membayar biaya terentu untuk menikmati secara penuh layanan yang dihadirkan.

Untuk di gawai, pop up lebih bisa diatur, misalnya pop up aplikasi pesan atau aplikasi yang berhubungan dengan infomasi, umumnya bisa Anda atur lewat menu pengaturan.

Foto 1 oleh cottonbro dari Pexels.Foto 2 oleh Charlotte May dari Pexels.