Dark
Light

[Ask the Expert] Solusi Android Gagal Masuk ke Recovery Mode dan Cara Membuat Blog Jadi Tenar

2 mins read
April 23, 2015

Halo, jumpa lagi dengan saya di kolom Ask the Expert. Kolom koresponden dimana Anda dapat melayangkan pertanyaan seputar Android, blog, SEO, gaming, komputer dan apapun terkait gadget dan teknologi kepada para expert kami.

Edisi minggu ini mengangkat tiga pertanyaan yang ditinggalkan oleh pembaca setia TRL, berikut selengkapnya.

Pertanyaan Pertama:

Saya sudah coba cara ketiga di artikel 3 cara Membuka Smartphone yang Lupa Password, tetapi factory resetnya tidak keluar, bagaimana caranya?

Wahyu

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Mengubah Aplikasi Default di Smartphone Android

Jawaban:

Saya sebenarnya belum begitu menangkap permasalah dari saudara Wahyu. Apakah kendala yang dimaksud recovery mode-nya yang gagal jalan atau factory resetnya. Jika yang dimaksudkan adalah recovery mode, maka perlu diketahui bahwa cara untuk masuk ke mode ini berbeda antara satu ponsel dengan ponsel lainnya.

Untuk itu, silahkan baca artikel ini untuk mengetahui cara masuk ke recovery mode berdasarkan tipe ponsel Anda. Atau jika ponsel Anda sudah dalam kondisi root, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti MobileUncle atau Reboot to Recovery.

Pertanyaan Kedua

Mas, Aplikasi android apa yg mampu memindahkan atau setidaknya me-link file “data” ke sd-external?
Saya pake rooted-gingerbread. Mengandalkan Link2Sd + ext3 utk mngatasi masalah kurangnya space memori. Lalu memanage aplikasi nya: ON SD-CARD, LINKED -> SD-CARD

Tapi ternyata file “data” tidak terlink. Padahal beberapa aplikasi file “data” nya besar, mohon pncerahannya.

Arie

Jawaban:

Terima kasih Arie atas pertanyaannya yang lumayan “menantang”. Kelemahan dari perangkat lama memang terletak pada kapasitas memori internalnya yang terbatas. Apa yang Arie lakukan sudah sangat tepat, yakni menggunakan aplikasi yang mampu menghubungkan data aplikasi.

Ada beberapa aplikasi yang bisa dicoba. Berikut rekomendasi saya:

Semoga dapat membantu ya.

Info Menarik: Tutorial Menggunakan Office Remote Untuk Windows Phone

Pertanyaan Ketiga:

Apa langkah berikutnya supaya blog kita tenar dan lolos kalau daftar adsense ? terimakasih.

Zugiek

Jawaban:

Halo Zugiek, untuk membuat sebuah blog menjadi tenar atau terkenal yang paling dibutuhkan adalah passion untuk konsisten nge-blog. Sebab tanpa itu, apapun trik dan tips akan menjadi sebuah bacaan yang sia-sia.

Di artikel blogger blueprint yang dapat Anda baca di tautan ini saya sudah memberikan tips dan panduan lengkap untuk memulai menjadi blogger. Saya anggap Anda sudah membacanya, itu sebuah awal yang sangat bagus. Berikutnya Anda dapat membaca tips-tips pelengkapnya di tautan-tautan ini:

Kemudian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar blog diterima di Google Adsense, antara lain:

  • Artikel harus orisinil, bukan hasil copy paste dari blog orang lain.
  • Lengkapi halaman privacy policy, about, sitemap dan kontak.
  • Hindari tautan ilegal, misalnya unduhan aplikasi, game, film atau lagu.
  • Hindari konten-konten dewasa.
  • Fokus ke niche tertentu saja, karena Google lebih menyukai blog seperti ini. Misalnya blog Anda membahas soal dunia pemancingan. Maka sebaiknya hanya membahas soal pancing memancing, jangan ikut membahas soal KPK vs Polri.
  • Setelah menulis, bagikan tulisan ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, Pinterest, dan lain-lain.
  • Kemudian bagian juga ke social bookmark, misalnya ke Lintas, Infogue, Populerkan, dan lain-lain.
  • Pilih theme yang mobile friendly, ini untuk mengantisipasi algoritma terbaru Google.
  • Terapkan SEO on page dan off page dengan intensitas yang normal, jangan berlebihan.
  • Terakhir yang tak kalah penting, jangan buru-buru mendaftarkan blog ke Google Adsense. Pastikan blog Anda sudah memiliki traffic yang baik dan juga indeks yang memadai.

Untuk sementara itu jawaban dari saya saudara Zugiek, semoga bisa memberi ide dan semangat untuk terus konsisten ngeblog.

Sumber gambar header Shutterstock.

56 Comments

  1. maff ka sebelumnya saya mau tanya untuk factory reset untuk eksekusi ko tidak bisa menggunakan tombol power..
    bagaimana cara nya ya ka

  2. coba tombol up ato down, saya pernah temukan ponsel tombol downnya jadi eksekusi.
    jadi untuk tombol kursor, pake tombol up terus nanti diakan mengulang dari atas lagi ketika pilihannya habis.

  3. Aku dah coba cara ke 3 tapi gambar androidnya ada tanda seru merah, trus cuman ada intruksi choose a backup file to restore ;/ sdcard

  4. Minta solusi gan…
    Masalah recovery mode…sebelumnya masuk recovery mode bisa pake power sama vol down…trus ane coba instal cwm…byar enak utak atik nya,ehh…ga tau nya hh jadi eror…ampe base sinyal nya juga ilang. sim jadi invalid…trus ane oprek pake kemampuan ane yg pas pasan,alhmdullah sinyal balik lagi…tp yg jadi masalah mode recoverynya yg ga ada…tiap ane coba masuk,yg keluar menu factory…pilihannya cuman tes sistem sama reboot,ane coba flash recovery img nya pake aplikasi recovery tool,bisa masuk tapi cuma sebatas itu…kalo ane masuk pake cara biasa (power+vol down)tetep masuk factory yg td…intinya klo ane mau masuk recovery,hh harus keadaan nyala karna harus pake aplikasi recovery tool,kalo hh keadaan mati tetep ga bisa…tolong solusinya gan…soalnya takut hh bootlop,bingung ngeresetnya.

  5. sebelumnya udah bikin backup rom yg lama gak mas bro?
    kalo ada mending restore aja, mudah2an balik lagi.
    sepertinya cwm yg mas pake ada bugs atau belum versi yang sempurna

  6. saya punya masalah dengan hp samsung s4 karna hp dikasih kaka.siy ganti lcdny dengan LCD replika pas udh bisa nyala ternyata ad pin patterny sedangkn sy tidak tau sy coba mau hard reset ternyata gagal trus masuk recovery mode padahal sy udh bnr tekan tombolny msih gagal…sy coba nyari info sana sini tetep saja sy coba gagal..stres ampe kesel ..yang jadi pertanyaan itu kenapa apa pengaruh ganti LCD REPLIKA MHON SOLUSINY MAS…?

  7. Mas sebelumnya saya perkenalkan nama saya ina,begini kemarin saya ganti password pake pola waktu sekitar 1 jam an anak saya ganti lalu dia lupa,saya mau reset gagal terus.gimana ya cara bukanya?
    Makasih

  8. maaf mau nanya om, saya punya masalah sama xiaomi saya, kenapa pas saya masuk ke recovery mode cuma sampai ke tulisan MI saja ?. mohon solusinya om, makasih.

  9. apakah sudah benar itu tombol untuk masuk ke recovery mode? kalo benar seharusnya tidak sulit untuk masuk

  10. kemarin saya gagal root mas dan hasilnya setiap saya masuk ke recovery mode hanya blank white / gambar putih polos saja . tolong solusinya mas

  11. gagal root tidak mempengaruhi ponsel, kecuali gagal instal cwm atau custom ROM.
    mungkin itu bukan tombol untuk ke recovery mode mas Deni.

  12. mohon maaf bang saya mao nanya gini , saya kejebak pada recovery mode tiap reboot pasti baliknya ke recovery mode terus , keadaan hp saya datanya udh ke format dan juga dalam keadaan root ,, itu gmn bang supaya bisa keluar dari recovery mode dan kembali pada menu normal saat di reboot ??

    mohon bantuannya .. trims ..

  13. Mas kenapa di samsung galaxy note 0.8 gak bisa pake cara kedua pas teken tombol homenya gak ada tab setting ditunggu jawabannya ya mas

  14. tadinya bootloop?
    coba diflash saja kalo memang sudah sampai diformat dan root.

  15. Mas, kenapa samsung galaxy note 8.0 saya udh bisa masuk ke recovery mode tapi pas mencet yg reboot system gabisa, malah muncul tulisan error ?

  16. Mas, Kenapa HP Sya sesudah sya Perbarui Sistem Kenapa Mati Dan Trus, Sya Hidupin Lagi Malah Ada Tulisan Di Pojok Kiri Bawah “Recovery Mode” Trus Ane Cari Tau Di Internet Dan Ane Lakuin Cara Nya Ternyata Gk Bisa Mohon SolusiNya Gan
    HP *Oppo Joy R1001*

  17. maksudnya barusan upgrade gan atau install ROM baru?
    jika gambarnya robot hijau tiduran tapi tidak booting, sebaiknya coba masuk ke recovery mode dan reset ulang.
    kalo gak selesai, terpaksa diflash.

  18. mas kenapa hp saya zyrex one phone, model ZA966 ,lupa pola.
    dan mau masuk recovery mode, yang muncul cuma gambar hp dan tanda seru di dalam segitiga, dan tidak muncul tulisan tulisan cuma gambar aja,mohon bisa ngasih solusi.terim kasih

  19. mas saya mau tanya. hp saya kok gk bsa masuk cmw ya. padahal udh saya pencet tombol power volume bawah. hp nya malah nyala.
    hp saya evercoss a5 mas.

  20. halo yudah, terima kasih sudah berkunjung
    coba pastikan lagi, benar tidak itu tombol untuk masuk ke recovery mode

  21. Mas hp saya kena bootlop. Setiap mau masup ke mode recovery yg muncul hanya layar putih. Itu karna saya gagal dalam menjalankan odin. Yang mau saya tanya gimana memperbaikinya mas? Tolong arahanya.

  22. Mas hp oppo yoyo saya dhidupin cuma berhenti di logo. Stiap masuk recovery mode selalu failed (wipe data & cache) proses y. TOlong gmna solusi y ?

  23. Gan hp saya gts 6310 mati total nah watu mau masuk recovery mode juga tidak bisa, kira-kira apa penyebabnya

  24. banyak sih, bisa karena gagal waktu flash rom ato karena memang kegagalan sistemnya akibat pemakaian, benturan, dll.

  25. Mas hp saya gak bisa masuk ke recovery udah saya ikutin yg di internet pencet ini itu tapi layar ttp aja item,soalnya waktu itu pernah nyala cuma sampe logonya aja pas saya coba lagi malah gak nyala sampe sekarang solusi gimana ya?tipe samsung star plus sangat butuh pencerahannnn…
    Itu sebetulnya bisa di benerin apa enggak ya?soal kalo di cas masih ada panas2 nya gtu tpi gak nyala hp nya

  26. solusinya cuma diflash ulang mas.
    bawa ke service centernya aja, atau pelajari cara flash di internet.

  27. maaf om mau tanya ?
    untuk hp android cryus chat T2017 gmna klo lupa kunci ?
    ane udah pake cara digit 3 jadi gak bisa ? gmana ya om ?

  28. Sob mau nanya klow masuk recopery mode tapi gagal ada tulisan TIDAK ADA PERINTAH di logo android itu kenapa ya mohon bantuannya

  29. Mau tanya hh sya kn galaxy star
    Trus saya udah pasang cwm
    Masalahnya tiap mau instal su zip ada tulisan “verification signature failed” dan gagal terus
    Tapi cwm nya kok beda disini ada :
    Reboo,aplly update adb , apply update ext, wipe data, wipe factory, sama aply update chace
    Apa yag harus sya lakukan agar bisa instal su zipnya ????? TOLONG.

  30. coba matikan, cabut baterai beberapa menit, kemudian masuk ke cwm-nya lagi.. cari instal zip – zip from sd card, cari SU-nya terus instal.
    selama ini cukup gitu dan belum ada masalah, kecuali cwm-nya gagal instal

  31. mz,oppo joy saya udah di root,tp semenjak pertama beli hp itu,saya instal cwm recovery pake mobile uncle selalu error ketika masuk recovery mode,pas pencet tombol power+vol down muncul tulisan recovery mode sebelah pojok kiri bawah setelah itu cuma ada garis garis sekejap lalu hanya nyala lampu layar saja.apa solusinya,thanks y.

  32. Bang hh ane cross a7s setiapa mau masuk ke menu cwm gak pernah bisa kenapa ya padahal udah ikutin cara yang di atas

  33. coba tekan, tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan.
    kalo gagal, coba Volume Up + HOME + Power

  34. mau nanya cara utk memperbaiki semua sistem yg berhenti terus dan gg bisa dicopot pemasangannya itu gimana trs masang aplikasi gg bisa ….?

  35. Mas hp saya advan star note s55, kmrn muncul tulisan system ui has stopped. Jd semua menu di hp gk bisa ditekan. Akhirnya cari di google cara factory reset, tp kok gk ada yg berhasil. Semua kombinasi sdh saya coba, yg ada hp hidup tp gk bisa dipakai apa-apa. Mohon bantuannya ya…

  36. Hp ku nggak bisa-bisa . awalnya pas mau ganti password,baru mo klik ok aku pencet back. truz ada tulisan popping up ngasi tau kalo program pengganti password androidnya gak respon. pas idupin hp lagi ,nyoba masukkin password ga bisa. padahal gak diganti. aku dah nyoba macem-mqcem cara pun nihil. yg reboot itu ga bs jg,udah mencet semua tombol dia malah ngerestart… gimana ya caranya kak?
    hp: samsung galaxy young

  37. ass,,kang hp saya galaxy note 3 n9006

    masalahya,hh suka download aplikasi sndiri,tidak bisa kmbli ke stelan pabrik,dn tidak bisa masuk recovery mode,uda pketombol,pke aplikasi juga g bisa,,mau d flash,susah masuk download modenya,,tolong bntuannya kang ,terima kasioh

  38. ass,,kang hp saya galaxy note 3 n9006

    masalahya,hh suka download aplikasi sndiri,tidak bisa kmbli ke stelan pabrik,dn tidak bisa masuk recovery mode,uda pketombol,pke aplikasi juga g bisa,,mau d flash,susah masuk download modenya,,tolong bntuannya kang ,terima kasih

  39. Mas ko hape andromax c2 saya pas buka recovery mode cuma keluar tulisan
    “Downloading file”
    Solusinya yahh

  40. Mas mohon pencerahannya kok hp saya buat music ,terima telfone,menelfon g ada suaranya tapi untuk mendengarkan radio bisa itu kenapa y mas moho bantuannya mas

  41. mas, tablet sy acer, terkunci karena lupa pola, minta akun gmailnya udh inget, tapi tab sy iconia a500 jd ga punya simcard, tpi pake minimodem gtu, nah mslhnya wifi di tab nya gabisa dinyalain, gabisa ke setting soalnya udh bener* stuck di permintaan verifikasi akun gmail itu. mau di recovery juga gatau kalo punya acer kyk gimana caranya, saya udh coba kyk yg lain tpi gabisa mas. tolong dibantu ya..

  42. Saya pake evercoss one x, pas masuk menu recovery mode muncul gambar Android tiduran dan tulisan tidak ada perintah. Y itu2 aja, gmn ni mas mohon bantuannya, mksi

  43. om punya ane udah saya root, tpi kalau di cek hp saya belum di root, gimana cara mengatasinya om.?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Game Strategi Galactic Civilization III Siap Meluncur Bulan Depan

Next Story

XL Luncurkan Sisternet, Layanan yang Dikhususkan untuk Perempuan

Latest from Blog

Don't Miss

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Mobile photography adalah salah satu skill penting yang perlu dikuasai
Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Bagi yang tertarik dan penasaran bagaimana pengalaman menggunakan smartphone foldable,