29 July 2022

by Glenn Kaonang

Fokus Edukasi Publik Tentang Web3, Solana Buka Toko Ritel Fisik di New York

Dinamai Solana Spaces, toko ritel fisik ini menawarkan berbagai pengalaman menarik utamanya bagi pengunjung yang belum mengenal dunia Web3 sama sekali

Perlahan tapi pasti, Web3 terus menginvasi kultur mainstream. Belakangan ini, beberapa brand Web3 malah menunjukkan kalau mereka pun sebenarnya juga bisa memiliki eksistensi fisik, seperti misalnya restoran cepat saji bertema Bored Ape Yacht Club yang dibuka di Amerika Serikat beberapa bulan lalu. Yang terbaru, kini giliran blockchainSolana yang ingin menyambut publik di dunia nyata.

Salah satu blockchain dengan perkembangan terpesat itu baru saja membuka toko ritel fisik di sebuah pusat perbelanjaan elit di kota New York. Dinamai Solana Spaces, tempat tersebut ditujukan untuk menjadi wadah berkumpulnya komunitas, serta utamanya untuk mengedukasi publik mengenai Web3.

Di Solana Spaces, para pengunjung akan dipandu dalam berbagai pengalaman yang berkaitan dengan dunia Web3, mulai dari cara membuat akun Phantom, crypto wallet terpopuler di ekosistem Solana, sampai tutorial untuk platform-platform seperti Orca, Solana Pay, Metaplex, Magic Eden, maupun aplikasi move-to-earn yang tengah naik daun, STEPN.

Di tempat itu juga pengunjung bisa melihat langsung Solana Saga, smartphone unik yang dirancang untuk memaksimalkan potensi ekosistem Web3 di ranah mobile, yang rencananya akan dipasarkan mulai awal tahun depan. Selebihnya, pengunjung dapat mencuci mata di hadapan galeri NFT interaktif, maupun sebuah instalasi yang menampilkan aktivitas di blockchain Solana secara real-time.

Melengkapi itu semua adalah toko merchandise dengan sederet pernak-pernik menarik, termasuk yang merupakan hasil kolaborasi Solana dengan sejumlah brand luar. Tentu saja, toko merchandise ini merupakan spot terbaik untuk mendemonstrasikan kemudahan membayar menggunakan Solana Pay, dan pengunjung pun berhak mendapatkan potongan harga spesial jika memakai layanan tersebut.

Berdasarkan laporan Cointelegraph, Solana berharap bisa mendatangkan sekitar 50 ribu sampai 100 ribu orang ke ekosistemnya setiap bulan melalui inisiatif Solana Spaces. Ke depannya, Solana juga berniat membuka toko fisik di sejumlah lokasi lain di Amerika Serikat.

Dibandingkan Ethereum, Solana memang masih kalah populer. Namun dalam setahun terakhir ini Solana terus menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Baru-baru ini, marketplace NFT OpenSea resmi menghadirkan launchpad Solana, menandai keseriusannya menyambut ekosistem NFT Solana yang terus bertumbuh secara signifikan.

Sumber: PR Newswire via Decrypt.