28 October 2020

by Glenn Kaonang

Cuma $179, Amazfit GTR 2 dan GTS 2 Tawarkan Fitur-Fitur ala Smartwatch Premium

Dari layar AMOLED yang always-on sampai SpO2 tracking

Dalam beberapa tahun terakhir, Huami terus membangun reputasinya sebagai produsen perangkat wearable yang bermutu sekaligus berharga terjangkau. Branding yang dipakainya, Amazfit, kerap kali muncul dalam daftar smartwatch atau fitness tracker yang direkomendasikan berkat keseimbangan antara fitur dan harga yang ditawarkan.

Prinsip yang sama kembali Huami terapkan pada duo smartwatch terbarunya, Amazfit GTR 2 dan GTS 2. Keduanya sama-sama mengusung fitur yang biasa kita jumpai pada smartwatch premium, macam layar AMOLED always-on misalnya. Sebagai perbandingan, Apple Watch SE yang baru diluncurkan harus mengorbankan fitur ini demi menekan harga jualnya.

Masih seputar layar, GTR 2 mengemas layar membulat dengan dimensi 1,39 inci, sedangkan GTS 2 punya layar mengotak yang berukuran lebih besar di angka 1,65 inci. Keduanya sama-sama cukup terang dengan tingkat kecerahan maksimum hingga 450 nit. Perihal ketahanan air, kedua smartwatch ini diklaim tahan sampai kedalaman 50 meter.

Beralih ke fitur, kedua smartwatch ini sama-sama dibekali kapabilitas yang cukup lengkap. Di samping sensor laju jantung yang bekerja secara nonstop, keduanya turut dilengkapi fitur untuk memantau kadar oksigen dalam darah alias SpO2. Mungkin Anda masih ingat, SpO2 tracking ini adalah fitur yang paling diunggulkan oleh Apple Watch Series 6.

Sleep tracking juga merupakan fitur standar pada GTR 2 dan GTS 2, demikian pula kemampuan untuk memantau tingkat stres pengguna. GPS dan GLONASS turut hadir pada kedua perangkat, sehingga kegiatan seperti berlari atau bersepeda dapat dimonitor tanpa harus mengandalkan bantuan smartphone. Secara total, ada 12 mode tracking olahraga yang tersedia.

Amazfit GTS 2 / Huami

Satu fitur unik milik kedua smartwatch ini adalah yang Huami sebut dengan istilah Personal Activity Intelligence Health Assessment System, atau biasa disingkat PAI. PAI pada dasarnya adalah skor yang dikalkulasikan berdasarkan data kesehatan yang perangkat rekam, yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk mengindikasikan seberapa banyak aktivitas fisik yang pengguna perlu lakukan setiap harinya agar tetap bugar.

Huami tidak lupa membekali GTR 2 dan GTS 2 dengan mikrofon beserta speaker, yang artinya perangkat bisa digunakan untuk menerima panggilan telepon. Penyimpanan internal sebesar 3 GB-nya juga dapat dipakai untuk menyimpan sekitar 600 lagu sehingga bisa didengarkan secara offline.

Sejauh ini mungkin kita berpikir yang berbeda dari kedua smartwatch ini hanyalah desainnya saja, tapi rupanya daya tahan baterai kedua perangkat juga punya selisih yang cukup jauh: GTR 2 hingga 14 hari pemakaian normal, sedangkan GTS 2 'sampai' 7 hari saja.

Bagian terbaiknya, semua itu ditawarkan seharga $179 saja, baik untuk GTR 2 maupun GTS 2, alias selisih $100 dari banderol Apple Watch SE. Rencananya, Amazfit GTR 2 dan GTS 2 akan lebih dulu menyambangi Amerika Serikat pada awal November sebelum merambah negara-negara lain.

Sumber: Wareable.