Smartphone Xiaomi 12 Lite, SmartBand 7, dan Air Purifier 4 Compact Hadir di Indonesia

Xiaomi meluncurkan smartphone Xiaomi 12 Lite, Smart band 7, serta Air Purifier 4 Compact yang siap dibeli oleh konsumen Indonesia

Xiaomi kembali meluncurkan beberapa perangkat barunya di Indonesia. Sebelum peluncuran, saya diundang oleh Xiaomi untuk menonton bareng acara peluncurannya yang diadakan pada kantor mereka di Pacific Place Jakarta pada tanggal 19 Juli 2022. Ada 3 perangkat yang diperkenalkan pada acara kali ini. Ketiganya adalah Xiaomi 12 Lite, Xiaomi Smartband 7, dan Xiaomi Air Purifier 4 Compact.

Marketing Director Xiaomi Indonesia, Vanessa Tan menyatakan, “Xiaomi 12 Lite 5G diciptakan khusus bagi mereka yang menginginkan teknologi flagship dalam balutan smartphone yang ultra slim dan ringan untuk memastikan mereka dapat menjadi yang terdepan dalam tren. Xiaomi 12 Lite 5G lebih dari sekedar alat komunikasi, namun juga menyatu dengan tren, layaknya aksesoris yang dapat meningkatkan rasa percaya diri penggunanya, dan tentunya juga sebagai penunjang produktivitas, maupun eksistensi melalui kehadiran studio-level camera yang mempesona.”

Xiaomi 12 Lite datang dengan memakai Snapdragon 778G sebagai dapur pacunya. Dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB, perangkat yang satu ini menggunakan baterai dengan kapasitas 4300 mAh dan pengisian 67 watt. Xiaomi 12 Lite 5G memiliki 6.55” AMOLED display dengan teknologi HDR10+ dan Dolby Vision serta Dolby Atmos untuk audio. Layar ini juga sudah mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling 240 Hz.

Smartphone ini memiliki ketebalan hanya 7.29mm dan berat 173 gram. Ketebalan tersebut tentu belum termasuk modul kamera 108 MP yang menggunakan sensor ISOCELL HM2 yang berada di belakang. Perangkat ini juga memiliki eye tracking focus untuk membaca dengan akurat posisi mata dan wajah. Bagian depannya memiliki kamera 32 MP auto fokus yang ditemani dengan 2 LED flash yang dinamakan Xiaomi Selfie Glow.

Produk ke 2 yang diperkenalkan kali ini adalah Xiaomi Smart Air Purifier 4 Compact yang memang memiliki dimensi yang kecil. Pemurni udara kecil ini mampu menyaring partikel berukuran hingga 0,3 mikron dan memiliki sertifikasi TÜV Rheinland “Allergy Care”. Hal ini berarti Xiaomi Smart Air Purifier 4 Compact mampu menangkap serbuk sari, bulu hewan peliharaan, maupun berbagai alergen. Perangkat ini nantinya akan terhubung dengan Mi Home App dan bisa dihubungkan dengan Google Assistant serta Amazon Alexa.

Terakhir adalah Xiaomi Smart Band 7 yang memiliki sertifikasi 5 ATM. Gelang tangan pintar ini hadir dengan layar AMOLED yang lebih besar, yaitu 1,62" dengan 326 PPI. Xiaomi Smart Band 7 hadir dengan fitur baru seperti 110 mode sport, analisa VO2max, sleep monitoring, all-day SpO2 dan heart rate monitoring. Baterainya sendiri bisa bertahan selama 14 hari serta bisa terhubung dengan Mi Fitness App yang menyimpan segala informasi mengenai kegiatan olah raga penggunanya.

Xiaomi 12 Lite dijual dengan harga Rp. 5.799.000 dan hanya memiliki 1 varian saja. Untuk Xiaomi Smart Air Purifier 4 Compact, harganya adalah Rp. 1.199.000. Untuk Xiaomi Smart Band 7, dijual dengan harga resmi Rp. 699.000 dengan diskon Rp. 50.000 sebagai harga perkenalan.

Gaya kepemimpinan Wentao

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa konsumen di Indonesia menyukai gaya kepemimpinan dari Alvin Tse. Hal tersebut dikarenakan Alvin langsung terjun ke banyak komunitas secara online dan menjawab semua pertanyaan mengenai Xiaomi. Sepeninggalan Alvin, konsumen pun bertanya apakah mereka bakal mendapatkan perlakuan yang sama dengan Country Manager Xiaomi Indonesia yang baru, yaitu Wentao Zhao. Hal inilah yang saya tanyakan pada saat sesi tanya jawab.

Wentao mengatakan bahwa siapa pun yang akan menjadi pemimpin di Xiaomi Indonesia akan meneruskan budaya dan misi dari Xiaomi. Hal terpenting bagi Xiaomi Indonesia adalah mereka harus mendengarkan konsumen mereka. Wentao mengapresiasi bahwa Alvin memang melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk bergabung ke beberapa grup untuk mendapatkan feedback dan meningkatkan pengalaman para pengguna Xiaomi.

Wentao tentu saja akan meneruskan budaya Xiaomi yang seperti ini. Sambil belajar, Wentao juga sudah membuka hampir semua akun media sosial dan mengatakan bisa dihubungi melalui platform tersebut. Wentao juga bakal membaca semua feedback yang datang dari konsumen agar bisa mendapatkan saran dan tanggapan yang bagus untuk produk serta penjualan mereka.

Walaupun mungkin caranya tidak akan sama dengan sebelumnya, Wentao mengatakan bahwa mereka akan bekerja bersama dalam sebuah tim. Oleh karena itu, sekali lagi Wentao tidak akan mengubah cara tersebut karena bakal terus mendengarkan para pelanggan Xiaomi.