Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Mau Buat Smart Gaming Room Sendiri?

7 December 2020Yabes Elia

Inilah sejumlah perabot rumah tangga canggih yang bisa Anda gunakan untuk membuat smart gaming room Anda sendiri.

Siapakah gamer yang tidak pernah bermimpi ingin memiliki kamar gaming pribadi? Meski demikian, sekarang sudah 2020. Konektivitas dan kecanggihan teknologi sudah memungkinkan kita memiliki rumah atau kamar yang tak kalah canggih.

Maka dari itu, target gamer yang ideal sekarang tentunya sudah tidak hanya soal bagaimana memiliki kamar gaming semata namun bagaimana membuat kamar gaming yang tak kalah canggih dengan berbagai perangkat yang kita miliki.

Inilah sejumlah perabot rumah tangga canggih yang bisa Anda gunakan untuk membuat smart gaming room Anda sendiri. Berhubung artikel ini adalah soal gaming room, saya tidak akan memasukkan mesin gaming ataupun hal-hal obvious lainnya di sini. Tanpa mesin gaming, PC, console, ataupun mesin arcade, tidak bisa juga kamar itu disebut kamar gaming.

Tanpa basa-basi lagi, inilah sejumlah perabot canggih untuk membuat smart gaming room Anda sendiri.

 

Smart Bulb (9W atau 12W)

Bola lampu memang kelihatannya sederhana namun bola lampu pintar memiliki banyak keunggulan dibanding yang biasa.

Semua hal yang berbau ‘gaming’ belum lengkap tanpa lampu-lampu RGB. Setidaknya tren itulah yang coba digalakkan oleh semua brand jeroan ataupun peripheral gaming selama satu dasawarsa terakhir.

Terlepas dari apakah Anda penyuka ataupun pembenci RGB di PC, lampu RGB di kamar gaming Anda akan membuat atmosfir kamar bisa berubah sesuai dengan game ataupun mood Anda. Misalnya, saat Anda sedang mellow dan ingin meluapkan kesedihan karena gebetan Anda tak pernah membalas pesan sembari bermain.

Smart Bulb, baik yang 9W ataupun 12W besutan Bardi bisa dinyalakan, dimatikan, diubah warna ataupun tingkat kecerahannya melalui aplikasi. Bola lampu yang 9W dapat menawarkan kecerahan sampai 900 lumens. Sedangkan yang 12W bisa menyuguhkan kecerahan sampai 1110 lumens.

 

LED Strip + Adapter (1A atau 4A)

Masih seputar RGB, LED Strip juga bisa Anda gunakan untuk menambah kemeriahan smart gaming room Anda. Misalnya, Anda ingin menempelkannya di sepanjang sisi meja.

Bardi juga memiliki LED strip sepanjang 2 meter yang bisa dikendalikan dengan adapter yang dijual terpisah. Kombinasi warna yang dihasilkan bisa mencapai 16 juta warna. Untuk adapternya, ada dua pilihan yang bisa digunakan. Adapter 1A bisa digunakan untuk LED strip hingga sepanjang 4 meter. Sedangkan yang 4A bisa digunakan untuk LED strip sampai sepanjang 10 meter.

 

Extension Power Strip

Setup PC gaming saya di rumah membutuhkan setidaknya 10 colokan listrik, mulai dari kabel ke PSU, 2 monitor, router, printer, dan kawan-kawannya. Belum lagi, karena saya harus bisa menjangkau 2 ponsel saya dengan cepat, saya juga harus menyediakan 2 tambahan colokan listrik untuk charger ponsel-ponsel tadi.

Satu hal yang pasti, kita harus menyediakan extension untuk berbagai macam colokan listrik. Makanya, ada baiknya juga jika Anda menggunakan extension yang pintar yang bisa dikendalikan lewat aplikasi di ponsel seperti yang ditawarkan oleh Bardi.

Selain menawarkan 4 soket 220V (max 10A), extension power strip dari Bardi juga menyuguhkan dengan 3 soket USB 5V (2.1A). Jadi, Anda tak perlu khawatir saat ingin langsung menyolokkan charger USB tanpa adaptornya.

 

IP Camera

Buat yang belum tahu apa itu IP Camera, perangkat ini adalah kamera yang dapat merekam video yang biasanya digunakan untuk security camera namun menggunakan koneksi internet.

Selain berguna untuk mengawasi PC kesayangan, seperti misalnya buat yang punya pacar super posesif yang merasa cemburu dengan permaisuri Anda yang bisa menawarkan kenikmatan 140fps di 1440p, IP camera di kamar gaming bisa juga digunakan untuk menunjukkan sudut pandang berbeda saat Anda streaming.

Ada dua IP camera dari Bardi yang cocok digunakan di dalam ruangan. IP Camera IDR – IPC – STC dan IPCam Indoor PTZ. Keduanya sama-sama canggih karena menawarkan resolusi sampai dengan 1080p, slot SD card sampai dengan 128GB, dan fitur night vision. Namun, saya pribadi, saya lebih suka yang seri PTZ karena bentuknya yang tak hanya imut namun juga futuristis.

 

Door Lock DL – WF – IP54

Kunci pintu juga mungkin kedengarannya sederhana. Namun begitu, kunci pintu yang canggih bisa menyuguhkan berbagai fitur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan yang jauh lebih baik.

Smart lock dari Bardi, misalnya, menyuguhkan 5 cara yang bisa digunakan untuk membuka kunci. Kelima cara tersebut adalah:

  • RFID
  • sidik jari
  • password
  • aplikasi Bardi
  • kunci manual

 

Robot Vacuum Camera

Jika Anda sama seperti saya, waktu Anda terlalu berharga untuk bersih-bersih kamar karena Anda harus menyelamatkan dunia dan mengumpulkan loot terbaik hasil grinding. Namun demikian, bukan berarti kebersihan kamar juga bisa dikorbankan karena kamar yang banyak debu juga tidak baik untuk kesehatan istri… eh PC kesayangan.

Maka dari itu, biarkan robot yang mengambil tugas bersih-bersih rumah. Robot vacuum dari Bardi ini super canggih karena memiliki berbagai macam mode pengoperasian, bahkan juga bisa dikendalikan dengan remote kontrol. Jadi, Anda juga bisa menjadikannya sebagai mobil-mobilan remote kontrol — kalau perlu beli 4 buat balapan bersama kawan-kawan Anda.

 

IR Remote

Satu produk lagi yang menurut saya wajib ada di daftar ini adalah remote control Infrared (IR) universal. Remote perangkat Anda itu bisa menghilang dengan cepat saat dibutuhkan — mirip kawan Anda yang berhutang. Jika Anda punya satu remote untuk setiap perabot rumah, mungkin Anda bisa menghabiskan terlalu banyak waktu mencari remote tersebut satu per satu saat mereka sedang bermain petak umpet.

Dengan IR Remote yang universal, Anda tak perlu lagi khawatir dengan terlalu banyak perangkat yang punya remote masing-masing. Dengan begitu, selain Anda tak perlu lagi membuang waktu mencari remote yang sedang bersembunyi, Anda bisa mengurangi tekanan darah saat mereka menghilang — Anda bisa lebih fokus meningkatkan tekanan darah dengan losing streak saat grinding rank.

 

Itu tadi sejumlah perangkat yang bisa Anda bawa pulang untuk membuat smart gaming room atau bahkan smart home Anda sendiri. Tentunya, tidak hanya produk-produk yang ada di artikel ini saja yang bisa Anda gunakan. Jika Anda punya binatang peliharaan misalnya, Bardi juga punya Pet Feeder canggih yang bisa digunakan.

Satu hal yang pasti, buat Anda yang ingin membuat kamar atau rumah yang lebih pintar, Anda bisa mengunjungi situs resmi Bardi untuk mencari produk-produk canggih apa saja yang bisa digunakan.

Artikel ini disponsori oleh Bardi. Feat Image: Fox Mamba via Pinterest