Esports Ecosystem

SK Gaming Perpanjang Kerja Sama Dengan EPOS Gaming Audio Peripheral

01 Apr 2020 | Akbar Priono
Merupakan tahun ketiga dari kerja sama dua entitas ini, SK Gaming melanjutkan rekanan mereka dengan perusahaan audio asal Denmark, EPOS.

Bagi Anda penggemar esports CS:GO, nama SK Gaming tentu sudah tidak terdengar asing lagi. Tim asal Jerman yang berdiri sejak 1997 ini sempat menjadi rumah bagi nama nama besar di kancah CS:GO seperti Marcelo David (Coldzera), Gabriel Toledo (Fallen), ataupun Jacky Yip (Stewie2k). Sebagai salah satu nama besar di kancah CS:GO, tak heran jika tim yang satu ini mendapat perhatian, termasuk dari para sponsor.

Pada akhir 2019 sampai awal 2020 ini, SK Gaming mendapat beberapa perhatian sponsor. Contohnya seperti Mercedes-Benz yang mensponsori tim asal Jerman ini. Selain itu ada juga Deutsche Telekom, perusahaan telko asal Jerman yang akuisisi 25 persen saham SK Gaming.

Setelah beberapa waktu lalu ada North Esports yang memperpanjang kerja sama dengan EPOS, kini SK Gaming menjadi tim esports berikutnya yang melakukan rekanan dengna perusahaan audio asal Denmark tersebut. EPOS (Enterprise Solutions and Gaming) merupakan penyedia produk audio, yang memiliki spesialisasi dalam membuat berbagai peripheral seperti headset maupun amplifier.

Ini merupakan tahun ketiga SK Gaming kerja sama dengan EPOS, mengutip rilis resmi yang diterbitkan SK Gaming, Alexander T Muller, CEO SK Gaming memberikan pendapatnya terkait hal ini. “Kami senang sekali dapat kembali memulai petualangan baru kami dengan EPOS dan dapat lanjut bekerja dengan tim luar biasa yang sudah kami kenal dekat beberapa tahun belakangan. Mereka telah dan akan terus memberikan solusi audio kelas tinggi bagi pemain kami di berbagai belahan dunia. Kami sangat senang sekali memiliki brand premium seperti EPOS bagi tim kami.

Lebih lanjut, Andreas Jessen Senior Director of Product Management dan Marketing, Gaming, EPOS juga memberikan pendapatnya. “Kami sangat gembira bisa melanjutkan kerja sama jangka panjang dengan SK Gaming, dan mendukung usaha kompetitif yang mereka lakukan di berbagai belahan dunia. Rekanan esports ini memberikan kami kesempatan untuk bergabung dengan tim esports ternama di dunia, dan memungkinkan mereka untuk meningkatkan pengalaman bermain mereka ke tingkatan baru. SK Gaming telah meninggalkan warisan yang luar biasa di dunia esports, dan kami sangat berbahagia untuk sekali lagi bekerja sama dengan mereka.”

EPOS sendiri merupakan perusahaan yang terbentuk hasil dari kerja sama antara perusahaan Demant A/S, perusahaan asal Denmark yang bergerak di bidang penyediaan alat bantu dengar, dengan salah satu raksasa bisnis audio asal Jerman, Sennheiser. Mereka berdua bekerja sama untuk membuat headset khusus studio dan gaming headset.

Sumber: SK Gaming
Roster lama SK Gaming untuk CS:GO, Felps sendiri saat ini bermain bersama dengan organisasi esports asal Indonesia yaitu BOOM Esports. Sumber: SK Gaming

Mengutip dari Esports Observer, EPOS pada akhirnya melepaskan diri dari hubungan tersebut dan hadir sebagai brand mandiri. Sebagai gantinya, EPOS akan melakukan manufaktur dan menjual produk Sennheiser untuk kebutuhan solusi enterprise dan gaming dengan co-branded sebagai EPOS | SENNHEISER, sementara EPOS mempersiapkan portfolio produk mereka sendiri.

Lewat kerja sama ini kita akan melihat SK Gaming menggunakan produk EPOS | SENNHEISER saat melakukan sesi streaming dan turnamen yang akan datang. Logo EPOS juga akan muncul pada jersey resmi SK Gaming di tahun 2020 mendatang.