5 February 2022

by Sean Edbert

Penambang Kripto Sebut Sistem Limiter Mining GPU "LHR" Milik NVIDIA Tidak Berguna

Sistem Lite Hash Rate ini tidak menghentikan para miner cyptocurrency untuk memborong GPU NVIDIA.

Rebutan GPU antara para PC gamer dan miner mata uang digital masih saja berlanjut. Seperti yang kita ketahui, stok GPU yang masih belum membaik mengakibatkan harganya kian melambung. Hal ini terjadi bukan hanya karena chip silicon (bahan baku GPU) yang menjadi langka, GPU-GPU di pasaran juga diborong oleh para miner untuk menambang cryptocurrency.

Menanggapi hal tersebut, beberapa waktu lalu NVIDIA merilis ulang GPU RTX 3000-series mereka dengan dilengkapi sistem limiter performa mining bernama LHR (Lite Hash Rate). Tidak butuh waktu lama, para miner berhasil menembus sistem tersebut dan menaikkan performa GPU dengan LHR ini hingga 70%.

Image credit: NiceHash

Namun, apakah sistem LHR ini berhasil menghentikan para miner untuk memborong GPU besutan NVIDIA? Kenyataannya, para penambang cryptocurrency tidak peduli dengan sistem LHR ini. Bahkan, menurut PCMag, komunitas mining bernama NiceHash mengungkap bahwa LHR sama sekali tidak mempengaruhi penambang dalam membeli GPU.

Salah satu miner bernama Blake Teeter merasa bahwa LHR tidak berguna. Bahkan, dari 95 GPU yang Ia miliki untuk menambang, 20 di antaranya merupakan GPU LHR. "Ya, saya merasa LHR tidak ada gunanya," ungkap Blake Teeter.

Penambang mata uang digital lainnya, Tim Tarshis, memiliki hampir 30 GPU GeForce RTX 3060 LHR. Tim mengatakan bahwa Ia membeli GPU tersebut karena saat itu stoknya sedang banyak. Sistem LHR yang dimiliki oleh RTX 3060 ini langsung dibobol oleh Tim dan berhasil meningkatkan performa mining-nya hingga 70-74%. Menurut Tim, teknologi pembatas performa mining besutan NVIDIA ini tidak mencegah miner untuk memborong GPU.

Image Credit: ASUS ROG

Dari sudut pandang lain, ada seorang miner bernama Sev yang juga menambang menggunakan GPU LHR. Mengingat sistem LHR hanya membatasi performa penambangan mata uang Ethereum, Sev memutuskan untuk menambang cryptocurrency lain.

"Sejujurnya, menambang dengan GPU LHR dibandingkan non-LHR tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Pada titik ini, terdapat koin yang bahkan lebih baik untuk ditambang daripada ETH (Ethereum) dalam tujuan penghasilan bulanan," ucap Sev.

Ini memang bukan kabar yang baik untuk dunia PC gaming. Apalagi harga CPU dan GPU diprediksi akan semakin mahal di tahun 2022 ini. Yak... Sepertinya rencana upgrade GPU saya akan semakin tertunda wkwkwk...

Feat image credit: Shutterstock