Dark
Light

Siap-siap: Tampilan Baru dari Flickr

1 min read
June 24, 2010

Flickr sedang bersiap untuk meluncurkan tampilan Photo Page baru bagi layanan mereka. Perubahan ini, seperti yang Flickr umumkan lewat blog mereka, akan memberikan pengalaman baru bagi pengguna Flickr, termasuk pengalaman untuk melihat foto, membagikan kepada relasi serta pengaturan beberapa keterangan foto dengan cara yang baru.

Fitur ini akan bisa dinikmati oleh pengguna secara luas dalam beberapa minggu kedepan, tetapi Flickr menyediakan pilihan opt-in jika anda ingin mencoba fitur baru dari Flickr ini sekarang.

Beberapa kelebihan yang ada dari penampilan baru Flickr ini antara lain, tampilan foto yang lebih besar ketika anda masuk pertama kali di fitur photostream, penambahan keterangan lokasi dimana foto itu dibuat lengkap dengan tampilan peta, termasuk keterangan tentang siapa yang membuat foto tersebut dan keterangan teknis kamera serta statistik tentang jumlah view foto tersebut.

Lalu pilihan untuk melakukan tag, yang bisa memberi keterangan tambahan dari sebuah foto, kini lebih mudah untuk ditemukan, lalu fitur favorite photo yang berupa ikon bintang, kini akan muncul di area yang sama dengan komentar sehingga menjadi bagian dari percakapan atau area komentar.


Dan dua fitur lain yang sepertinya akan menjadi fitur favorit saya, tab ‘actions’ serta fitur yang berhubungan dengan view photo. Di tab ‘actions’ akan terdapat banyak pilihan fitur yang bisa diakses dalam satu drop down menu, termasuk pilihan untuk melakukan tag, rotate photo, tampilan slideshow, penambahan keterangan judul, deskripsi foto serta pilihan untuk edit foto menggunakan aplikasi Picnic (editor foto via web yang telah diakuisisi Google).

Lalu fasilitas zoom dan view photo yang kini lebih lengkap, anda bisa menggeser foto langsung di area Photostream utama, ada pilihan untuk bergeser untuk melihat foto terbaru atau koleksi lama. Serta terdapat pula ikon kaca pembesar, yang jika di klik maka akan muncul layer baru dengan latar hitam yang akan membuat kita fokus untuk ‘jalan-‘jalan’ atas koleksi foto yang sedang kita lihat, termasuk juga ada pilihan perbesar ukuran, dan slideshow.

Mungkin akan terdengar sedikit bias, karena saya juga merupakan pengguna Flickr, tapi saya harus bilang tampilan baru ini keren! Sebetulnya saya sempat punya keraguan tentang berbagai layanan yang dikeluarkan Yahoo!, tentu masih ingat berbagai layanan yang diakuisisi Yahoo! dan akhirnya ditutup, atau founder-nya keluar, saya curiga Flickr juga akan mengahadapi hal yang sama, namun, meskipun founder Flickr keluar tapi dengan berbagai perkembangan yang terjadi, termasuk integrasi Facebook beberapa waktu yang lalu, serta jumlah pengguna yang cukup banyak, sepertinya Flickr tetap akan menjadi ‘anak emas’ dari Yahoo!

Untuk pengguna Flickr yang tertarik mencoba, bisa masuk pada halaman bantuan di sini, dan cari topik opt-in, termasuk juga pilihan opt-out jika anda ingin masuk ke tampilan lama. Bagi yang sudah mencoba, mari share pengalaman anda di kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

7 Comments

  1. wah, sudah lama juga tdk buka flickr, serelah baca postingan ini, jadi pengin buka flickr saya lagi..
    makasih info terbarunya..siip

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Twitter Permudah Cara untuk Follow Teman Facebook Anda

Next Story

HootSuite 5 Hadir Dengan User Interface HTML5 dan berbagai Fitur Baru

Latest from Blog

Don't Miss

HubSehat Launches Second Opinion Feature, Providing In-Depth Diagnosis

HubSehat, one of the healthtech startups in Indonesia has launched
Fitur Second Opinion HubSehat

HubSehat Luncurkan Fitur “Second Opinion”, Mantapkan Pasien dengan Diagnosis Mendalam

HubSehat, salah satu startup healthtech di Indonesia meluncurkan fitur terbarunya “second opinion”.