Dark
Light

Siap-siap, Fitur Lokasi dari Facebook Rilis Bulan April

1 min read
March 11, 2010

Hampir tidak ada yang bisa menyangkal kalau fitur lokasi dibicarakan diberbagai tempat. Fitur ini juga diprediksi akan menjadi bintang di tahun 2010, aplikasi berbasis lokasi seperti Gowalla, dan Foursquare menjadi sorotan, bukan hanya para user dan pengamat, tapi juga bagi investor dan pengembang pihak ketiga.

Kini Facebook, salah satu social network besar dengan user sebanyak lebih dari 400 juta orang sedang bersiap untuk meluncurkan fitur location-based feature dalam waktu dekat, dikabarkan akan roll out bulan depan.

Menurut artikel yang ditulis di Bits Blogs Nytimes, feature ini akan fokus pada dua aspek, yang pertama berhubungan dengan penawaran jasa fitur berbasis lokasi ini yang bisa dinikmati user melalui situs Facebook secara langsung, jadi user bisa berbagi informasi yang berhubungan dengan lokasi dengan relasi mereka. Dan yang kedua memberikan peluang developer pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi mereka berdasarkan API Facebook.

Berita tentang fitur lokasi dari Facebook ini memang bukan barang baru, karena Facebook sendiri sudah mulai mengindikasikan adanya pengembangan yang berhubungan dengan fitur lokasi ini melalui pengumuman tentang privacy setting yang berhubungan dengan lokasi pada bulan Oktober lalu, seperti juga yang ditulis TechCrunch.

Fitur ini dikabarkan akan mulai rool out bulan April bertepatan dengan konferensi developer tahunan mereka f8. Artikel di NYT menggarisbawahi tentang peta persaingan Facebook dengan Google bukannya dengan Gowalla, atau Forsquare, seperti juga yang di highlight oleh beberapa blog lain seperti Mashable dan TechCrunch.

Fitur ini dikabarkan akan bersaing justru dengan Google Latitude yang telah mulai dikembangkan oleh Google tahun 2009. Facebook memang kini selalu dikait dengan Google jika membicarakan persaingan. Apalagi setelah kemunculan Google Buzz yang mengantisipasi peran social network yang kini semakin kuat, sedangkkan dipihak Facebook persaingan ini diantisipasi dengan kabar pengembangan dalam fitur search.

Tapi, selain dikabarkan akan bersaing dengan Google Latitude, saya sendiri justru tertarik dengan melihat bagaimana nantinya reaksi user Indonesia dengan fitur lokasi ini serta bagaimana para developer yang mengembangkan aplikasi berdasarkan API Facebook akan bersikap atas perkembangan ini. Lokasi yang mulai menjadi trend di negara maju seperti US sebenarnya sudah diantisipasi dengan beberapa startup seperti Koprol misalnya, didukung pula dengan menjamurnya ponsel di Indonesia, sebenarnya lokasi bisa menjadi salah satu pilihan cerdas bagi para startup mengembangkan aplikasi mereka.

Dan jika itu sudah mengenai Facebook maka, saya yakin user di sini akan terpengaruhi dan semakin aware atas fitur berbasis lokasi. Artinya jika Facebook sudah mengadopsi fitur ini, meskipun belum ada keterangan resmi tentang seperti apa bentuk aplikasi ini nantinya, maka edukasi pasar tentang aplikasi berbasis lokasi akan semakin gencar, di satu sisi ini bisa mejadi saingan dengan aplikasi startup lokal tapi di sisi lain, juga merupakan poin plus, minimal ketika ada social network besar seperti Facebook menawarkan fitur lokasi maka proses edukasi akan lebih masif.

Bagaimana dengan anda, apakah para pembaca DailySocial punya gambaran fitur lokasi dari Facebook ini akan seperti apa, atau anda punya pendapat lain, mari share pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Twitter Bebas Phishing!

Next Story

Kemana.com Meluncur April 2010

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut