9 February 2023

by Dimas Galih W.

Sharp Luncurkan Produk Dehumidifier, Bisa Keringkan Pakaian dan Bersihkan Udara

Sharp memperkenalkan perangkat dehumidifier berteknologi plasmacluster yang bisa berfungsi sebagai air purifier dan pengering pakaian

Tidak dipungkiri lagi bahwa Indonesia, khususnya Jakarta, berada dalam iklim tropis. Oleh karena itu, udara yang dirasakan akan panas dan yang pasti lembab. Dengan keadaan alam yang demikian, Sharp memperkenalkan 2 perangkat dehumidifiernya di Indonesia pada tanggal 8 Februari 2023 di The Observatory room Park Hyatt Jakarta. Keduanya adalah Sharp Dehumidifier tipe DW-E16FA-W dan tipe DW -D12A-W.

Sharp Dehumidifier tipe DW-E16FA-W memiliki cakupan area 38 m² dengan kapasitas tangki 3 liter dan tipe DW -D12A-W memiliki cakupan area 26 m² dengan kapasitas tangki 4 liter. Sharp Dehumidifier tipe DW-E16FA-W memiliki dimensi 360 x 260 x 565 mm dengan berat 12.2 kg dan konsumsi listrik 190 watt, sedangkan tipe DW-D12A-W memiliki dimensi 314 x 220 x 527 mm dengan berat 10 kg dan konsumsi listrik 160 watt.

Yudha Eka Putra, selaku Home Appliances Product Manager, PT Sharp Electronics Indonesia menjelaskan bahwa Sharp Dehumidifier akan bekerja secara otomatis menyesuaikan operasi kompresor dan kecepatan kipas untuk menjaga kelembapan yang stabil di dalam ruangan menghadirkan udara yang sehat dan nyaman. Saat perangkat dinyalakan, udara lembab memasuki port penghisapan udara, kemudian uap air di udara di dinginkan hingga mengembun menjadi tetesan air dan mengalir ke reservoir air. Ketika udara dingin dari cooler akan memanas, maka dari saluran udara akan keluar udara kering yang membantu mengurangi kelembapan.

Kedua perangkat ini juga hadir dengan teknologi Plasmacluster HD 7000, yang akan menekan pertumbuhan jamur, bakteri, virus, dan melenyapkan bau di udara. Selain itu, keduanya juga memakai filter HEPA 13 dan Deodorizing yang memiliki masa pakai 5 tahun. Oleh karena itu selain sebagai dehumidifier, kedua perangkat tersebut juga bisa digunakan sebagai air purifier. Kapasitas tangki air untuk menangkap kelembaban di udara hingga 4 liter.

Yang cukup menarik untuk saya pada kedua produk ini adalah fungsi pengering pakaian. Produk ini mampu menyedot sisa air pada pakaian sampai kering walaupun tidak terkena paparan sinar matahari. Hal tersebut juga didemonstrasikan pada saat acara berlangsung. Pakaian yang didekatkan dengan dehumidifier lebih cepat kering jika dibandingkan dengan sebuah kipas angin.

Sharp Dehumidifier tipe DW-D12A-W dijual dengan harga Rp. 3.599.000. Sedangkan DW-E16FA-W dengan kapasitas yang lebih besar dijual pada harga Rp. 4.299.000. perangkat tersebut dapat diperoleh di Sharp Official Store, seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Cocorolife.id, dan dealer toko offline.

Plasmacluster vs Covid-19

Sharp mengedepankan teknologi Plasmacluster yang digunakan di hampir semua produk mereka. Sharp juga mengklaim bahwa Plasmacluster mampu membunuh virus di udara hingga 99%. Namun, hingga saat ini belum ada yang benar-benar mengklaim bahwa teknologi ion mampu membunuh Covid 19 di udara. Apakah sama dengan Sharp?

Hal ini saya tanyakan kepada bapak Yudha pada saat sesi tanya jawab. Beliau mengatakan bahwa teknologi yang satu ini sudah diuji coba pada beberapa institusi, termasuk Universitas Indonesia. Yudha mengklaim bahwa teknologi Plasmacluster pada hasil penelitian di akhir 2022 sudah bisa menonaktifkan virus Covid. Bahkan hal tersebut hingga varian Omicron.

Hasil terakhir dari Nagasaki University menemukan bahwa Plasmacluster saat bersentuhan dengan Covid, dapat menurunkan jumlah titer virus Covid. Plasmacluster diklaim mampu menurunkan hingga 95% titer yang ada diudara. Hal ini diklaim oleh Yudha menandakan bahwa Plasmacluster efektif dalam melumpuhkan virus Covid secara teknologi.