Gaming News
for SEO
Gaming News

Setelah Sekian Lama, Waktu Loading GTA Online Akhirnya Bakal Dipersingkat

16 March 2021Glenn Kaonang

Hasil temuan seorang pemain akhirnya bakal diterapkan menjadi perbaikan resmi

Di akun Steam saya, tercatat saya telah menghabiskan sekitar 275 jam bermain Grand Theft Auto V sejak tahun 2015. 99% dari total waktu bermain itu saya habiskan untuk mode single player-nya, sebab saya hanya sempat memainkan mode multiplayer-nya, GTA Online, selama sekitar tiga jam sebelum akhirnya kapok dan tidak pernah menyentuhnya lagi.

Salah satu alasan yang membuat saya kapok adalah waktu loading yang luar biasa lama di GTA Online. Sudah lama, sering pula. Awalnya saya mengira ini perkara spesifikasi PC atau koneksi internet, tapi nyatanya pemain-pemain lain yang punya PC dengan spesifikasi yang lebih tinggi sekaligus koneksi internet yang lebih cepat dari saya pun juga tidak luput dari problem ini.

Usut punya usut, yang salah ternyata adalah game-nya itu sendiri. Belum lama ini, seorang pemain GTA Online yang juga coder bernama t0st menemukan cara untuk mengatasi problem tersebut. Lewat sebuah blog post yang sangat teknis dan mendetail, ia menjabarkan akar permasalahannya. Ia menemukan bahwa GTA Online hanya menggunakan CPU saja ketika loading berlangsung, dan lebih parahnya lagi, cuma satu thread saja yang diperkerjakan.

Sudah menunggu lama tapi ujung-ujungnya error adalah pemandangan biasa di GTA Online / Reddit
Sudah menunggu lama tapi ujung-ujungnya error adalah pemandangan biasa di GTA Online / Reddit

Selain menemukan penyebabnya, t0st rupanya juga berhasil menciptakan solusi sederhana yang sangat efektif. Dengan hanya menambahkan sejumlah kode yang menggantikan kode-kode asli di dalam game, ia berhasil memangkas waktu loading GTA Online hingga nyaris 70%. Saking sederhananya solusi yang diperlukan, t0st mengklaim seorang programmer Rockstar semestinya tidak butuh lebih dari satu hari untuk membenahinya.

Kabar baiknya, Rockstar cukup cepat merespon. Kepada PC Gamer, Rockstar mengonfirmasi bahwa apa yang t0st temukan itu akurat, dan mereka sedang menyiapkan bug fix yang akan dirilis bersamaan dengan update selanjutnya. Kapan update tersebut bakal tersedia masih tanda tanya, tapi semestinya Rockstar tidak akan menunda-nunda terlalu lama untuk perbaikan yang sangat vital semacam ini.

Buat t0st, riset yang bermula dari rasa penasaran ini pada akhirnya membuahkan berkah yang tidak terduga. Sebagai ucapan terima kasih, Rockstar menghadiahinya dengan uang sebesar $10.000 melalui program Bug Bounty. Program ini umumnya hanya melibatkan temuan-temuan seputar masalah keamanan atau privasi, tapi dalam kasus ini Rockstar memutuskan bahwa t0st berhak menjadi pengecualian.

Kalau update-nya sudah tersedia, mungkin itu bisa jadi alasan kuat bagi saya untuk menjajal kembali GTA Online.

Sumber: PC Gamer.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV