8 September 2022

by Lukman Azis

Apple Umumkan iPhone 14, iPhone Mini Diganti Model Plus

Hanya iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max yang mengusung desain layar notch baru, iPhone 14 dan 14 Plus masih pakai yang lama dan tidak kebagian chipset anyar Apple A16

Apple telah memperkenalkan iPhone 14 Series, mencakup iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Ya, tidak ada penerus iPhone 13 mini dan digantikan dengan model baru yakni iPhone 14 Plus. Sekarang mari fokus membahas iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, versi Pro dan Pro Max bakal dibahas di artikel terpisah.

Dua Ukuran Layar Sedang & Besar

Apple iPhone 14 datang dengan ukuran layar sedang 6,1 inci seperti pendahulunya. Tanpa penerus iPhone 13 mini, ia adalah pilihan iPhone 14 Series terkecil dan termurah. Sedangkan iPhone 14 Plus mengusung layar besar 6,7 inci yang lebih memuaskan untuk streaming film dan bermain game.

Ukuran layar ekstra pada iPhone 14 Plus memungkinkan Apple meningkatkan masa pakai baterai hingga 26 jam untuk menonton video, iPhone 14 di angka 20 jam. Ruang ekstra juga dimanfaatkan oleh Apple untuk meningkatkan sistem pendingin yang menghadirkan performa lebih konsisten.

Keduanya menampilkan Super Retina XDR display berteknologi OLED yang mendukung kecerahan puncak HDR 1.200 nits, rasio kontras 2.000.000:1, dan Dolby Vision. Mereka menampilkan desain aluminum, dilengkapi penutup depan Ceramic Shield yang lebih tahan lama, serta bodi tahan air dan debu dengan sertifikasi IP68.

Peningkatan Kamera

Apple iPhone 14 dan 14 Plus masih menggunakan konfigurasi dua kamera belakang, masing-masing 12 MP untuk kamera utama maupun ultrawide. Kamera utamanya ditingkatkan menggunakan sensor gambar lebih besar dengan ukuran piksel naik dari 1.7ยตm menjadi 1.9ยตm, aperture f/1.5 (naik dari f/1.6), dan dilengkapi sensor-shift OIS. Kombinasi tersebut memungkinkan menangkap cahaya 49% lebih banyak dibandingkan kamera iPhone 13.

Pasangan iPhone ini masih mengadopsi notch bergaya poni untuk menampung kamera TrueDepth 12 MP dengan aperture f/1.9 (naik dari f/2.2) dan sekarang punya autofocus untuk pertama kalinya. Kamera depannya ini mampu menangkap 38% lebih banyak cahaya.

Di sisi software, Apple melengkapi pemrosesan gambar canggih yang disebut Photonic Engine yang dibangun di atas Deep Fusion. Photonic Engine secara signifikan mampu meningkatkan foto cahaya rendah, 2x di kamera depan, 2x di ultrawide, dan 2,5x di kamera utama dibandingkan dengan iPhone 13.

Selain itu, Apple menghadirkan mode kamera baru Action Mode dengan stabilisasi lebih baik yang dapat menyesuaikan dengan goyangan, gerakan, dan getaran yang signifikan saat mengambil video di tengah aksi. Anda dapat menyimpan video pada resolusi maksimal 4K 60 fps dengan dukungan Dolby Vision HDR.

Ditenagai Chipset Apple A15 Dari Tahun Lalu

Sampai di iPhone 13 Series, mereka kompak mengusung desain yang sama dan ditenagai chipset yang sama pula. Sayangnya hal itu tidak terjadi lagi pada iPhone 14 Series, hanya iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max yang mengusung desain layar notch baru. Bukan hanya itu, iPhone 14 dan 14 Plus juga tidak kebagian chipset anyar Apple A16 dan masih menggunakan chipset Apple A15 dari tahun lalu.

Apple mengklaim bahwa performa iPhone 14 dan 14 Plus dengan iOS 16 tetap unggul daripada smartphone flagship Android. Mereka dibekali GPU 5-core yang sebelumnya ada di dalam iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max yang menawarkan peningkatan olah grafis 18% dibanding GPU 4-core pada iPhone 13.

Fitur Keamanan Emergency SOS Lewat Satelit

Pada iPhone 14 Series, Apple menghadirkan fitur keamanan baru Emergency SOS lewat satelit. Fitur satelit ini memerlukan perancangan hardware khusus yang sangat terintegrasi dengan software yang perlu dipesan lebih dulu sehingga memungkinkan antena terhubung langsung ke satelit.

Layanan Emergency SOS lewat satelit ini hanya berbentuk teks dan mendukung komunikasi dua arah. Pengguna dapat mengirim pesan dalam keadaan darurat meski di luar jangkauan sinyal seluler atau WiFi. Layanan keamanan ini baru akan diluncurkan pada bulan November di AS dan Kanada, gratis langganan selama dua tahun bagi pembeli iPhone 14.

Harga Apple iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Di wilayah Amerika Serikat, iPhone 14 dijual dengan harga mulai dari US$800 atau sekitar Rp11,9 jutaan. Sedangkan harga iPhone 14 Plus mulai dari US$900 atau Rp13,4 jutaan. Konfigurasi dasar memori yang tersedia adalah 128 GB, diikuti 256 GB, dan yang paling besar 512 GB dengan lima pilihan warna yaitu midnight, blue, starlight, purple, dan (PRODUCT) RED.

Sumber: Apple