4 November 2022

by Daniel Hamiaz

ION Mobility Luncurkan Sepeda Motor Listrik ION M1-S dengan Teknologi Cerdas

Selain berbagai fitur unggulan, ION Mobility juga telah bekerjasama dengan PLN untuk mengadakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang tersebar di penjuru DKI Jakarta

Pada Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022, ION Mobility baru saja memperkenalkan sepeda motor EV pintar perdananya, ION M1-S. Sepeda motor bertenaga listrik ini dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang mulus.

“Kami sangat senang dan bangga dapat mempersembahkan M1-S di IMOS 2022. Indonesia adalah pasar utama bagi kami dan kami telah mempersiapkan dengan baik untuk menghadirkan motor ini bagi pelanggan kami di Indonesia.” kata James Chan, pendiri dan CEO ION Mobility.

“Kami menciptakan M1-S untuk menjadi yang terdepan dalam memenuhi permintaan sepeda motor listrik yang terus meningkat. Melalui M1-S, kami akan menghadirkan mobilitas inovatif yang diinginkan pelanggan kami di Indonesia, dengan pengiriman mulai tahun 2023,” lanjutnya.

Selain memiliki desain yang futuristis dan ergonomis, M1-S mampu menempuh kecepatan maksimal 105 km/jam, dengan torsi 43 Nm dan tenaga puncak 12,5 KW. Untuk melakukan akselerasi dari keadaan diam hingga 50 km/jam, kendaraan ini hanya memerlukan waktu 3,7 detik.

Kemampuan ION M1-S sudah didesain sedemikian rupa untuk mengoptimalkan pengalaman berkendara, khususnya di daerah perkotaan. Terkait kapasitas baterai, tersedia dua pilihan konfigurasi, yaitu 48 Ah dan 60 Ah, yang masing-masing dapat menempuh jarak sejauh 120 km dan 150 km. Tentunya, keduanya sudah dilindungi dengan teknologi tahan cuaca.

Untuk tempat penyimpanan, kapasitas yang tersedia adalah sebesar 26 liter yang terletak di bawah jok. Kabel pengisi daya sudah terintegrasi, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengisi daya di stop kontak atau ketika mengisi daya di SPLU.

Dilengkapi dengan layar LCD 7 inci, ION M1-S didukung oleh prosesor multi-core dan paket sensor, serta memiliki sistem keamanan tanpa kunci, yang juga terintegrasi dengan smartphone pengguna melalui aplikasi. Tidak lupa juga, fitur GPS sudah terpasang untuk mencatat dan meninjau posisi dari kendaraan ini.

M1-S juga dilengkapi dengan sistem Proximity Keyless yang memungkinkan pengendara untuk memakai motor tanpa kunci, yang berguna untuk menyingkat waktu untuk menyalakan motor, serta untuk kemudahan dan kenyamanan berkendara. 

Motor listrik ini tersedia dalam dua warna yang berbeda, yaitu warna Liquid Iron Greydan warna premium Sky Diamond White.

ION Mobility juga sudah memikirkan aksesibilitas dari Stasiun Pengisian Listrik Umum atau SPLU. Dengan bermitra dengan PLN, nantinya akan ada 100 unit SPLU yang tersebar di DKI Jakarta, dan akan diperluas lagi ke beberapa kota lainnya secara bertahap. Stasiun tersebut nantinya bisa dilacak melalui aplikasi ION dan PLN. 

Terobosan ini akan memudahkan pengguna sepeda motor EV untuk mencari dan menggunakan hingga lebih dari 2.900 SPLU di DKI Jakarta dan lebih dari 6.500 SPLU di seluruh Indonesia.