Gaming News

Sengketa Dengan Developer Fallout Shelter, Game Mobile Westworld Hengkang dari App Store

17 Jan 2019 | Yoga Wisesa
Bethesda menuduh developer Behaviour Interactive menggunakan kode milik mereka.

Memperluas jangkauan sebuah franchise hiburan ke medium lain, misalnya dari film ke video game, sudah sering dilakukan. Tersedia banyak judul tie-in di luar sana, dan sebagian di antara permainan-permainan itu diracik untuk smartphone karena ia adalah jenis perangkat yang paling tersebar luas. Namun di segmen ini, aspek orisinalitas kadang tidak terlalu dipikirkan.

Tidak sedikit game mobile yang ‘terispirasi’ dari seri-seri populer, contohnya ada Nova (Halo), Asphalt (Burnout), Modern Combat (Call of Duty), hingga The Ville (The Sims Social). Mayoritas dari mereka terbilang sukses hingga menghasilkan sekuel, namun langkah ini kadang menimbulkan masalah, seperti yang terjadi pada Westworld Mobile untuk Android dan iOS. Game milik Warner Bros. Interactive ini kena gugat Bethesda Softworks karena kemiripannya dengan Fallout Shelter.

Seperti spin-off seri Fallout itu, Westworld Mobile adalah permainan ber-genre strategi dan simulasi pengelolaan. Mengadopsi konsep dari film seri HBO, pemain ditantang untuk mengelola taman hiburan dewasa bertema koboi yang diisi oleh android (robot-robot menyerupai manusia). Westworld Mobile memang punya banyak kemiripan secara visual dengan Fallout Shelter, dan semuanya jadi jelas ketika kita mulai membangun fasilitas bawah tanah.

Bethesda mengklaim bahwa game Westworld Mobile merupakan tiruan terang-terangan dari Fallout Shelter. Sang pemilik seri The Elder Scrolls dan Fallout itu mengeluhkan kemiripan desain, animasi, fitur, arahan seni serta elemen-elemen gameplay lain di sana dengan kreasinya. Meski praktek ‘cloning‘ di ranah game bukanlah hal baru, Bethesda menuduh developer Behaviour Interactive menggunakan kode milik mereka.

Menggali lebih dalam, Behaviour Interactive ialah tim yang sempat dipekerjakan Bethesda Game Studios untuk membantu pengembangan Fallout Shelter. Bethesda menduga, Behaviour kembali menggunakan kode serta sejumlah aset yang sebetulnya dilindungi hak cipta buat menggarap Westworld Mobile.

Buat sekarang, baik pihak Bethesda dan Behaviour Interactive tampaknya sudah mencapai kesepakatan. Sesaat, semua terlihat berjalan normal. Tetapi mulai minggu ini, Westworld tidak lagi bisa diunduh dari Google Play maupun Apple App Store, dan sistem in-app purchase pun telah ditiadakan.

Dalam permintaan maaf dan ucapan perpisahan yang dipublikasikan Behaviour Interactive serta Warner Bros. Interactive via Twitter, Westworld Mobile dijadwalkan untuk ditutup pada tanggal 16 April 2019. Jika masih memiliki mata uang in-gamedeveloper menyarankan Anda buat menggunakannya sekarang sebelum permainan dinonaktifkan.

Via VentureBeat.