Dark
Light

10 Hal yang Wajib Diketahui dari Lini Produk iPad 2024 Terbaru dan Aksesorisnya

by
4 mins read
May 16, 2024
Semua tentang iPad 2024

Apple baru saja memberi kejutan dengan memperkenalkan update untuk lini produk iPad dan berbagai gawai pelengkapnya. Lini produk iPad 2024 ini memang membawa banyak pembaruan yang membuat CEO Apple, Tim Cook mendeskripsikannya sebagai “Hari terbesar untuk iPad!”

Ada 2 model iPad yang diperkenalkan Apple untuk tahun ini, yaitu iPad Air dan iPad Pro. Keduanya mendapatkan banyak improvisasi mulai dari segi performa, pilihan ukuran layar, bobot yang lebih ringan, penyimpanan yang lebih lapang, layar display yang lebih optimal, dll.

Selain kedua tablet andalannya, Apple juga memperkenalkan berbagai aksesoris penunjang iPad. Yaitu Magic Keyboard baru dan Apple Pencil Pro baru. Kedua gawai ini juga mendapat improvisasi yang akan membuat para pengguna iPad dapat bekerja lebih optimal.

1. iPad Air 2024 kini lebih besar dan dapatkan fitur-fitur eksklusif iPad Pro sebelumnya

Semua tentang iPad 2024

Kabar gembira bagi para fans Apple yang berencana untuk melakukan upgrade ke iPad Air. Karena pada iPad Air 2024 ini Apple menghadirkan pilihan ukuran baru yang lebih besar yaitu 13 inci. Ukuran baru yang lebih besar 30% tersebut menemani versi 11 inci yang tetap tersedia.

Selain ukuran baru, iPad Air 2024 juga mendapat beberapa fitur yang sebelumnya eksklusif untuk iPad Pro saja. Sebut saja prosesor M2 dan juga layar Liquid Retina yang sebelumnya hanya digunakan pada seri iPad Pro saja.

2. Kamera depan yang pindah dan Dukungan Apple Pencil Pro dan Apple Pencil USB-C

Salah satu harapan banyak pemilik iPad yang akhirnya terwujud adalah dipindahkannya posisi kamera depan. Karena di iPad Air 2024 kamera depan akhirnya berada di posisi lanskap untuk membuat kegiatan video call menjadi lebih nyaman.

Bagi mereka yang merasa kurang puas saat menggunakan stylus di iPad Air lamanya, maka iPad Air 2024 bisa kalian miliki. Karena tablet tipis ini sudah mendukung Apple Pencil Pro dan Apple Pencil USB-C.  Sayangnya, iPad Air 2024 ini masih belum mendukung Apple Magic Keyboard terbaru.

3. Warna baru dan pilihan penyimpanan lebih besar

Semua tentang iPad 2024

Seperti biasa, Apple memberikan penyegaran untuk warna dari iPad Air 2024 ini. Ada empat warna yang bisa dipilih oleh para pembeli nantinya, yaitu Biru, Ungu, Starlight dan Space Gray. Keempatnya tampil dengan warna yang soft dan finishing matte.

Kemudian di sisi penyimpanan, ukuran penyimpanan terkecil untuk iPad Air 2024 ini kini naik ke 128 GB. Namun bila calon pembeli nantinya merasa kurang, maka mereka masih bisa memilih 3 pilihan ukuran penyimpanan lain yaitu 256GB, 512GB, dan 1 TB.

4. iPad Pro 2024 yang lebih tipis dan ringan

Beralih ke iPad Pro 2024, tablet untuk para profesional ini menjadikan form-factor baru mereka sebagai salah satu nilai jual utamanya. Hal tersebut karena varian iPad Pro 2024 baik 11 inci maupun 13 inci sama-sama memiliki ketebalan lebih tipis dari iPod Nano.

Varian 11 inci dari iPad Pro 2024 memiliki ketebalan 5,3mm, dan gilanya varian 13 incinya mampu lebih tipis lagi yaitu 5,1 mm. Bentuk yang tipis ini juga membuat iPad Pro 2024 memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

5. Chipset M4 terbaru yang jauh lebih bertenaga

Salah satu kejutan besar dalam event perkenalan iPad 2024 ini adalah hadirnya chipset baru Apple yaitu M4. Hal ini membuat iPad Pro 2024 menjadi perangkat Apple pertama yang mencicipi chipset terbaru M4 yang lebih bertenaga tersebut.

Chipset baru ini membuat iPad Pro 2024 mendapat lompatan besar dari seri sebelumnya yang menggunakan chipset M2. Apple bahkan berani mengklaim bahwa iPad Pro 2024 memiliki performa 1,5x lebih cepat namun juga lebih efisien dibandingkan M2.

6.  Implimentasi layar Ultra Retina XDR perdana dengan nano-texture glass

Karena iPad Air telah mewarasi layar Liquid Retinanya, maka iPad Pro 2024 terbaru ini mendapatkan teknologi layar baru yaitu Ultra Retina XDR display. Layar ini menggunakan teknologi baru yang disebut Apple sebagai ‘Tandem OLED’.

Teknologi tersebut memungkinkan layar iPad Pro 2024 menampilkan gambar yang lebih jernih, presisi, dan hidup. Layar baru ini juga dilengkapi dengan nano-texture glass yang mampu mengurangi pantulan sinar pada layar sehingga nyaman digunakan di mana saja.

7. Sensor LIDAR, kemampuan Neural AI, dan lampu flash yang lebih canggih

Salah satu perubahan besar yang sedikit kontroversial pada iPad Pro 2024 ini adalah konfigurasi kamera yang menghilangkan kamera ultra-wide sehingga hanya kamera utama dan sensor LIDAR. Meskipun begitu, Apple tetap membuat sektor kamera mendapat peningkatan.

Kini dengan bantuan AI, iPad Pro dapat mengidentifikasi berbagai skenario dan membuat kameranya memiliki pengaturan untuk mendapat hasil foto terbaik. Termasuk mengatur lampu flash adaptif baru yang mampu menghasilkan foto paling jelas, bahkan untuk dokumen sekalipun.

8. Apple Pencil Pro dengan sensor heptic feedback dan pelacakan

Apple memperbarui pensil tablet populernya ini dengan peningkatan yang cukup signifikan. Sensor heptic feedback baru disematkan di dalamnya sehingga dapat merasakan tekanan yang dilakukan oleh penggunanya ke badan Apple Pencil Pro ini.

Ada beragam fungsi baru yang nantinya dapat dimunculkan oleh kombinasi berbagai input pada Apple Pencil Pro ini. Apple Pencil Pro terbaru ini juga menghadirkan dukungan Lacak untuk pertama kalinya, sehingga dapat ditemukan dengan mudah saat terselip.

9. Apple Magic Keyboard dan Smart Folio yang semakin ringkas dan fungsional

Mengikuti desain dari iPad Pro 2024, Apple Magic Keyboard baru ini juga memiliki desain yang lebih tipis dan ringan. Magic Keyboard ini kini dilengkapi dengan deretan akses fitur secara cepat sehingga pengguna dapat mengaksesnya dengan mudah.

Saat digunakan, Magic Keyboard ini akan terpasang secara magnetis otomatis. Smart Connector di dalamnya juga akan langsung menghubungkan daya dan data tanpa memerlukan Bluetooth. Sedangkan Smart Folio memberikan fleksibilats yang lebih baik untuk menentukan sudut pandang iPad Pro saat digunakan.

10. Tanggal perilisan dan harga

Apple mengumumkan bahwa iPad Air 2024, iPad Pro 2024, Apple Magic Keyboard, dan Apple Magic Pen terbaru mereka akan dirilis resmi secara global pada 15 Mei 2024 ini. Namun sayangnya untuk tanggal resmi produk-produk baru Apple tersebut masuk ke Indonesia masih harus menunggu para ‘distributor lokal’.

Namun melihat pola yang sudah terjadi pada produk-produk Apple sebelumnya, maka dapat diprediksi bahwa lini produk iPad baru dan aksesorisnya ini akan hadir paling cepat satu bulan setelah perilisan, atau sekitar bulan Juni-Agustus 2024 mendatang.

Untuk harga resmi Indonesia memang masih belum tersedia, tapi iPad Air M2 varian 11 inci akan dijual mulai dari $599 atau sekitar Rp9,6 juta. Sedangkan varian 13 incinya akan dijual mulai dari harga $799 atau mulai dari Rp12,8 juta.

Sedangkan untuk iPad Pro M4 2024 varian 11 inci akan dijual dengan harga resmi $1,000 atau sekitar Rp16,1 juta. Dan varian 13 incinya akan dijual mulai harga $1.300 atau sekitar Rp21 juta.

Galih

Video game writer who noob at almost every games. Work hard play harder!

Previous Story

Samsung Bagikan Tips Food Photography Lebih Menggugah Selera dengan Galaxy A35 5G

Next Story

TikTok Uji Coba Hasil Pencarian yang Didukung AI

Latest from Blog