Dark
Light

TikTok Uji Coba Hasil Pencarian yang Didukung AI

1 min read
May 16, 2024

TikTok tengah melakukan uji coba dalam mesin pencarian mereka, spesifiknya pada hasil pencarian. Dilansir dari The Verge, fitur ini diperkenalkan dengan nama “Search Highlight”, di mana TikTok menggunakan AI generatif di dalamnya.

Search Highlight adalah bagian baru pada halaman hasil pencarian (search engine result page) TikTok yang memunculkan potongan kalimat yang menjelaskan rinci kata kunci yang digunakan pengguna. Cuplikan tersebut berada di atas hasil pencarian utama, dan akan mengarah ke halaman baru bila diklik.

Sumber gambar: TikTok (kiri), x.com/mavericoaster (kanan)

Dalam halaman baru tersebut, disebutkan bahwa materi di dalamnya dibuat dengan ChatGPT, dan pihak TikTok mengkonfirmasi bahwa mereka menampilkannya jika algoritma mereka mengindikasi bahwa materi tersebut relevan dengan apa yang sedang dicari pengguna.

Hingga saat ini, belum ada penjelasan lebih detail tentang mana yang dianggap relevan dan tidak oleh TikTok, namun yang dapat dilihat, secara kemampuan fitur, kemunculan Search Highlight ini masih terbatas. Dengan kata lain, tidak semua kueri akan direspon oleh jawaban dari AI.

Walaupun TikTok tidak memberi pernyataan gamblang, paling tidak mekanisme bagaimana menampilkan yang relevan/tidak ini sudah tidak asing tampaknya bagi pengguna internet. Yang terkini, tentu kita masih ingat bagaimana generative AI dari Google juga membatasi kehadiran ringkasan ala AI ini untuk sebagian kueri saja.

Di luar itu, TikTok tampak semakin mantap untuk menggencarkan peningkatan kemampuan pencariannya, salah satunya bereksperimen dengan mengintegrasikan hasil pencarian Google, menghubungkan ke situs web lain (seperti Wikipedia dan IMDb), pengujian chatbot Tako, dan, yang terkini ini, respons dari AI pada halaman pencarian di platform-nya.

Langkah-langkah tersebut sejalan dengan seringnya pengguna muda menggunakan TikTok sebagai mesin pencari berbagai rekomendasi, mirip dengan Google. Dengan menggabungkan hasil AI, TikTok jelas ingin beradaptasi dengan tren ini dan melayani basis penggunanya.

Sumber gambar header: Pexels.

Semua tentang iPad 2024
Previous Story

10 Hal yang Wajib Diketahui dari Lini Produk iPad 2024 Terbaru dan Aksesorisnya

Next Story

OpenAI Umumkan GPT-4o dan Versi Desktop ChatGPT pada Demo Day

Latest from Blog

Don't Miss

92% Pekerja di Indonesia Sudah Menggunakan GenAI dan Temuan Lain dari Work Trend Index 2024

Microsoft dan LinkedIn merilis laporan Work Trend Index 2024. Di

Western Digital Luncurkan Siklus Data AI: Optimalisasi Penyimpanan untuk Inovasi AI Masa Depan

Western Digital (NASDAQ: WDC) meluncurkan inovasi terbaru mereka, Siklus Data