Gaming News

Semakin Banyak Game “Sukses” di Steam

09 Apr 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Menurut Valve, game yang sukses adalah game yang bisa mendapatkan US$10 ribu dalam waktu 2 minggu sejak peluncuran

Valve baru saja merilis laporan tentang penjualan dari game-game yang ada di Steam. Mereka menyebutkan, pada 2019, ada lebih dari 1.100 game yang berhasil mendapatkan pemasukan sebesar US$10 ribu (sekitar Rp161 juta) dalam waktu 2 minggu sejak diluncurkan. Dapat menghasilkan US$10 ribu dalam 2 minggu sejak waktu peluncuran adalah tolok ukur game yang sukses menurut Valve. Alasannya, karena game yang dapat mencapai hal itu akan bisa mendapatkan sekitar US$20 ribu (sekitar Rp322 juta) sampai US$60 ribu (sekitar Rp967 juta) dalam waktu 12 bulan setelah diluncurkan.

Kabar baiknya, jumlah game yang dianggap “sukses” pada 2019 naik 18 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2018, jumlah game yang berhasil mendapatkan US$10 ribu dalam waktu 2 minggu sejak diluncurkan kurang dari 1.000 game. Memang, dari tahun ke tahun, jumlah game yang bisa memenuhi standar kesuksesan Valve terus bertambah, seperti yang bisa Anda lihat pada grafik di bawah.

steam game
Jumlah game yang berhasil mendapatkan US$10 ribu dalam waktu 2 minggu sejak peluncuran. | Sumber: Valve

“Menjadikan pemasukan sebesar US$10 ribu sebagai tolok ukur mungkin terdengar random. Karena itu, untuk memastikan bahwa analisa kami tidak salah, kami juga mengamati jumlah game dengan pemasukan yang lebih tinggi dan lebih rendah dari US$10 ribu. Hasilnya, kami menemukan pola serupa. Kami melihat bahwa pada 2019, jumlah game yang mendapatkan US$5 ribu (sekitar Rp80,5 juta) pada 2 minggu awal peluncuran naik 4 kali lipat jika dibandingkan pada 2013. Sementara jumlah game yang mendapatkan lebih dari US$250 ribu (sekitar Rp4 miliar) naik lebih dari 3 kali lipat,” tulis Valve, seperti yang dikutip dari Game Industry.

Dalam analisanya, Valve mengatakan, tidak tertutup kemungkinan bahwa alasan mengapa semakin banyak game yang berhasil mencapai angka penjualan tertentu adalah karena jumlah game yang dirilis di Steam juga terus naik. Pada 2019, jumlah game yang diluncurkan di Steam naik 11 persen jika dibandingkan dengan pada tahun sebelumnya. Sementara itu, pada tahun 2019, jumlah game yang mendapatkan pemasukan US$10 ribu dalam waktu 2 minggu sejak diluncurkan naik 18 persen jika dibandingkan dengan pada 2018.

Valve juga mencoba untuk menganalisa pendapatan rata-rata game di Steam dalam waktu dua minggu sejak dirilis. Mereka menyebutkan, pemasukan rata-rata game yang diluncurkan pada 2019 naik 24 persen jika dibandingkan dengan game yang dirilis pada 2018. Belakangan, di tengah pandemi virus corona, Steam juga terus memecahkan rekor jumlah pengguna concurrent mereka.