Gaming News

Guide & Tips Bermain Selena Support di Mobile Legends

03 Jun 2020 | Guest Post Hybrid
Penasaran bagaimana memanfaatkan Selena untuk jadi Support?

Di META game Mobile Legends: Bang Bang saat ini, banyak hero yang asyik untuk dimainkan sebagai support, karena kelincahan mereka yang mampu mempengaruhi early game. Keuntungan bermain hero yang kuat pada fase awal adalah untuk merusak ekonomi tim musuh dan memberi space bagi tim sendiri.

Salah satu hero yang mampu melakukan hal tersebut adalah Selena, seorang hero yang handal dalam segi burst dan reap musuh dengan cepat. Awalnya hero ini sering dimainkan sebagai carry/assassin, namun perlahan-lahan lebih banyak dimainkan sebagai support.

Kali ini saya akan mencoba untuk memberikan guide dan tips untuk bermain Selena sebagai support.

1. Pergunakan Abyssal Trap Semaksimal Mungkin

Abyssal Trap yang bisa digunakan oleh Selena memiliki jumlah maksimum tiga. Dengan begitu Selena bisa membuka map pada daerah tertentu dan hal ini krusial untuk melihat posisi-posisi lawan. Pembukaan map berguna saat early game maupun late game.

Vision yang baik dapat mempermudah membuat keputusan seperti kapan harus mengambil sebuah teamfight atau lebih baik untuk mundur. Lebih banyak vision yang dimiliki, lebih nyaman juga bagi tim Anda untuk tahu kapan harus bermain lebih agresif dan kapan harus menjaga jarak dengan musuh.

Screenshot: MLBB
Screenshot: MLBB

2. Memanfaatkan Bersembunyi di Bush

Selena adalah salah satu hero terkuat di Mobile Legends soal ganking. Sekali musuh terkena, habislah sudah riwayatnya jika tidak memakai Battle Spell ‘Purify’. Karena Abyssal Arrow mudah dihindari oleh pemain-pemain yang cekatan, bersembunyi di bush merupakan salah satu strategi termudah.

Dengan faktor kejutan, musuh Selena yang lengah bisa dengan mudah terkena Abyssal Arrow dari bush. Hero-hero yang terbiasa hanya farming di lane dan tidak memperhatikan sekitarnya adalah sasaran yang empuk untuk skill ini. Usahakan untuk mengeksploitasi kemampuan untuk bersembunyi di bush agar tidak terlihat di map dan dapat mencari posisi yang tepat.

Screenshot: MLBB
Screenshot: MLBB

3. Aktif dan Agresif Pada Early Game

Selena terkenal dengan julukannya sebagai “Queen of First Blood”. Begitu Selena sudah mendapatkan Abyssal Arrow nya di Level 2, pergunakanlah semaksimal mungkin di awal game sehingga bisa memecahkan konsentrasi lawan agar core team Anda juga bisa lebih leluasa untuk farming. Tujuan Selena dimainkan sebagai Support adalah memaksa musuh untuk berada di situasi yang tidak nyaman, baik dalam segi harus bermain lebih aman maupun ekonomi tim yang hancur sejak early game.

Dari situ akan lebih mudah bagi tim Anda untuk snowballing: tim Anda mendapatkan space yang lebih leluasa, sedangkan musuh harus bermain lebih aman agar tidak terkena gank. Lebih dari itu, jika berhasil, musuh terpaksa untuk bermain dengan pace yang tim Anda set sendiri. Hal ini tentunya menguntungkan bagi hero lainnya yang berada di tim Anda karena tempo yang Anda pasang dalam match tersebut.

Screenshot: MLBB
Screenshot: MLBB

4. Menebak Kemungkinan Arah Musuh

Karena efeknya yang kuat, Abyssal Arrow dari Selena juga susah untuk diarahkan agar terkena musuh. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa tidak semua orang merasa mampu untuk memainkan hero ini. Agar Abyssal Arrow dapat mengenai musuh, Anda harus bisa memprediksi arah jalan mereka.

Tentunya selain menebak arah jalan mereka, coba untuk mempelajari pola gerak gerik musuh maupun attack animation musuh untuk dapat mengenai target. Seringkali seorang pemain memiliki pola atau kebiasaan mereka sendiri yang bisa menjadi titik kelemahannya masing-masing. Dari pola tersebut maka Anda akan lebih mudah untuk menebak posisi mereka selanjutnya.

Sebagai tips saja, Anda juga dapat memakai jari telunjuk untuk mengarahkan screen Anda supaya bisa lebih membuka map.

Screenshot: MLBB
Screenshot: MLBB

5. Pemilihan Emblem, Battle Spell dan Build

Untuk Selena dalam role Support sejauh ini hanya ada dua pilihan emblem yang paling optimal, yaitu Emblem Support dan Emblem Mage. Pemilihan Emblem dari kedua opsi tidak begitu signifikan jika Selena digunakan sebagai Support. Karena itu, keputusannya kami kembalikan ke Anda — sesuai dengan gaya bermainnya masing-masing

Sama perihalnya untuk Battle Spell. Biasanya Flicker dan Flameshot adalah Battle Spell yang paling sering digunakan oleh pengguna Selena. Pemilihan di antara keduanya tergantung situasi dan keperluan match. Jika tidak terlalu familiar dengan keduanya, Purify adalah alternatif termudah yang dapat digunakan — meski tidak terlalu optimal.

Screenshot: MLBB
Screenshot: MLBB

Untuk Build Item Selena Support sendiri, berikut yang cocok untuk digunakan:

Screenshot: MLBB
Screenshot: MLBB

Intinya, Selena adalah hero yang bisa berdampak besar jika dimainkan dengan benar, memanfaatkan Abyssal Arrow dan Abyssal Trap dengan maksimal. Dengan melakukan itu, Anda tidak hanya dapat memberikan tekanan ke musuh, namun juga dapat mendikte tempo dari game tersebut sesuka Anda. Seperti Support pada umumnya, prioritas Anda adalah membantu core herofarming sampai late game.

Meskipun susah untuk dimainkan saat awal-awal mencoba, Selena sebagai support perlahan-lahan akan lebih nyaman untuk dimainkan. Kuncinya adalah untuk terus berlatih dan membiasakan diri dengan playstyle Selena yang benar. Semoga berhasil!

Artikel ini ditulis oleh Wilson Wongso, kontributor Hybrid.