3 April 2023

by Glenn Kaonang

April Mop, Sega Luncurkan Game Sonic Baru, Gratis Pula

Candaan April Mop terbaik tahun ini datang dari Sega

Momen April Mop sering kali dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengumumkan sesuatu yang mengejutkan — yang hampir selalu bersifat candaan atau tidak benar. Perusahaan game pun tidak luput dari tradisi ini, dan terkadang yang diumumkan malah sesuatu yang benar-benar bisa dimainkan oleh publik. Contohnya seperti yang dilakukan Sega baru-baru ini.

Di saat perusahaan macam Blizzard membuat lelucon seperti Diablo 12 dan Innersloth merilis mode permainan khusus untuk Among Us, Sega malah merilis game Sonic baru dan membagi-bagikannya secara gratis. Game yang dimaksud berjudul The Murder of Sonic the Hedgehog, dan Anda tidak salah baca, sebab karakter landak biru kesayangan banyak orang itu benar-benar diceritakan mati di game ini.

The Murder of Sonic the Hedgehog menceritakan tentang pesta ulang tahun Amy Rose (kekasih Sonic) yang digelar di kereta Mirage Express. Untuk meramaikan acara, Amy menggelar semacam permainan misteri pembunuhan. Namun tanpa diduga, permainan tersebut berujung menjadi peristiwa betulan ketika Sonic tiba-tiba ditemukan terbaring tak bernyawa.

Dalam game ini, pemain bakal menjalankan karakter baru yang tengah menjalani hari pertamanya bekerja di Mirage Express. Untuk menguak apa yang sebenarnya terjadi pada Sonic, pemain harus menginterogasi berbagai karakter, termasuk karakter-karakter favorit dari franchise Sonic selama ini.

Secara teknis, The Murder of Sonic the Hedgehog merupakan game visual novel dengan mekanisme point-and-click. Berdasarkan trailer video singkat yang disuguhkan, pemain juga akan dihadapkan dengan sejumlah minigame platforming yang menjadi akar dari franchise Sonic.

The Murder of Sonic the Hedgehog dapat diunduh dan dimainkan sepenuhnya secara cuma-cuma via Steam. Respons pemain yang sudah mencobanya pun cenderung positif, dengan lebih dari 9.000 ulasan positif saat artikel ini tayang. Banyak yang memuji aspek visual 2D-nya, tidak ketinggalan pula musik dan jalan ceritanya.

Game ini pada dasarnya juga memberi kesempatan bagi kita untuk lebih mengenal karakter-karakter lain di samping Si Landak Biru itu sendiri. Namun bagi yang khawatir dengan nasib Sonic ke depannya, Anda tak perlu cemas sebab Sega telah mengonfirmasi bahwa game ini sifatnya tak lebih dari headcanon.

Lagipula, Sega sendiri juga saat ini tengah sibuk mengembangkan dua game Sonic baru; satu dengan tampilan 3D ala Sonic Frontiers dan satu lagi 2D side-scrolling ala game-game Sonic klasik. Siapa yang menyangka kalau mereka ternyata juga masih sempat meracik candaan April Mop yang sangat berkualitas seperti ini.

Via: Eurogamer.