2 October 2022

by Galih

Sega Akhirnya Umumkan Game Blockchain Pertamanya

Sega akan membawa game arcade-trading card-nya menuju blockchain

Setelah sebelumnya menutup salah satu pusat game arcade terikoniknya di Jepang, Sega ternyata semakin totalitas untuk masuk ke dalam dunia blockchain dan NFT. Salah satu kabar terbaru adalah mereka akan merilis game blockchain pertamanya.

Menurut laporan media Jepang 4 Gamer, Sega kini telah meneken kerja sama dengan perusahaan blockchain asal Jepang yaitu Double Jump Tokyo. Misi kolaborasi tersebut adalah memproduksi game baru yang didasarkan pada judul klasik milik Sega.

Dan game pertama milik Sega yang akan dikembangkan menjadi sebuah game blockchain akan berbasis pada seri Sangokushi Taisen. Bagi yang asing dengan judul ini, Sangokushi Taisen merupakan seri real-time strategy (RTS) yang dirilis untuk platform arcade.

Game ini menggabungkan permainan arcade dengan kartu fisik. Sehingga pemain harus mengoleksi kartu karakter untuk diletakkan di area permainan agar karakter tersebut muncul di dalam game.

Sangokushi Taisen sangat populer di tempat-tempat arcade di Jepang, namun kemungkinan besar tidak terlalu dikenal oleh para gamer di luar Jepang. Padahal seri ini disebut berhasil menjual lebih dari 400 juta kartu permainannya ke seluruh dunia.

Judul Sangokushi Taisen baru yang akan dikembangkan ini akan dikerjakan sepenuhnya oleh developer Double Jump Tokyo. Sedangkan Sega hanya bertugas untuk meminjamkan judulnya tersebut untuk diadaptasi menjadi game blockchain.

Game-nya disebut akan dibangun menggunakan teknologi blockhain eksklusif milik Double Jump Tokyo yang bernama Oasys. Platform Oasys ini diklaim beroperasi dengan berbagai sistem yang ramah lingkungan.

Image Credit: Sega

"Dengan arsitektur unik yang dioptimalkan untuk game blockchain, Oasys bertujuan untuk memecahkan berbagai hambatan para gamer dengan menawarkan transaksi cepat dan tanpa "gas fees". Serta memberikan pengalaman bermain game yang lebih nyaman kepada pengguna," ungkap Hironobu Ueno, CEO dan founderย Double Jump Tokyo.

Proyek game blockchain Sangokushi Taisen ini bukanlah kerja sama pertama antara kedua perusahaan tersebut. Karena sebelumnya Sega dan Double Jump Tokyo telah menginsiasi proyek Sega NFT dan juga Sega Classics NFT Collection.

Seperti namanya, dua proyek sebelumnya tersebut berfokus pada koleksi karya-karya digital eksklusif yang akan diperjual-belikan oleh Sega sebagai NFT. Dan dengan kehadiran game blockchain ini terlihat bahwa Sega sangat totalitas membawa merek dagangnya ke arah sana.