Dark
Light

Seagate akan Memasukkan SSD NVMe PCIe Gen 5 ke Indonesia dengan Firecuda 540

1 min read
July 7, 2023

Pertama kali saya melihat kedahsyatan sebuah Solid State Drive dengan teknologi NVMe PCI-e Gen 5 adalah pada saat pergi ke Computex 2023 lalu. Banyak sekali vendor yang memamerkan penyimpanan internal terkencang yang baru tersebut. Namun sayangnya saat saya tanyakan apakah SSD ini akan segera masuk ke Indonesia, jawabannya masih harus menunggu waktu yang tepat. Namun ternyata, Seagate akan segera menghadirkan teknologi tersebut di Indonesia.

Pada bulan Juli 2023 ini, Seagate berjanji akan memasukkan SSD dengan nama FireCuda 540. Seagate sendiri menjanjikan kecepatan baca sequential hingga 10.000 MB/s dan kecepatan tulisnya hingga 10.000 MB/s. Hal ini tentu saja akan menaikkan kinerja lebih dari 40% dari SSD NVMe PCIe Gen 4 yang beredar saat ini dan 17 kali lebih cepat dibandingkan SSD berbasis SATA. Sebagai informasi, kebanyakan SSD NVMe PCIe 4.0 x4 yang hadir saat ini memiliki kinerja sekitar 7.000 MB/s.

SSD yang satu ini nantinya masih akan menggunakan cip 3D TLC NAND. Kontroller yang digunakan adalah Phison PS5026-E26 yang memakai proses pabrikasi 12 nm. Phison E26 juga mendukung semua jenis memori 3D NAND yang sudah distandarisasi yang memiliki interface ONFI 5.x dan Toggle 5.x dengan kecepatan transfer data hingga 2400 MT/s.

Seagate FireCuda 540 nantinya tersedia dalam kapasitas 1 TB dan 2 TB saja. Daya tahan yang ditawarkan oleh FireCuda adalah 1000 TBW untuk SSD dengan kapasitas 1 TB dan 2000 TBW untuk kapasitas 2 TB serta 1,8 juta MTBF. Hal ini tentunya menjanjikan bahwa SSD ini akan bertahan dengan waktu yang cukup lama.

Lance Ohara, Wakil Presiden Manajemen Lini Produk Seagate Technology mengatakan bahwa Seagate sangat senang menghadirkan teknologi tercepat dan terbaik kepada komunitas game dan pembuat konten. Beliau juga mengatakan bahwa Seagate mendengarkan para pemain game dan pembuat konten yang meminta performa teknologi PCIe Gen 5. 

SSD ini akan memiliki garansi sepanjang 5 tahun dengan paket Rescue Data Recovery Service yang berlaku selama tiga tahun. Untuk memudahkan para penggunanya, SSD ini juga sudah didukung oleh Seagate SeaTools 5.0 agar bisa dipantau performa dan kondisinya. Belum ada informasi berapa harga SSD yang satu ini, sehingga kita harus menunggu saat perangkat ini benar-benar diluncurkan di Indonesia.

Dampak generative AI terhadap ekosistem internet
Previous Story

Dampak Generative AI Terhadap Ekosistem Internet

Next Story

Pemain Dota 2 “Pure” Berulah Lagi, Langgar Peraturan yang Sebabkan Timnya Tereliminasi dari Bali Major

Latest from Blog

Don't Miss

Lexar Luncurkan NM790, Ares DDR5 RGB 6400, SD Card Silver Pro, serta SL600 Portable

Lexar, merek global terkemuka untuk Flash Memory, baru saja merilis

Review Klevv CRAS C930: Kencang dan Bisa Memilih dengan Heatsink atau Tidak

Saat memiliki sebuah SSD, kadang kita belum tahu akan digunakan