Gaming News

[Exclusive] Blizzard Rilis Cerita, Artwork, dan Screenshot WoW Shadowlands

29 May 2020 | Yabes Elia
Sayangnya, belum ada informasi dari tanggal rilis expansion terbaru untuk MMO legendaris yang satu ini.

Blizzard memang telah mengumumkan ekspansi terbaru untuk World of Warcraft (WoW) yang bertajuk Shadowlands beberapa waktu lalu. Namun kemarin (28 Juni 2020), Hybrid mendapatkan beberapa materi eksklusif untuk Shadowlands lewat publisher mereka di Indonesia, AKG Games.

Anda bisa melihat semua screenshot WoW Shadowlands yang kami terima tersebar di artikel ini.

Sumber: AKG Games
Screenshot WoW Shadowlands. Sumber: AKG Games

Di dalam materi yang kami terima, kami mendapatkan artwork, screenshot, sound, dan lore dari Shadowlands. Untuk lore dari Shadowlands, sebenarnya Anda bisa menonton video di bawah yang sudah dirilis resmi oleh Blizzard dari akhir tahun 2019 lalu.

Sedangkan dari screenshot yang kami terima, Shadowlands terlihat jadi lebih kelam dari ekspansi sebelum-sebelumnya — dari namanya saja sebenarnya sudah terlihat atmosfir yang lebih kelam.

Menariknya, aspek suara ambience juga nampaknya diperhatikan betul oleh Blizzard. Dalam rilis yang kami terima, Blizzard bahkan mengatakan bahwa audio dapat mengkomunikasikan emosi dengan sangat baik — membuat Anda merasa familiar saat eksplorasi dengan hal-hal yang abstrak.

Screenshot WoW Shadowlands. Sumber: AKG Games
Screenshot WoW Shadowlands. Sumber: AKG Games

Sayangnya, kami belum mendapatkan informasi tentang tanggal rilis pastinya. Sepertinya Blizzard memang masih merahasiakan tentang hal tersebut. Di beberapa media, hanya ada jadwal rilis tahun 2020 tanpa bulan ataupun tanggal yang pasti. Namun demikian, Blizzard berencana menggelar Shadowlands reveal event stream pada tanggal 9 Juni 2020 jam 8 malam WIB di kanal Twitch dan YouTube mereka.

Uniknya, Shadowlands, jika dibandingkan dengan ekspansi sebelumnya, justru akan menurunkan level cap ke 60 — dari 120. Selain itu, WoW juga akan dapat dimainkan dengan menggunakan controller dengan ekspansi Shadowlands.

Screenshot WoW Shadowlands. Sumber: AKG Games
Screenshot WoW Shadowlands. Sumber: AKG Games

Buat yang belum tahu, Shadowlands adalah ekspansi kedelapan dari game MMO legendaris, WoW, yang dirilis pada tahun 2004. WoW sebenarnya bisa dibilang sebagai trendsetter MMO di PC. Sebelum genre MOBA menyerang dan Battle Royale muncul, MMO bisa dibilang sebagai genre game terlaris di PC. WoW bahkan masuk ke dalam buku Guiness World Records 2009 karena berhasil mencatatkan 10 juta pemain dari seluruh dunia.

Di 2006, WoW bahkan diprediksi berhasil meraih pendapatan sebesar US$9 miliar sejak pertama kali dirilis. Sayangnya, tren MMORPG memang mungkin menurun dan WoW pun terkena dampaknya.

Namun nampaknya Blizzard belum menyerah untuk terus memberikan konten baru untuk WoW. Dengan pergeseran tren game multiplayer ke arah yang lebih kompetitif (ketimbang kooperatif) dan esports, Blizzard juga sebenarnya berencana menggelar esports untuk WoW di 2020.

Apakah Shadowlands akan membawa WoW kembali ke puncak kejayaannya? Kita tunggu saja…

Kumpulan artwork dari Shadowlands. Sumber: AKG Games
Kumpulan artwork dari Shadowlands. Sumber: AKG Games

Sumber Feat Image: AKG Games