Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Build Terbaik Sayu Genshin Impact: Senjata, Komposisi Tim, dan Tips untuk Patch 2.0

26 August 2021Daniel Hamiaz

Ia menjadi karakter baru yang masuk di deretan karakter healer di Genshin Impact, namun sebagus apakah dirinya?

Sayu merupakan karakter bintang 4 terbaru untuk patch 2.0. Debut pertamanya ditemani oleh Yoimiya. Ia merupakan karakter berelemen Anemo dengan senjata claymore pertama untuk Genshin Impact. Bagaimanakah cara memakai Sayu yang tepat?

Overview

Sayu memiliki Elemental Skill yang unik, yang belum dimiliki oleh karakter lain di Genshin Impact. Ia mampu menggelinding dengan cepat untuk durasi yang cukup panjang tanpa menguras stamina. Sembari menggelinding, Sayu dapat menyerap sebuah elemen, apabila ia terkena elemen tersebut. Ia juga akan melakukan swirl untuk musuh yang ia dekati.

Skill unik ini bagus untuk eksplorasi. Namun untuk pertarungan, skill ini kurang begitu berguna. Sayu masih kalah untuk urusan swirl, apabila dibandingkan dengan Sucrose. Hal yang masih bisa dipertimbangkan saat ia menggelinding, adalah ia dapat menyembuhkan teman se-party melalui talenta pasifnya.

Untuk Elemental Burst, Sayu bisa menyembuhkan satu party sama persis dengan Elemental Burst Jean. Sayu akan menyembuhkan satu party langsung saat Elemental Burst pertama kali diaktifkan, lalu menyembuhkan lagi karakter di sekitar Daruma, dengan area yang lebih luas dari Jean.

Perihal kemampuan healing, dapat dikatakan bahwa Sayu adalah Jean namun bintang 4. Hal tersebut positif juga sebenarnya, karena tidak semua pemain memiliki Jean. Namun yang berbeda adalah, Jean menyembuhkan berdasarkan Attack yang dimilikinya, sedangkan Sayu menyembuhkan berdasarkan Attack dan Elemental Mastery yang ia miliki.

Sebagai karakter berelemen Anemo, ia juga memiliki akses kepada salah satu artefak terbaik di Genshin Impact, yaitu Viridescent Venerer. Selain itu, ia mampu berfungsi sebagai baterai Anemo.

Artefak

Sebagai karakter Anemo, apalagi karakter support, Artefak terbaiknya sudah pasti 4 Viridiscent Venerer. Artefak tersebut mampu mengurangi resistance musuh dan menambah damage swirl.

Namun ada situasi tertentu saat s4 Viridescent Venerer tidak terlalu berguna, misalnya untuk tim Xiao, tim Geo atau tim physical. Maka dari itu, artefak yang tepat untuk situasi tersebut adalah 4 Noblesse Oblige.Jika membutuhkan heal lebih banyak, maka 4 Maiden Beloved bisa menjadi pilihan.

Apabila Anda tidak memiliki artefak yang disebutkan di atas atau mungkin tidak memiliki main stat yang diinginkan, maka Anda dapat memakai artefak alternatif, yakni antara 2 Wanderer’s Troupe, 2 Emblem of Severed Fate, 2 Gladiator’s Finale, 2 Shimenawa’s Reminiscence, atau 2 Maiden Beloved.

Untuk main stat, hal tersebut sangat bergantung dengan seperti apa Anda akan memainkan Sayu dan konstelasi berapa yang ia punya. Sayu membutuhkan keseimbangan antara Elemental Mastery, Energy Recharge dan ATK%. Karena Elemental Burst-nya yang membutuhkan 80 energi, Sayu membutuhkan sekitar 180 Energy Recharge atau lebih.

Main stat : ATK% atau Elemental Mastery?

Karena healing Sayu dihitung berdasarkan ATK% dan Elemental Mastery, maka pemilihan main stat pada artefak yang Anda miliki bisa bervariasi.

Secara sederhana, apabila Anda menginginkan heal yang lebih banyak, maka lebih baik Anda memakai ATK%. Namun dengan demikian, damage swirl yang dihasilkan sudah pasti tidak besar. Dan juga sebaliknya, apabila Anda menginginkan damage swirl lebih besar, maka Elemental Mastery lah jawabannya, dengan konsekuensi heal yang diterima tidak sebesar lewat ATK%.

Ada juga untuk pilihan ketiga, yaitu main stat Healing Bonus pada Circlet of Logos untuk mendapatkan heal lebih banyak. Memakai Healing Bonus sudah pasti mengurangi damage yang dihasilkan Daruma dan damage swirl-nya. Sebagai healer, Anemo Damage Bonus tidak direkomendasikan.

Selain itu, karena energi yang dibutuhkan Elemental Burst Sayu besar, maka perlu dipertimbangkan main stat Energy Recharge (ER). Apabila ER Sayu dirasa kurang, baik dari senjata atau sub stat, maka Anda bisa memakai main stat Energy Recharge pada Sands of Eon.

Jika konstelasi Sayu Anda menyentuh konstelasi enam (C6), maka sebaiknya Anda memakai Elemental Mastery di setiap main stat artefak Anda. Konstelasi keenamnya menyelesaikan masalah split scaling yang dimiliki Sayu, dengan menambahkan damage Daruma dan juga jumlah heal-nya.

Senjata

Sayu sebenarnya dapat memakai hampir semua claymore di Genshin Impact, kecuali untuk senjata dengan sub stat HP%, Def% dan Physical Damage Bonus, karena sub stat tersebut tidak berguna bagi Sayu.

Sama seperti artefak, senjata yang dipakai Sayu ditentukan berfungsi untuk menyeimbangkan stat yang ia miliki. Kategori senjata akan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

1.Atk%

Wolf’s Gravestone merupakan senjata terbaik, apabila Anda membutuhkan tambahan stat Attack, karena senjata tersebut memberikan stat Attack terbanyak dibandingkan senjata yang lainnya. Untuk pilihan lainnya, Anda dapat memakai Prototype Archaic atau Lithic Blade.

2. Energy Recharge

Apabila Anda membutuhkan Energy Recharge, Anda dapat memakai senjata-senjata di atas,

Namun perlu diperhatikan, untuk mendapatkan efek pasif dari Favonius Greatsword, maka Sayu membutuhkan crit rate yang cukup. Lalu, untuk efek pasif Sacrificial Greatsword akan aktif, saat Sayu menendang, baik saat skill ditekan maupun ditahan. Efek pasif tersebut tidak akan me-refresh skill Sayu saat ia sedang menggelinding.

3. Elemental Mastery

Secara mengejutkan, untuk saat ini claymore yang memberikan stat Elemental Mastery terbanyak adalah Bloodtainted Greatsword, sebuah claymore bintang 3. Namun apabila Anda memiliki Rainslasher, Anda dapat memakai senjata tersebut, karena Rainslasher memiliki base Attack yang lebih besar.

Komposisi Tim

Sebagai healer, Sayu dapat dipakai di berbagai komposisi tim. Sayu dapat digunakan pada tim yang membutuhkan reaksi elemen maupun tidak.

Sayunado adalah sebuah komposisi tim yang bertumpu pada reaksi swirl yang dihasilkan Elemental Skill Sayu dan Pyronado milik Xiangling. Untuk memberikan damage tambahan, Kaeya dan Bennet dapat ditambahkan di tim ini.

Untuk memainkan tim ini, terlebih dahulu keluarkan Elemental Burst Bennet, Xiangling dan Kaeya. Setelah itu, tahan Elemental Skill Sayu dan tabrak semua musuh sampai durasi Pyronado habis. Untuk komposisi tim ini, direkomendasikan untuk memiliki Elemental Mastery sebanyak-banyaknya, baik dari artefak, senjata, dan EM dari ascencion.

Sumber: Genshin Impact

Tips & Trick

Berikut ini merupakan beberapa tips dan trik yang mungkin bisa Anda gunakan:

  • Untuk menggelinding terus-menerus, Anda tidak perlu menekan tombol skill sampai durasi habis. Anda cukup menekannya beberapa saat saja, lalu bisa Anda lepaskan. Setelah itu Anda bebas menentukan ke mana arah Sayu menggelinding.
  • Untuk talenta pasif Sayu yang memudahkan menangkap hewan seperti Crystalfly, talenta tersebut hanya aktif untuk Crystalfly pertama. Setelah itu, apabila Anda mengambil seekor Crystalfly tersebut, maka Crystalfly di sekitar Anda akan terbang menjauh.
  • Sayu dapat menghasilkan partikel energi secara terus menerus, apabila ia dapat mengenai Elemental Skill-nya ke musuh sampai durasinya habis.
  • Untuk mendapatkan partikel energi maksimal, Anda bisa menahan Elemental Skill Sayu sebentar, lalu melepasnya. Trik ini akan menghasilkan energi yang lebih banyak dibandingkan hanya menekan Elemental Skill.

Penutup

Sayu dan gameplay yang ia miliki, merupakan angin segar bagi pemain Genshin Impact. Selain memiliki gameplay unik dan menyenangkan, Sayu juga mampu memberikan manfaat yang mungkin tidak dapat diberikan oleh healer bintang 4 lainnya. Ia bisa bekerja dengan baik, walau tanpa konstelasi.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV