Dark
Light

Saudara Baru Politikana

1 min read
November 9, 2009

cicakJika beberapa hari ini kata cicak semakin sering disebutkan bukan, berarti Indonesia diserang banyak cicak :). Tapi memang Indonesia sedang dihebohkan dengan kasus KPK dan Polisi yang semakin sering terlihat di berbagai media.

Saya tidak tau apakah nama yang dipilih oleh salah satu situs web 2.0 ini memang mengambil keuntungan branding dari popularitas kata cicak akhir-akhir ini, atau hanya kebetulan saja, yang pasti cicak yang ini adalah singkatan dari Cinta Indonesia Cinta Antikorupsi. Selamat datang untuk saudara terbaru dari Politikana, Ngerumpi, dan Curipandang: cicak.or.id.

Sekilas tampilannya mirip saudara-saudaranya yang lain terutama Politikana, bisa dilihat dari, misalnya cara submit tulisan, contoh yang tersedia di tutorialnya pun mengambil print screen dari Politikana, ini membuat saya agak bingung ketika mencoba bagaimana memposting tulisan.

Tambahan baru yang menjelaskan ini bukan situs biasa tapi situs web 2.0, seperti tag-line di halaman utama situs ini, adalah adanya aplikasi sign in with Twitter dan Facebook conect. Mengisi form pendaftaran bagi saya cukup membosankan, jadi 2 fitur ini bisa memberi jalan lain terutama bagi mereka yang malas untuk mengisi form pendaftaran, dan memanfaatkan crowd di dua social network ini memang strategi yang cukup ampuh.

Sebagai situs user generated content, Cicak menyediakan aplikasi memberi rating serta komentar, memberikan kebebasan penuh pada user untuk memposting bahan, mulai video, foto serta artikel, bisa berita atau opini.

Baru diluncurkan Jumat kemarin, jadi situs ini masih belum banyak isinya dan masih harus menuggu dulu untuk melihat animo user, tapi fungsi-fungsi aplikasi yang ada, sudah bisa dinikmati.

Satu pertanyaan yang masih saya cari jawabannya, setelah Politikana yang sukses, lalu Persma, ternyata keluarga Dagdigdug belum cukup juga membuat situs berbau politik, aji mumpung atau memang kebutuhan?

Anda punya komentar?

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

4 Comments

  1. hmm i don't know yah, tapi rasanya kok dagdigdug terlalu cepat mengeluarkan situs2 adik nya.. takutnya kalau keseringan dan dengan template yang itu2 aja, jadi kurang menarik..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Retweet di Twitter dan MSN New Look

Next Story

Twitter Dengan Suara

Latest from Blog