Gadget News
for SEO
Gadget News

Samsung Umumkan SSD PCIe 5.0 dengan Kecepatan Baca Hingga 13.000 MB per Detik

27 December 2021Glenn Kaonang

Untuk sekarang, SSD PCIe 5.0 besutan Samsung ini masih ditujukan untuk kebutuhan server di kalangan enterprise, namun jalannya ke ranah konsumen umum tentu terbuka lebar

Di saat sebagian besar konsumen baru saja mengenal SSD PCIe 4.0, industrinya justru telah bersiap untuk menyingkap generasi berikutnya. Samsung misalnya, baru saja mengumumkan bahwa mereka telah rampung mengembangkan SSD PCIe 5.0 untuk server, dan siap memproduksinya secara massal mulai kuartal pertama 2022.

Ya, SSD bernama Samsung PM1743 ini memang dirancang secara spesifik untuk kebutuhan kalangan enterprise, akan tetapi ini tentu bakal membuka jalan buat implementasinya di ranah konsumen umum. Pada kenyataannya, kita sekarang sudah bisa membeli prosesor yang mendukung teknologi PCIe generasi kelima ini.

Secara teoretis, PCIe 5.0 menawarkan total bandwith sebesar 32 giga transfer per detik (GT/s), alias dua kali lipat PCIe 4.0. Pada praktiknya, PM1743 menjanjikan kecepatan baca hingga 13.000 MB per detik dan kecepatan tulis hingga 6.600 MB per detik. Sebagai perbandingan, SSD PCIe 4.0 Samsung 980 Pro memiliki kecepatan baca 7.000 MB per detik dan tulis 5.100 MB per detik.

Selain lebih kencang, SSD PCIe 5.0 besutan Samsung ini turut menjanjikan konsumsi daya yang lebih irit. Persisnya 608 MB/s per watt, atau sekitar 30% lebih efisien daripada sebelumnya. Untuk konteks server yang secara konstan mengolah data dalam jumlah masif, efisiensi daya jelas merupakan salah satu faktor yang amat krusial.

Juga disesuaikan untuk kebutuhan server adalah kapasitasnya, dengan opsi kapasitas dari 1,92 TB hingga 15,36 TB. Perihal reliabilitas, PM1743 diklaim sebagai SSD PCIe 5.0 pertama yang mengemas teknologi port ganda, yang berarti perangkat maish dapat beroperasi secara normal meski koneksi salah satu port-nya bermasalah.

Samsung bukan satu-satunya produsen yang tengah mempersiapkan SSD PCIe 5.0. Di tempat lain, ada Adata yang juga akan menyingkap prototipe SSD NVMe PCIe 5.0 pada CES 2022. Pun begitu, Samsung patut mendapat sorotan khusus karena mereka memproduksi semua komponen di dalam SSD secara mandiri ketimbang mengandalkan pasokan dari produsen lain.

Sumber: Samsung.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada ...

Others from #HybridTV